QRIS Soundbox Syariah Hijra x Netzme untuk Kemudahan Transaksi UMKM

Desnanti Sarachika

8 Sep 2025

5 Min Read

Dalam rangka mendukung UMKM bertumbuh lebih pesat dan meningkatkan transaksi halal di Indonesia, Hijra Bank berkolaborasi dengan Netzme menghadirkan QRIS Soundbox Syariah yang memiliki inovasi konfirmasi pembayaran secara real-time untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bertransaksi QRIS.

QRIS Soundbox Syariah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan transaksi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Produk hasil sinergi Hijra Bank dengan netzme ini bertujuan untuk menyediakan solusi pembayaran digital yang tidak hanya praktis dan aman, tetapi juga sejalan dengan prinsip-prinsip syariah. 

Salah satu fitur unggulan dari QRIS Soundbox Syariah adalah konfirmasi transaksi QRIS sukses melalui notifikasi suara secara real-time. Fitur ini memberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi para pelaku usaha maupun para pelanggan, karena setiap transaksi yang berhasil akan langsung terdengar dan pelaku usaha tidak lagi harus memfoto bukti transaksi dari HP pelanggan.

Dana dari setiap transaksi yang masuk akan secara otomatis disalurkan ke rekening syariah merchant di Hijra Bank. Dana tersebut juga dapat langsung diakses dan digunakan kembali oleh merchant untuk berbagai kebutuhan operasional melalui aplikasi Hijra Bank, yang juga telah dilengkapi dengan fitur pembayaran QRIS.

FAQ 

1. Bagaimana prosedur pendaftaran merchant?

  • Pastikan kamu sudah punya rekening Hijra Bank
  • Isi form pendaftaran (dibutuhkan KTP, NPWP jika >Rp50 juta, foto usaha).
  • Nomor HP harus aktif karena OTP dikirim via SMS.
  • Nama toko harus sesuai dengan foto usaha (contoh: Toko Kopi Hijra), maka harus menunjukkan foto toko kopi/produk kopi yang merepresentasikan usahanya.

2. Bagaimana kalau saya belum punya akun Hijra?
Tenang, pendaftarannya mudah dan cepat via aplikasi Hijra Bank. Setelah punya akun, kamu bisa langsung gunakan nomor rekening salah satu rekening/Box Hijra untuk daftar merchant. Jadi kamu bisa punya Hijra Box atau rekening khusus untuk merchant bisnis kamu, dan terpisah dari rekening utama kamu lho!

3. Apakah merchant di luar Jabodetabek bisa mendaftar?
Tentu saja. Berikut skema pengiriman QRIS Soundbox Hijra x Netzme:

  • Merchant Jabodetabek : dapat diambil ke Hijra Bank/langsung dikirimkan ke alamat.
  • Merchant luar Jabodetabek : langsung dikirimkan dari merchant partner/logistik.
  • Biaya pengiriman ditanggung oleh pihak Merchant.

4. Apa saja data yang harus diisi saat registrasi merchant?
Pastikan semua data diisi dengan benar dan sesuai dokumen asli.

  • Nama Lengkap Sesuai NIK/KTP
    Nasabah harus WNI
  • NIK
  • Nomor HP
    Pastikan nomor HP merupakan dapat menerima OTP SMS
  • Email
  • Nama Toko / Usaha
    Identifier jenis toko usaha
  • Provinsi (pilih dari daftar)
  • Kecamatan
  • Kelurahan
  • Alamat Lengkap
  • Kode Pos
  • Kategori Usaha (pilih dari daftar)
  • Nama Bank (wajib Bank Hijra)
  • Nomor Rekening Bank Hijra
    Pilih salah satu rekening Hijra Box kamu untuk dijadikan rekening merchant
  • Bank Atas Nama 
  • Foto KTP 
  • Selfie dengan KTP 
  • Foto Produk
    Produk yang representasikan bisnis menurut nama & kategori usaha yang telah dicantumkan
  • Bukti bayar Biaya pendaftaran
    Silakan lakukan pembayaran melalui invoice yang dikirim ke email terdaftar. QRIS pembayaran hanya berlaku 1×24 jam. Jika tidak dibayar, permohonan Soundbox Syariah akan otomatis dibatalkan. Status pembayaran dapat dicek langsung pada laman pembayaran biaya pendaftaran QRIS Soundbox Syariah
  • Nasabah menyetujui T&C Hijra x Netzme

📌 SLA pengiriman QRIS soundbox Hijra x Netzme adalah maksimal 6-7 hari kerja setelah biaya pendaftaran berhasil diterima.

5. Apa yang harus diperhatikan merchant saat onboarding? (Do’s & Don’ts)

✅ Siapkan dokumen lengkap (KTP, foto usaha, NPWP bila perlu)
✅ Gunakan nomor HP aktif untuk OTP
✅ Lakukan pembayaran biaya pendaftaran dan ongkir (bila ada) yang dikirim melalui email. 
✅ Nama toko sesuai usaha & sertakan foto
✅ Pastikan soundbox berbunyi saat transaksi (sudah teruji dengan kondisi minim sinyal sekalipun)
❌ Pastikan merchant merupakan merchant individu, saat ini Hijra belum bisa menerima merchant non individu spt entitas/yayasan
❌ Jangan pakai dokumen/data orang lain
❌ Jangan lepas segel maupun simcard soundbox

6. Paket Soundbox apa saja yang tersedia untuk merchant Hijra?

Merchant Hijra dapat memilih opsi Device soundbox menyesuaikan dengan kebutuhan usaha:

PaketMDR*Biaya PendaftaranKompensasi dalam Bentuk Refund Biaya PendaftaranBiaya MaintenanceSyarat dan ketentuan 
Basic0,7%Rp100.000Refund jika transaksi ≥ Rp150 juta dalam 3 bulanRp5.000/
bulan
hijrabank.id/SoundboxSyariahBasic
Dynamic0,7%Rp180.000Rp20.000/
bulan
hijrabank.id/SoundboxSyariahDynamic
Pro0,7%Rp350.000Refund jika transaksi ≥ Rp300 juta dalam 3 bulanRp30.000/
bulan
hijrabank.id/SoundboxSyariahPro
*MDR adalah biaya layanan transaksi yang dibebankan kepada pedagang (merchant) setiap kali terjadi transaksi menggunakan sistem pembayaran QRIS, yang ditetapkan oleh Bank Indonesia

7. Bagaimana sistem penarikan dana (settlement)?

  • Penarikan dana dilakukan otomatis (auto-withdrawal) dengan minimal uang yang dapat di settle ialah Rp 50.000,- setiap hari-nya pada sekitar pukul 14:00 – 15.00 WIB
  • Dana yang masuk adalah transaksi mulai dari H-2 pukul 22:59:59 s.d H-1 pukul 23:00 WIB.
  • Khusus Merchant Hijra Bank tidak dikenakan biaya tarik dana.

8. Akad apa yang digunakan?

Akad yang digunakan untuk peminjaman Soundbox Syariah adalah akad ‘Ariyah, yaitu perjanjian dalam hukum Islam yang memberikan manfaat atas suatu barang tanpa imbalan, dengan kewajiban mengembalikan barang tersebut dalam kondisi utuh seperti semula setelah digunakan.

9. Bagaimana kalau soundbox tidak bunyi?

  • Pastikan soundbox menyala dan sinyal stabil dengan tombol power.
  • Cek tombol M (untuk refresh koneksi).
  • Jika masih tidak bunyi → hubungi Customer Service Netzme/Hijra.

10. Bagaimana kalau soundbox rusak?

  • Garansi perangkat 1 tahun diluar human error.
  • Perangkat harus dikembalikan dan dicek kelengkapannya.
  • Simcard tidak boleh dilepas-pasang (pastikan segel tetap dipasang).
  • Bila kerusakan karena human error, maka merchant harus membayarkan sesuai biaya investasi device, yang nominalnya akan dihitung kemudian hari.

11. Apakah soundbox tetap bisa jalan kalau listrik mati?

Ya, dengan baterai yang full, perangkat bisa tetap beroperasi hingga ± 4 hari tanpa listrik. Soundbox dilengkapi dengan alat charge type C 

12. Bagaimana dengan aplikasi monitoring transaksi?

  • Dapat menggunakan Aplikasi Toko Netzme (Android & iOS).
  • Aplikasi digunakan untuk monitoring transaksi & status penarikan dana.

13. Apakah ada biaya tarik dana?

  • Merchant Hijra tidak dikenakan biaya tarik dana dari QRIS Soundbox  (bersifat auto-withdrawal).

14. Apa bedanya saldo toko dan saldo agent pada aplikasi Toko Netzme?

  • Saldo Toko (Merchant): Saldo hasil transaksi QRIS akan otomatis masuk ke rekening Hijra via auto-withdrawal, namun saldo dapat di monitor pada aplikasi Toko Netzme.
  • Saldo Agent: Saldo untuk transaksi di aplikasi Netzme.

Insya Allah, dengan adanya kolaborasi program Hijra Bank dengan Netzme, kedepannya pelaku UMKM bisa terus meningkatkan ekonomi lokal untuk terus bertumbuh dan bermanfaat untuk sesama.

Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim Hijra Bank melalui kontak di bawah ini:

  • Funding Hijra Bank: https://wa.me/6285353729815
  • Live Chat Sahabat Hijra: Tersedia setiap hari, pukul 08:00 – 20:00 WIB
  • Call Center 1500317: Tersedia setiap hari, pukul 08:00 – 17:00 WIB

Form Pendaftaran QRIS Soundbox Syariah Hijra Bank x netzme untuk Merchant:

hijrabank.id/QRISHijranetzme

Terima kasih atas kepercayaan dan perhatian Bapak/Ibu karena selalu memilih Hijra Bank dalam menemani Hijrah Finansial-mu. #HijraJadiLebih

Artikel Terkait