motivasi bisnis sukses

5 Cara Temukan Motivasi Bisnis dan Kiat Agar Usaha Sukses

Athariq Faisal

10 Mar 2023

6 Min Read

Mempunyai motivasi bisnis yang kuat penting bagi para pebisnis agar mereka senantiasa bertahan dalam menghadapi segala kemungkinan. Motivasi bisnis ini yang kelak menjadi acuan dan nilai yang kita pegang ketika bisnis kita mengalami pasang surut. 

Namun, menemukan dan mempertahankan motivasi sukses bisnis ini memerlukan keahlian tersendiri. Selain itu, motivasi bisnis saja tidak cukup untuk kita mengembangkan bisnis yang kita lakukan. 

Diperlukan juga kiat-kiat untuk membuat usaha kita sukses berkembang dan memberikan dampak positif bagi banyak orang. Bagaimana cara kita mencari dan mempertahankan motivasi bisnis, dan kiat-kiat apa saja yang bisa kita lakukan agar usaha kita sukses? Berikut penjelasannya! 

Motivasi bisnis: cara menemukan dan mempertahankannya

Pexels/Ketut Subiyanto

Motivasi bisnis bukan sesuatu yang muncul secara tiba-tiba. Seringkali motivasi tersebut muncul sebagai cerminan dari nilai-nilai yang kita anut ataupun respon yang kita buat ketika menghadapi situasi tertentu. 

Ada kalanya, motivasi kita juga mengalami fluktuasi seiring dengan naik turunnya bisnis yang kita jalankan. Untuk itu, berikut kiat-kiat cara menemukan serta mempertahankan motivasi bisnis untuk pemula diadaptasi dari Entrepreneur.com.      

1. Buat pernyataan misi

Salah satu sumber motivasi bisnis yang dapat kita andalkan adalah pernyataan misi yang kita pancang di awal kita menjalankan bisnis. 

Pernyataan misi ini dapat berupa tujuan besar yang hendak dicapai oleh bisnis dan perusahaan kita, serta nilai-nilai dasar yang menjadi acuan budaya kerja dalam organisasi yang kita bangun. 

Pernyataan misi dan visi yang hendak kita capai hendaknya kita tulis dan ingat selalu agar dapat menjaga motivasi kita dalam berbisnis ketika kita menghadapi naik turunnya keadaan.   

2. Ciptakan rutinitas positif

Menciptakan rutinitas positif sejak awal hari dapat membantu kita tetap termotivasi untuk melakukan yang terbaik untuk bisnis kita. 

Kebiasaan yang positif ini dapat berupa beribadah serta berzikir di pagi hari, membaca beberapa halaman buku, menulis jurnal harian, atau melakukan aktivitas produktif lain untuk mengasah kesadaran kita di awal hari. 

Selain itu, kebiasaan yang juga sangat penting untuk menjaga produktivitas kita adalah kebiasaan yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan, seperti tidur cukup, minum air sesuai kebutuhan tubuh, berolahraga, serta menjaga asupan gizi.  

3. Tentukan perencanaan

Pexels/Christina Morillo

Menentukan perencanaan ini erat kaitannya dengan menentukan pernyataan misi serta tujuan dari bisnis yang sedang kita jalankan. 

Perencanaan ini berfungsi untuk menjadi peta jalan untuk memberikan kita pemahaman yang jelas mengenai cara kita mencapai tujuan tersebut. 

Ketika kita membuat perencanaan, kita juga harus menyediakan ruang untuk berimprovisasi dan beradaptasi. Meskipun kedisiplinan mengikuti perencanaan penting, namun jika kita tidak pandai untuk beradaptasi, maka kita akan sulit menghadapi situasi yang dinamis. 

4. Cari sumber motivasi

Motivasi terbesar bisa jadi muncul dari inspirasi yang timbul ketika berinteraksi dengan keluarga, teman, maupun kolega. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga lingkar sosial kita agar diisi oleh orang-orang yang saling berkontribusi positif bagi satu sama lain. 

Selain itu, kita juga bisa menjaga motivasi kita dengan cara membaca buku, jurnal ilmiah, menonton video-video motivasi bisnis online, serta siniar-siniar yang akan memperkaya pikiran kita. Sempatkan selalu untuk mencari inspirasi di sela-sela aktivitas sehari-hari seperti ketika di dalam transportasi umum, di jam istirahat, serta sebelum tidur.     

5. Bersikap positif dan baik sangka

Hal terakhir yang tak kalah penting untuk menjaga motivasi kita dalam berbisnis adalah dengan senantiasa bersikap positif dan berbaik sangka. Tidak hanya kepada sesama manusia, kita juga harus senantiasa berprasangka baik kepada Allah atas segala yang telah menjadi ketentuan-Nya. 

Karena Allah sendiri yang telah mengajarkan kepada kita lewat hadis qudsi bahwa Dia sesuai apa yang disangkakan hamba-Nya. 

“Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. 

Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. 

Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).” (HR Bukhari dan Muslim)

Salah satu cara untuk menjaga agar hati kita senantiasa bersikap positif adalah dengan terus bersabar dan bersyukur atas situasi yang menguntungkan atau kurang menguntungkan. Dengan senantiasa bersabar dan bersyukur, kita akan mendapatkan kebaikan walaupun kenyataan yang kita hadapi tidak sesuai apa yang kita harapkan. 

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. 

Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. 

Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (HR Muslim)    

Kiat agar usaha dan bisnis sukses

Selain membutuhkan motivasi yang kuat, dibutuhkan kiat-kiat dan usaha yang harus dilakukan agar bisnis yang kita jalankan semakin berkembang. Diadaptasi dari berbagai sumber,  berikut lima tips agar bisnis kita terus berkembang dan sukses.  

Pexels/Lukas

1. Senantiasa berinovasi

Inovasi menjadi bagian penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Untuk dapat bertahan, suatu bisnis harus memiliki kelincahan untuk dapat beradaptasi menghadapi segala tantangan, dan kemampuan adaptasi ini dapat diasah melalui keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru.

Tidak jarang, kemampuan untuk terus melakukan terobosan mengharuskan kita untuk terampil memanfaatkan teknologi.   

Sebagai contoh, banyak bisnis makanan dan minuman yang kebingungan menghadapi pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembatasan interaksi. Untuk menghadapi situasi ini, banyak gerai makanan yang berinovasi dengan menekankan pada layanan pembayaran non-tunai, pemesanan tanpa interaksi dengan menggunakan layar sentuh, serta penerapan durasi maksimal makan di tempat.      

2. Jadikan konsumen sebagai raja

Tidak ada bisnis yang dapat berkembang tanpa memperhatikan kebutuhan konsumen, karena sejatinya bisnis hadir untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan permasalahan yang dihadapi konsumen. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempertimbangkan kepentingan konsumen ketika kita membuat keputusan mengenai produk dan bisnis kita.

Sebagai contoh, ketika kita ingin memangkas biaya produksi dengan mengganti dengan bahan baku yang lebih terjangkau, kita harus memikirkan apakah kualitas barang yang kita produksi dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk kita dalam jangka panjang.    

3. Buat perencanaan keuangan

Dengan situasi ekonomi yang tidak menentu sebagai akibat dari situasi pasca pandemi dan faktor-faktor lain, sebuah perusahaan harus memiliki budget dan perencanaan keuangan sejak awal. 

Tanpa perencanaan keuangan yang baik, sebuah bisnis rawan mengalami kesulitan keuangan ketika memutuskan untuk mengambil langkah-langkah untuk berkembang. Lakukan evaluasi keuangan berkala untuk memastikan bahwa keputusan finansial yang diambil oleh perusahaan kita masih sejalan dengan tujuan serta visi dan misi bisnis kita.     

4. Jaga hubungan baik dengan kolega dan karyawan

Pexels/Fauxels

Sebuah bisnis lahir dari kolaborasi antara orang-orang yang menjadi bagian dari manajemen, juga para pekerja yang menjadi karyawan.  

Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan kolega dan karyawan menjadi resep yang penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis serta memastikan perkembangannya. 

Tidak hanya memperhatikan hak-hak material dan finansial , namun keseimbangan antara pekerjaan dan ruang untuk kehidupan pribadi (work-life balance) menjadi hal yang patut diperhatikan bagi sebuah bisnis untuk memelihara hubungan dengan talenta-talenta terbaiknya.   

5. Tentukan kekuatan dan kelemahan bisnis kita

Jangan lupa untuk melakukan analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh bisnis kita. Salah satu cara untuk kita menemukan potensi dan kekuatan dari bisnis kita adalah dengan melakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).

Selain itu, kita juga bisa berkonsultasi dengan para stakeholder di bisnismu, termasuk konsumen, supplier, bahkan karyawan.  

Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis kita, kita bisa melakukan improvisasi untuk memperbaiki kelemahan yang ada dalam bisnis kita, serta memperkuat kelebihan yang dimiliki. 

Kesimpulan

Demikian tips-tips mengenai cara mencari dan mempertahankan motivasi bisnis, serta kiat-kiat agar usaha yang kita jalankan mencapai kesuksesan. 

Selain motivasi dan keterampilan kewirausahaan, salah satu yang sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis adalah modal finansial yang cukup untuk mendirikan usaha. 

Jika kamu sedang mengumpulkan uang untuk modal usaha, kamu bisa memanfaatkan tabungan Hijra Bank. Dengan tabungan sesuai syariah dengan akad Al-Wadiah Yad Al-Dhamanah, kamu bisa tenang menjalankan bisnismu dengan transaksi perbankan sesuai syariah. 

Selain itu, kamu bisa gunakan fitur Hijra Box untuk atur keuangan bisnismu dengan lebih mudah dan leluasa.   

Tunggu apa lagi, download aplikasi Hijra Bank dengan klik tombol di bawah ini! 

Artikel Terkait

Tags