Hijra ellipse ornament Hijra ornament Hijra dot ornament Hijra ellipse ornament Hijra dot ornament

Privacy Policy

KEBIJAKAN PRIVASI HIJRA

  1. KETENTUAN UMUM
    1. Hijra berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain untuk pemberian fasilitas Pembiayaan dan pelaksanaan kegiatan operasional, pemberian jasa, layanan, dan pengoperasian Platform Hijra sesuai dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini, dengan ketentuan bahwa hal-hal tersebut tidak berlaku untuk Data Pribadi yang:
      1. Suatu pihak dapat membuktikan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut dan tidak diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan atau pihak lain yang terikat kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan;
      2. Data Pribadi tersebut telah diketahui publik tanpa melanggar Hukum yang berlaku;
      3. Telah menjadi informasi yang diketahui umum, bukan karena pelanggaran oleh Pihak yang Menerima atau Perwakilannya;
      4. Data Pribadi diperoleh secara sah oleh pihak lain tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain;
      5. Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, instansi pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut Hukum yang berlaku; dan/atau
      6. Data Pribadi yang dapat dibuktikan secara tertulis telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa menggunakan Informasi Rahasia yang diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan.
    2. Istilah-istilah yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti dan makna yang sama sebagaimana istilah-istilah yang diuraikan pada Syarat dan Ketentuan.

  2. RUANG LINGKUP
    Ruang Lingkup atau cakupan definisi Data Pribadi meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen pengunjung, Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan, direktur, pegawai atau kuasanya, kuasa atau wali, pemilik, pemberi dana utama, partner, penyedia jasa bagi Pengguna, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan pihak-pihak lain yang terkait), pola atau kebiasaan Pengguna dalam mengakses Platform Hijra, profil risiko, riwayat pencarian atau penggunaan layanan serta sejarah transaksi yang Pengguna lakukan di Platform Hijra, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang berhubungan dengan penggunaan Platform Hijra oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi yang:
    1. dipersyaratkan atau diperoleh Hijra dari Pengguna atau diserahkan, disingkapkan, diunduh atau diajukan Pengguna melalui Platform Hijra atau sumber daya Hijra;
    2. diperoleh dan/atau didapatkan dari pihak ketiga dengan persetujuan dari Pengguna;
    3. dikumpulkan oleh Hijra ketika Pengguna berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Hijra, seperti perayaan, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto, rekaman video dan/atau suara Pengguna;
    4. diperoleh atau diakses secara sah oleh Hijra berdasarkan kebijakan dan prosedur internal Hijra terkait Layanan Hijra selama Pengguna masih terikat pada Kebijakan Privasi ini; dan/atau
    5. wajib diserahkan atau telah diberikan oleh Pengguna secara menurut ketentuan suatu Perjanjian antara Pengguna dengan Hijra atau secara sukarela dari waktu ke waktu.

  3. TUJUAN
    1. Hijra berhak meminta, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi Pengguna dalam rangka atau terkait dengan upaya atau tujuan:
      1. mengelola akurasi informasi yang Pengguna berikan;
      2. asesmen, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan profil Pengguna terhadap setiap permohonan pendaftaran yang diajukan oleh Pengguna untuk mendapatkan Layanan Hijra;
      3. pemenuhan hak dan kewajiban Hijra berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, serta apabila terdapat suatu Perjanjian antara Pengguna dengan Hijra;
      4. pelaksanaan dan pengawasan atas pelaksanaan suatu Perjanjian antara Pengguna dengan Hijra;
      5. pelaksanaan kegiatan operasional Hijra dari waktu ke waktu dengan itikad baik;
      6. survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau Layanan Hijra atau pihak terkait yang berkepentingan;
      7. mempelajari perilaku pengunjung dan; dan/atau
      8. penegakan hukum dan kepatuhan Hijra terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.

    2. Tujuan-tujuan di atas tetap menjadi landasan bagi Hijra untuk menyimpan, mengolah dan menggunakan Data Pribadi Pengguna yang diatur pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya, menyerahkannya atau mengungkapkannya dengan itikad baik kepada:
      1. bank, biro penilai kredit, agen, mitra, atau penyedia jasa penunjang lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada jasa perbankan, penagihan, pengiriman dana, administrasi, surat menyurat, telekomunikasi, pusat telepon, proses bisnis, perjalanan, visa, manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, proses data, teknologi informasi, komputer, pembayaran, pengumpulan hutang, pengecekan referensi kredit, atau keamanan atau jasa lain yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna;
      2. Individu dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya yang terkait atau merupakan bagian dari Hijra dan berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna untuk tujuan tertentu; dan/atau
      3. Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, instansi pemerintah lainnya baik atas inisiatif Hijra atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah atau pejabat pemerintah;

  4. AKSES PERANGKAT DAN DATA PRIBADI
    1. Hijra berhak mengakses perangkat Pengguna untuk memperoleh, mengumpulkan dan menyimpan Data Pribadi (secara terenkripsi) dari dan/atau melalui Platform Hijra, telepon, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya Hijra, dari pihak ketiga berdasarkan persetujuan Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit), afiliasi atau pihak terkait maupun perwakilan Hijra, maupun diakses Hijra atau diajukan oleh Pengguna melalui atau diperoleh dari sistem, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan (devices) yang Hijra atau Pengguna gunakan atau terlibat dalam pemanfaatan Layanan Hijra atau Platform Hijra.
    2. Akses pada Perangkat dan data yang diperoleh oleh Hijra, termasuk namun tidak terbatas pada dan/atau melalui:
      1. Ruang Penyimpanan pada Perangkat;
      2. Akses pada Kamera dan Audio pada perangkat Pengguna;
      3. Akses Lokasi;
      4. Akses log Panggilan. Lihat cara pakai missed call OTP.
    3. Penyimpanan Data Pribadi oleh Hijra adalah selama paling singkat 5 (lima) tahun sesuai ketentuan 15 ayat (3) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. Hijra akan melakukan penyimpanan ini sesuai kebijakan atau diskresinya, baik melalui sistem Hijra atau sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan Hijra ("Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi") dengan tetap mengutamakan kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna.

  5. INFORMASI YANG HARUS DIJAGA
    1. Informasi berupa Nama Pengguna, Kata Sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan PIN akan dibutuhkan untuk login, aktivasi smartphone, dan mengeksekusi setiap transaksi yang menurut Hijra dibutuhkan sebagai tujuan otentikasi. Pengguna harus memastikan untuk menentukan, menetapkan, dan menggunakan Kata Sandi yang kuat dan tidak memasukkan Kata Sandi yang mudah ditebak dan/atau informasi diri seperti tanggal lahir dan alamat. Penggunaan informasi tersebut akan dianggap sebagai Kelalaian Pengguna yang akan dipertanggungjawabkan oleh Pengguna secara penuh terhadap keamanan dan kerahasiaan seluruh penggunaan Aplikasi Hijra miliknya
    2. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas kerahasiaan Informasi keamanan milik Pengguna, karena informasi tersebut memiliki keberlakuan setara dengan instruksi tertulis yang ditandatangani oleh Pengguna, dan akan diperlakukan sebagai otorisasi eksplisit oleh Pengguna agar Hijra melaksanakan transaksi melalui Aplikasi Hijra dan/atau Layanan Hijra lainnya.
    3. Dalam penggunaan Data Biometrik untuk login di Aplikasi Hijra, Pengguna harus:
      1. menjadi Pengguna Hijra dan pengguna valid dari Layanan Hijra,
      2. telah mengunduh Aplikasi Hijra di smartphone miliknya,
      3. mempunyai setidaknya satu Data Biometrik yang terdaftar di smartphone.
    4. Jika Pengguna ingin melakukan login menggunakan Data Biometrik, Pengguna harus mengaktifkan layanan ini di saat awal login pertama setelah berhasil membuat Rekening atau dari menu pengaturan profil di dalam Aplikasi Hijra.
    5. Setelah fitur Data Biometrik diaktifkan, Pengguna dapat melakukan login dan mengakses rekening dengan menggunakan biometric scanner yang terdapat di smartphone Pengguna.
    6. Hijra tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan oleh pihak lain yang Data Biometriknya turut terdaftar dalam smartphone Pengguna.
    7. Pengguna dapat menonaktifkan fitur login menggunakan Data Biometrik setiap saat melalui menu pengaturan yang tersedia di Aplikasi Hijra.
    8. Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa Hijra tidak menanggung atau menjamin, baik secara langsung maupun tidak langsung, terkait dengan penggunaan login Data Biometrik dan atau Aplikasi Hijra, yang disebabkan oleh, namun tidak terbatas pada:
      1. Tahapan login menggunakan Data Biometrik atau Aplikasi Hijra telah memenuhi persyaratan; atau
      2. login menggunakan Data Biometrik atau Aplikasi Hijra akan selalu tersedia, dapat diakses ataupun berfungsi dengan jaringan infrastruktur, sistem atau layanan lain yang Hijra tawarkan dari waktu ke waktu.
    9. Hijra tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami Pengguna sehubungan dengan login menggunakan Data Biometrik, baik secara sengaja atau tidak sengaja, atau menggunakan Aplikasi Hijra, bahkan jika Bank telah memberitahukan kemungkinan kerugian yang dialami, termasuk timbulnya kerugian dari:
      1. pelanggaran ketentuan Hijra terkait proses login menggunakan Data Biometrik Aplikasi Hijra.
      2. terjadinya suatu proses akses yang tidak terotorisasi dan/atau penggunaan dari perangkat elektronik secara tidak sah.
      3. penggunaan dalam segala bentuk oleh pihak lain terhadap informasi atau data yang berhubungan dengan Pengguna karena menggunakan login dengan Data Biometrik pada Aplikasi Hijra dan/atau diperoleh dari penggunaan Pengguna ketika Sign in melalui Login menggunakan Data Biometrik atau melalui Aplikasi Hijra.
      4. akses ke Aplikasi Hijra dengan login menggunakan Data Biometrik oleh pihak lain selain Pengguna.
      5. segala kejadian diluar pengendalian Hijra atau karena penggunaan yang tidak wajar; dan/atau terjadinya pemutusan atau penghentian pada saat login menggunakan Data Biometrik atau Aplikasi Hijra.

  6. PERNYATAAN DAN JAMINAN
    1. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Data Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada Hijra adalah benar dan akurat.
    2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini, dalam hal Pengguna mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan Hijra, sehingga Hijra dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Poin C Kebijakan Privasi ini.

  7. BATASAN DAN GANTI RUGI
    Hijra berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Pengguna kepada siapapun. Namun Hijra tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pengguna dalam wujud apapun termasuk resiko kerugian yang diakibatkan atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan Hijra maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait Hijra lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum"). Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:
    1. Hijra tidak akan memberi ganti rugi, merespon dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifikasi, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Pengguna Hijra alami, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian Hijra berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang - Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
    2. Hijra tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi yang telah terverifikasi oleh Hijra sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Pengguna dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Pengguna atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan
    3. Hijra tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Pengguna atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan pihak ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka Pengguna tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari Hijra maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait Hijra dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan. Namun demikian, Hijra tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Pengguna perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika Hijra mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.

  8. HAK PENGGUNA UNTUK MENGUBAH, MENAMBAH, MEMPERBAHARUI DAN/ATAU MENGHAPUS DATA PRIBADI
    1. Untuk memastikan akurasi, keterbaruan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada Hijra untuk tujuan perubahan, penambahan, pembaruan dan penghapusan Data Pribadi yang sebelumnya telah diperoleh atau diajukan pada Hijra.
    2. Penghapusan Data Pribadi oleh Hijra akan dilakukan dalam hal Pengguna melakukan penarikan persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi yang dimilikinya dan/atau dalam hal Pengguna meminta Hijra untuk menghapus Data Pribadi terkait, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang - undangan yang berlaku.
    3. Perubahan, penambahan, pembaharuan dan penghapusan Data Pribadi sebagaimana dimaksud huruf a diatas akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur internal Hijra yang tahapannya adalah sebagai berikut:
      1. Permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi oleh Pengguna wajib disampaikan melalui telepon, surat elektronik (e-mail) dan/atau live chat kepada Hijra melalui Tim Layanan Konsumen;
      2. Tim Layanan Konsumen melakukan verifikasi atas permohonan tersebut dalam kurun waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan;
      3. Tim Layanan Konsumen memberikan informasi kepada Pengguna atas disetujui atau tidak disetujuinya permohonan setelah dilakukannya verifikasi;
      4. Hijra melakukan perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan Data Pribadi yang diminta dalam jangka waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah Tim Layanan Konsumen menyampaikan kepada Pengguna bahwa permohonan untuk perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan telah disetujui; dan
      5. Tim Layanan Konsumen akan menyampaikan kepada Pengguna terkait perubahan, penambahan, pembaharuan, atau penghapusan Data Pribadi yang telah dilakukan.
    4. Dalam hal Data Pribadi yang diberikan kepada Hijra merupakan Data Pribadi milik anak di bawah umur (yaitu berusia dibawah 17 tahun), maka orang tua atau wali anak tersebut dapat meminta penghapusan Data Pribadi yang dimaksud dengan mengirimkan permohonan kepada Hijra dengan mengikuti tata cara sebagaimana disebutkan sebelumnya.

  9. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
    Hijra dapat melakukan perubahan atau pembaruan atas Kebijakan Privasi pada halaman ini dari waktu ke waktu dan apabila diperlukan perubahan atau pembaruan tersebut akan diberitahukan melalui e-mail dan/atau melalui cara lainnya kepada Pengguna. Pengguna disarankan untuk membaca dengan cermat, teliti, dan seksama serta memeriksa setiap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap perubahan yang dibuat dalam Kebijakan Privasi ini.

KEBIJAKAN COOKIE

  1. Apa Yang Dimaksud Dengan Cookie?
    Cookie adalah file teks yang berisi sejumlah informasi yang akan diunduh ke perangkat Pengguna setelah Pengguna mengunjungi sebuah Platform. Setelah itu, cookie dikirim kembali ke Platform asalnya dalam setiap kunjungan berikutnya, atau ke Platform lain yang mengenali cookie tertentu tersebut. Cookie bermanfaat karena memungkinkan Platform untuk mengenali perangkat pengguna. Informasi selengkapnya tentang cookie dapat ditemukan di: www.allaboutcookies.org. Cookie memiliki banyak fungsi berbeda, misalnya, memungkinkan Pengguna bernavigasi di antara halaman secara efisien, mengenali preferensi Pengguna, dan meningkatkan keseluruhan pengalaman Pengguna. Cookie juga dapat membantu memastikan iklan yang Pengguna lihat secara online lebih relevan dengan minat Pengguna. Informasi selengkapnya tentang cookie dapat ditemukan di www.allaboutcookies.org.

  2. Apa Tujuan Hijra Menggunakan Cookie?
    Di Platform ini, cookie digunakan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman penelusuran. Hijra juga menggunakan cookie untuk mengukur performa Platform Hijra, dan cara pengunjung bernavigasi dalam Platform. Tidak ada informasi pengenal pribadi yang dikumpulkan oleh cookie di Platform ini. Dalam bagian berikutnya, Hijra memberi informasi selengkapnya tentang cara menonaktifkan atau mengaktifkan cookie ini dan dampak penonaktifan pada pengalaman penelusuran Pengguna.

  3. Jenis Cookie Yang Digunakan
    Dua jenis cookie yang mungkin digunakan di Platform Hijra: "cookie sesi" dan "cookie permanen". Cookie sesi adalah cookie sementara yang tetap berada di perangkat hingga Pengguna meninggalkan Platform. Cookie permanen akan tetap berada di perangkat dalam waktu jauh lebih lama atau hingga Pengguna menghapusnya secara manual (berapa lamanya cookie berada di perangkat akan tergantung pada durasi atau "masa pakai" cookie tertentu tersebut).

  4. Cookie Pihak Ketiga
    Hijra juga menggunakan beberapa pemasok yang mungkin juga mengatur cookie di perangkat Pengguna atas nama Hijra saat Pengguna mengunjungi Platform Hijra. Mengatur cookie ini memungkinkan mereka memberikan layanan yang disediakan. Jika Pengguna menginginkan informasi selengkapnya tentang cookie ini, serta informasi tentang cara menghentikan penerimaan cookie semacam ini, silakan lihat kebijakan privasi mereka.
    Cookie Digunakan untuk Mengukur dan Menilai Penggunaan Platform:
    GoogleAnalytics
    1. Persyaratan Layanan Google Analytics (Versi Indonesia)
      https://www.google.com/analytics/terms/id.html
    2. Kebijakan Privasi Google
      https://policies.google.com/privacy?hl=id&gl=ZZ

  5. Bagaimana Cara Menonaktifkan Atau Mengaktifkan Cookie?
    1. Menonaktifkan Semua Cookie
      Pengguna dapat menerima atau menolak cookie dengan mengubah pengaturan perangkat Pengguna. Namun, Pengguna tidak akan dapat menggunakan semua fitur interaktif Platform ini jika cookie dinonaktifkan.
    2. Menonaktifkan Setiap Cookie yang Dipilih
      Tautan di bawah ini akan menjelaskan bagaimana Pengguna dapat menghentikan penyediaan informasi ke beberapa alat tertentu. Meski demikian, harap diingat bahwa meskipun Pengguna memilih untuk menghapus informasi yang terkait dengan cookie, penggunaan Pengguna akan produk dan/atau layanan yang disediakan oleh perusahaan mungkin dibatasi.

      Google Inc
      https://support.google.com/analytics/answer/181881?hl=id