fitur-islami

5 Fitur Islami di Ponsel Pintar yang Bisa Bantu Aktivitas Ibadahmu

Maulana Malik Ibrahim

10 Jan 2023

5 Min Read

Perlukah fitur Islami menjadi pertimbangan ketika memilih sebuah aplikasi atau gadget

Di zaman sekarang, penggunaan ponsel pintar atau smartphone seolah menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kebutuhan akan alat komunikasi yang mudah digunakan, ditambah dengan semakin banyaknya merk gawai dengan berbagai varian harga membuat alat ini bukan lagi dianggap sebagai barang mewah. 

Namun, penggunaan teknologi kadang ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi, gawai atau ponsel pintar dapat mempermudah aktivitas kita sehari-hari dan bahkan membuat pekerjaan kita menjadi lebih efisien. Di sisi lain, ponsel pintar juga dapat menyebabkan kelalaian jika kita tidak menggunakannya secara bijaksana. 

Jika tidak hati-hati, ponsel pintar juga dapat mengantarkan kepada hal-hal yang tidak diridai Allah seperti perbuatan dosa dan maksiat. Akan tetapi, ponsel pintar juga dapat menjadi ladang pahala jika digunakan untuk hal-hal yang bersifat ibadah, apa lagi jika dibantu menggunakan fitur islami yang ada di ponsel. Apa saja fitur islami yang setidaknya ada di ponsel seorang Muslim untuk membantu aktivitas ibadah? Yuk baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut!

Fitur islami di ponsel yang bisa membantu aktivitas ibadahmu

Al-Quran Digital

Salah satu ibadah penting yang bernilai kebaikan yang besar adalah membaca Al-Quran. Seperti disabdakan Nabi Muhammad, membaca Al-Quran bernilai kebaikan untuk setiap hurufnya, sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Abdullah bin Mas’ud Radiyallahu anhu: 

“Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur`ān) maka baginya satu pahala kebaikan, dan satu pahala kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan bahwa alif lām mīm itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lām satu huruf, dan mīm satu huruf.” (HR Tirmizi). 

Akan tetapi, bagi kebanyakan dari kita yang seringkali beraktivitas di luar rumah, seringkali lupa untuk membawa mushaf Al-Quran. Belum lagi, kita masih harus menjaga adab-adab ketika membawa dan memegang mushaf, seperti menjaga keadaan suci dari hadats. 

Untuk itu, fitur Islami Al-Quran digital yang terpasang di gawai dapat menjadi solusi untuk memudahkan kita membaca Al-Quran di sela-sela aktivitas. Selain mudah dibawa dan praktis, Al-Quran digital juga tidak dihukumi sama dengan mushaf, sebagaimana dijelaskan dalam kitab fatwa-fatwa kontemporer Mauqi’ul Islam, Sual wa Jawab, dikutip dari NU Online: 

Handphone atau smartphone yang di dalamnya terdapat Al-Qur’an baik yang tampak sebagai tulisan atau berupa audio tidak dihukumi sebagai mushaf. Oleh karena itu boleh memegangnya dalam keadaan hadats dan juga boleh membawanya ke dalam toilet. 

Ini disebabkan tulisan Al-Qur’an  yang tampak di HP/smartphone tidak seperti tulisan dalam mushaf, tulisan tersebut adalah getaran listrik atau pancaran sinar yang bisa nampak dan bisa hilang serta bukan merupakan huruf yang tetap.

Sebagai catatan, kita tetap diharuskan untuk menghormati Al-Quran dengan tidak membuka aplikasi Al-Quran digital ketika sedang berada di dalam toilet.      

Pengingat waktu salat fardu

Salat fardu adalah ibadah yang harus kita jaga dan selalu kita tunaikan lima waktu setiap harinya. Salat-salat fardu memiliki waktu-waktu tertentu kapan harus ditunaikan. 

Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS An-Nisa: 103)

Sayangnya, terkadang kesibukan aktivitas membuat kita lupa atau melalaikan panggilan salat. Untuk membantu kita agar selalu salat tepat waktu, memasang fitur Islami pengingat waktu salat fardu sangat berguna. Selain dapat mengingatkan di sela-sela kesibukan, pengingat salat fardu juga sangat bermanfaat ketika kita sedang berada dalam perjalanan.    

Penunjuk Arah Kiblat

Salah satu syarat sah salat, sebagaimana disebutkan dalam Kitab Safinatun Najah yang ditulis oleh Syeikh Sumair Al-Hadrami, adalah menghadap kiblat. Karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui dengan pasti arah kiblat agar salat kita sah secara fikih. 

Di Indonesia, banyak masjid-masjid yang tentunya memiliki petunjuk arah kiblat yang sudah presisi. Akan tetapi, terkadang karena beberapa hal kita terpaksa menunaikan salat di tempat-tempat umum yang tidak memiliki petunjuk arah kiblat yang jelas seperti kamar rumah sakit, ruang kerja, atau fasilitas umum seperti musala terminal bus. Untuk menghadapi permasalahan ini, fitur Islami berupa penunjuk arah kiblat yang dipasang di ponsel pintar dapat menjadi solusi jitu   

Kajian dan nasihat Islami

Penggunaan ponsel pintar seringkali menyebabkan kita menjadi asyik dan lalai, dan tanpa sadar terjatuh ke dalam aktivitas yang sia-sia, seperti terus menerus memantau media sosial, bahkan terlibat dalam perdebatan dan pertengkaran yang dapat menyebabkan permusuhan. 

Untuk menjadikan ponsel pintar kita menjadi sarana kebaikan, tidak ada salahnya kita mengisinya dengan rekaman atau kajian dari para ustaz atau penceramah yang memiliki kompetensi keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Dengan mengisi memori ponsel pintar kita dengan kajian serta nasihat-nasihat Islami serta aplikasi dengan fitur Islami yang dapat menjadi reminder ketika kita sedang lalai, kita tidak perlu lagi mengisi waktu luang dengan tenggelam dalam kesia-siaan dan aktivitas yang kurang bermanfaat. Kita bisa menambah keilmuan kita sambil melakukan aktivitas sehari-hari seperti berangkat dan pulang kerja atau menunggu antrean.  

Aplikasi pengatur keuangan

Salah satu fitur islami yang tak kalah penting yang seharusnya ada di dalam ponsel kita adalah aplikasi keuangan. Hal ini karena Islam tidak hanya mengatur tentang ibadah ritual, tetapi juga mengatur tentang bagaimana kita seharusnya membelanjakan harta.  

Apakah mengatur keuangan kita berarti kita tidak percaya akan rezeki yang ditetapkan oleh Allah? Jawabannya, tentu tidak. Justru Islam mendorong kita agar memiliki manajemen finansial yang baik. 

Hal ini disebutkan dalam Quran Surat An-Nisa ayat 5 yang melarang orang-orang yang menjadi wali bagi anak-anak yatim untuk mempercayakan harta kepada anak-anak tersebut ketika mereka belum mampu mengelola harta dengan baik. 

“Jangan berikan harta-harta (mereka yang diurus oleh) kalian, yaitu harta yang Allah jadikan untuk kalian sebagai biaya hidup kepada anak-anak yatim yang masih bodoh itu. Berikanlah mereka rezeki dalam harta tersebut; berikanlah pakaian mereka; dan berkatalah kepada mereka dengan perkataan yang baik.” (QS An-Nisa: 5). 

Selain itu, kemampuan mengelola harta dengan baik akan membuat kita menjadi pribadi yang mandiri secara finansial, bahkan mampu berkontribusi kepada sesama melalui harta yang kita miliki. 

Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allah akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya. (HR Bukhari – Muslim)

Kini, kamu nggak perlu repot-repot menginstal banyak aplikasi di ponselmu untuk mendapatkan fitur Islami seperti di atas. Aplikasi Hijra Bank sudah menyediakan kamu berbagai fasilitas tersebut. Dilengkapi dengan Al-Quran Digital, penunjuk arah kiblat, pengingat waktu salat, kajian ustaz, serta fitur perbankan yang bisa bantu kamu atur keuangan dengan mudah. 

Hijra Bank app siap jadi sahabat kamu  dalam perjalanan hijrah menuju kehidupan yang lebih baik dan berdampak. 

Yuk, download Hijra dengan klik tombol di bawah ini, dan nikmati fitur-fitur Islami untuk bantu kamu jadi Muslim yang lebih baik!