
QRIS Soundbox Syariah Hijra x netzme untuk Kemudahan Transaksi UMKM
Dalam rangka mendukung UMKM bertumbuh lebih pesat dan meningkatkan transaksi halal di Indonesia, Hijra Bank berkolaborasi dengan Netzme menghadirkan QRIS Soundbox Syariah yang memiliki inovasi konfirmasi pembayaran secara real-time untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bertransaksi QRIS.
QRIS Soundbox Syariah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan transaksi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Produk hasil sinergi Hijra Bank dengan netzme ini bertujuan untuk menyediakan solusi pembayaran digital yang tidak hanya praktis dan aman, tetapi juga sejalan dengan prinsip-prinsip syariah.
Salah satu fitur unggulan dari QRIS Soundbox Syariah adalah konfirmasi transaksi QRIS sukses melalui notifikasi suara secara real-time. Fitur ini memberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi para pelaku usaha maupun para pelanggan, karena setiap transaksi yang berhasil akan langsung terdengar dan pelaku usaha tidak lagi harus memfoto bukti transaksi dari HP pelanggan.
Dana dari setiap transaksi yang masuk akan secara otomatis disalurkan ke rekening syariah merchant di Hijra Bank. Dana tersebut juga dapat langsung diakses dan digunakan kembali oleh merchant untuk berbagai kebutuhan operasional melalui aplikasi Hijra Bank, yang juga telah dilengkapi dengan fitur pembayaran QRIS.
Proses Pendaftaran Merchant
- Pastikan sudah memiliki akun Hijra Bank.
- Ajukan permohonan melalui form yang disediakan: hijrabank.id/QRISHijranetzme
- Data akan diproses oleh tim netzme untuk pendaftaran Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN) – [estimasi proses 5 hari kerja]
- QRIS Soundbox yang sudah terdaftar dan terintegrasi ke rekening Hijra akan dikirim langsung kepada UMKM
- Setelah diterima, UMKM dapat segera menggunakannya untuk bertransaksi pada kasir merchant
FAQ
1. Bagaimana kalau saya belum punya akun Hijra?
Tenang, pendaftarannya mudah dan cepat via aplikasi Hijra Bank. Setelah punya akun, kamu bisa langsung gunakan nomor rekening salah satu rekening/Box Hijra untuk daftar merchant. Jadi kamu bisa punya Hijra Box atau rekening khusus untuk merchant bisnis kamu, dan terpisah dari rekening utama kamu lho!
2. Apakah merchant di luar Jabodetabek bisa mendaftar?
Tentu saja. Berikut skema pengiriman QRIS Soundbox Hijra x Netzme:
- Merchant Jabodetabek : dapat diambil ke Hijra Bank.
- Merchant luar Jabodetabek : langsung dikirimkan dari merchant partner/logistik.
- Biaya pengiriman ditanggung oleh pihak Merchant.
- SLA pengiriman: max 5 hari kerja setelah pendaftaran.
3. Apa saja data yang harus diisi saat registrasi merchant?
Pastikan semua data diisi dengan benar dan sesuai dokumen asli.
- Nama Lengkap Sesuai NIK/KTP
Nasabah harus WNI - NIK
- Nomor HP
Pastikan nomor HP merupakan dapat menerima OTP SMS - Nama Toko / Usaha
Identifier jenis toko usaha - Provinsi (pilih dari daftar)
- Kecamatan
- Kelurahan
- Alamat Lengkap
- Kode Pos
- Kategori Usaha (pilih dari daftar)
- Nama Bank (wajib Bank Hijra)
- Nomor Rekening Bank Hijra
Pilih salah satu rekening Hijra Box kamu untuk dijadikan rekening merchant - Bank Atas Nama
- Foto KTP
- Selfie dengan KTP
- Foto Produk
Produk yang representasikan bisnis menurut nama & kategori usaha yang telah dicantumkan - Bukti bayar QRIS
Silakan masukan bukti pembayaran dari scan QRIS deposit dibawah form ini untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Dana deposit bersifat refundable sesuai syarat dan ketentuan - Nasabah menyetujui T&C Hijra x Netzme
📌 SLA pengiriman QRIS soundbox Hijra x Netzme adalah maksimal 6-7 hari kerja setelah pendaftaran dan pembayaran deposit diterima.
4. Bagaimana prosedur pendaftaran merchant?
- Isi form pendaftaran (dibutuhkan KTP, NPWP jika >Rp50 juta, foto usaha).
- Nomor HP harus aktif karena OTP dikirim via SMS.
- Nama toko harus sesuai dengan foto usaha (contoh: Toko Kopi Hijra), maka harus menunjukkan foto toko kopi/produk kopi yang merepresentasikan usahanya.
- Jika pendaftaran ditolak (biasanya karena foto yang tidak representatif), akan AUTO dilakukan assessment dan banding oleh pihak Netzme.
5. Apa yang harus diperhatikan merchant saat onboarding? (Do’s & Don’ts)
✅ Siapkan dokumen lengkap (KTP, foto usaha, NPWP bila perlu)
✅ Gunakan nomor HP aktif untuk OTP
✅ Nama toko sesuai usaha & sertakan foto
✅ Pastikan soundbox berbunyi saat transaksi (sudah teruji dengan kondisi minim sinyal sekalipun)
❌ Pastikan merchant merupakan merchant individu, saat ini Hijra belum bisa menerima merchant non individu spt entitas/yayasan
❌ Jangan pakai dokumen/data orang lain
❌ Jangan lepas segel maupun simcard soundbox
6. Paket Soundbox apa saja yang tersedia untuk merchant Hijra?
Merchant Hijra secara default mendapatkan Paket Basic, namun tersedia opsi lain sesuai kebutuhan usaha:
Paket | MDR | Deposit | Refund Deposit | Biaya Maintenance |
Basic | 0,7% | Rp100.000 | Refund jika transaksi ≥ Rp150 juta dalam 3 bulan | Rp5.000/bulan |
Dynamic | 0,7% | Rp180.000 | Rp20.000/bulan | |
Pro | 0,7% | Rp350.000 | Refund jika transaksi ≥ Rp300 juta dalam 3 bulan | – |
7. Bagaimana sistem penarikan dana (settlement)?
- Penarikan dana dilakukan otomatis (auto-withdrawal) setiap hari pada sekitar pukul 14:00 – 15.00 WIB
- Dana yang masuk adalah transaksi mulai dari H-2 pukul 22:59:59 s.d H-1 pukul 23:00 WIB.
- Merchant tidak dikenakan biaya tarik dana untuk merchant Hijra.
8. Apa itu deposit? Apakah bisa hangus?
- Deposit adalah dana jaminan penggunaan perangkat.
- Bisa direfund apabila merchant mencapai target transaksi dalam periode tertentu.
- Jika pendaftaran ditolak (misalnya karena WNA dan lainnya), deposit dapat dikembalikan. Hijra akan melakukan follow up dan mengirim email untuk proses refund ke pihak Netzme.
9. Bagaimana kalau soundbox tidak bunyi?
- Pastikan soundbox menyala dan sinyal stabil dengan tombol power.
- Cek tombol M (untuk refresh koneksi).
- Jika masih tidak bunyi → hubungi Customer Service Netzme/Hijra.
10. Bagaimana kalau soundbox rusak?
- Garansi perangkat 1 tahun diluar human error.
- Perangkat harus dikembalikan dan dicek kelengkapannya.
- Simcard tidak boleh dilepas-pasang (pastikan segel tetap dipasang).
- Bila kerusakan karena human error, maka merchant harus membayarkan sesuai biaya investasi device, yang nominalnya akan dihitung kemudian hari.
11. Apakah soundbox tetap bisa jalan kalau listrik mati?
Ya, dengan baterai yang full, perangkat bisa tetap beroperasi hingga ± 4 hari tanpa listrik. Soundbox dilengkapi dengan alat charge type C
12. Bagaimana dengan aplikasi monitoring transaksi?
- Dapat menggunakan Aplikasi Toko Netzme (Android & iOS).
- Aplikasi digunakan untuk monitoring transaksi & status penarikan dana.
13. Apakah ada biaya tarik dana?
- Merchant Hijra tidak dikenakan biaya tarik dana dari QRIS Soundbox (bersifat auto-withdrawal).
14. Apa bedanya saldo toko dan saldo agent pada aplikasi Netzme?
- Saldo Toko (Merchant): Saldo hasil transaksi QRIS akan otomatis masuk ke rekening Hijra via auto-withdrawal, namun saldo dapat di monitor pada aplikasi Toko Netzme.
- Saldo Agent: Saldo untuk transaksi di aplikasi Netzme.
Insya Allah, dengan adanya kolaborasi program Hijra Bank dengan Netzme, kedepannya pelaku UMKM bisa terus meningkatkan ekonomi lokal untuk terus bertumbuh dan bermanfaat untuk sesama.
Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim Hijra Bank melalui kontak di bawah ini:
- Funding Hijra Bank: wa.me/6281286059130
- Live Chat Sahabat Hijra: Tersedia setiap hari, pukul 08:00 – 20:00 WIB
- Call Center 1500317: Tersedia setiap hari, pukul 08:00 – 17:00 WIB
Form Pendaftaran QRIS Soundbox Syariah Hijra Bank x netzme untuk Merchant: