live streaming

Live Streaming sambil Jualan, Kenapa Tidak? Ikuti Strateginya

Hijra

12 Jul 2023

5 Min Read

Jualan sambil promosi secara langsung di layar kini tidak hanya dimonopoli TV.

Live streaming lewat platform digital seperti media sosial telah menjadi tren baru. Penjual zaman sekarang sebaiknya mengikuti strategi dan teknik untuk sukses live streaming sambil berjualan produk.

Selain penyebaran informasi yang efektif, promosi dengan cara ini membantu meningkatkan koneksi dengan calon pembeli. 

Keuntungan Jualan sambil Live Streaming 

Jualan sambil siaran langsung, terutama lewat media sosial, menawarkan banyak keuntungan yang tidak ditawarkan metode jualan tradisional.

Jualan di live streaming memberi pemirsa visual lengkap barang yang ditawarkan. Penjual bisa memamerkan barang dari berbagai sudut. Jika barangnya berupa rumah atau apartemen, misalnya, penjual bisa berjalan menyusuri semua area seolah mengajak pemirsa ikut melihat-lihat secara langsung. Hal ini membuat promosi lebih menarik.

Jualan live streaming lewat media sosial juga memberi kesempatan bagi pemirsa untuk berinteraksi secara langsung. Misalnya, pengguna media sosial bisa mengetik pertanyaan mereka secara langsung dan penjual bisa menjawabnya saat itu juga.

Menurut laporan SEA Ahead Wave, sekitar 78 persen masyarakat Indonesia pengguna media sosial sudah mengenal live streaming atau telah mendapat rekomendasi belanja dari sana. Jangan lupa mempertimbangkan live streaming jika ingin meraih penjualan optimal dari media sosial.

Platform Live Streaming Populer 

Sumber : Envato

Pilihan platform live streaming yang sesuai untuk berjualan online saat ini cukup banyak. Berikut beberapa contoh untuk dipertimbangkan.

1. Facebook Live

Facebook Live adalah fitur siaran langsung yang tersedia untuk pemilik akun Facebook for Business. kamu bisa melakukan promosi langsung ke sesama pengguna Facebook dan bahkan memasangnya di situs jualan. Facebook Live mudah diakses dan bisa ditonton di berbagai perangkat sehingga semakin memperluas kemungkinan ditonton.

Siaran langsung lewat Facebook Live tidak dikenakan biaya, walau ada selling fee untuk pemesanan lewat live stream. Akan tetapi, jika siaran langsung Facebook dipasang di situs lain, penonton tidak bisa berinteraksi secara langsung.

2. Instagram Live

Pemilik Facebook Business Page juga bisa menggunakan Instagram Live. Fitur ini hampir sama dengan Facebook Live. Sayangnya, Instagram Live hanya bisa ditonton lewat aplikasi mobile. Pembelian juga hanya bisa dilakukan lewat Instagram sehingga tidak akan mengundang pengunjung ke situs milikmu sendiri. Akan tetapi, Instagram Live memudahkan kolaborasi, misalnya dengan influencer atau brand.

3. TikTok

Siapa tidak kenal TikTok? Aplikasi video ini memiliki akun TikTok for Business yang bisa kamu gunakan untuk live streaming. TikTok cocok untuk mengundang banyak penonton dan pelanggan, terutama dari kalangan Gen-Z. Siaran langsung promosi TikTok juga memudahkan belanja karena ada ikon kecil di layar yang bisa langsung dipencet untuk memesan.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa promosi secara langsung lewat TikTok. Untuk melakukan live streaming sekaligus menawarkan kesempatan belanja, kamu harus punya minimal 1.000 pengikut dan berusia setidaknya 16 tahun.

Shopee Live

Shopee sekarang punya fitur live streaming! Fungsi ini dapat diakses baik lewat aplikasi maupun komputer sehingga pilihannya lebih fleksibel. Setiap pengguna bisa mempromosikan maksimal 500 produk dalam satu live streaming

Cara Jualan yang Efektif saat Live Streaming 

Manfaat penggunaan konten kreatif dalam live streaming berjualan hanya bisa terwujud jika didukung oleh strategi promosi yang efektif. Berikut beberapa cara agar jualan sambil live streaming lebih sukses dan mengena di hati penonton, bahkan berujung ke pembelian.

1. Pilih produk yang tepat

“Produk yang tepat” bisa beragam, mulai dari barang-barang yang menarik dan banyak dicari, hingga produk yang berhubungan dengan hobi atau minat penjual. Produk-produk seperti ini biasanya akan membuat penjual lebih antusias dalam berpromosi sehingga lebih memikat. Intinya, ketika mempromosikan barang lewat live streaming, pastikan terlihat seolah kamu sendiri juga berminat membelinya.

2. Buat kesan pertama yang positif

Jangan memboroskan beberapa menit pertama. Tunjukkan persona yang positif, memikat, dan langsung menarik perhatian penonton. Beri mereka alasan kuat untuk terus menonton dan akhirnya tertarik membeli. Hindari terlihat gugup dan tidak siap begitu kamera menyala.

3. Perlihatkan antusiasme setara ke semua penonton

Ketika berjualan untuk pertama kali, kamu mungkin hanya mendapat 5, 10, atau 20 penonton. Tidak masalah! Pastikan kamu bicara dengan antusiasme serupa saat mendapat 200 atau bahkan 2.000 penonton. Antusiasme tersebut akan membuat penonton merasa dihargai, mendapat kesan positif, dan lebih mungkin mempromosikan kamu.

Persiapan Sebelum dan Setelah Live Streaming

Agar strategi dan teknik untuk sukses live streaming sambil berjualan produk berjalan lancar, pastikan menentukan siapa target yang disasar, dan tentukan gaya bicara serta poin-poin promosi. Kamu harus sudah siap berbicara secara profesional begitu kamera menyala. Jangan lupa juga menyiapkan perlengkapan yang bisa membuat siaran terkesan profesional.

Sebagai langkah pertama, siapkan tripod agar kamera terlihat stabil, dan lakukan beberapa eksperimen untuk menentukan titik peletakan kamera yang tepat. Jika belum mampu membeli mikropon profesional, belilah mikropon kecil yang bisa diselipkan di baju sehingga suara kamu lebih jelas.

Selama siaran, jangan lupa memberi informasi tentang produk, merk, dan di mana bisa membelinya. Selain menanamkan informasi, hal tersebut juga bisa membantu penonton yang baru bergabung agar tidak ketinggalan informasi.

Jangan lupa mempromosikan jadwal siaran di berbagai akun media sosial. Jika sudah selesai, kamu bisa mengarsipkan atau menyimpan video tersebut, dan pastikan untuk memberi informasi lanjutan tentang di mana bisa membeli produk yang dipromosikan.

Hijra untuk Bantu Jualan di Toko Online

Mimpi punya toko online dan bisa live streaming sambil jualan? Hijra bisa membantu mewujudkan impian tersebut. Gunakan Hijra untuk mengelola keuangan dan membantu mengumpulkan dana sambil mengikuti prinsip syariah.

Dengan fitur seperti Hijra Box untuk mengelola pos-pos manajemen keuangan, kamu bisa mewujudkan mimpi untuk memulai usaha online berkualitas. Jangan lupa gunakan live streaming untuk mendongkrak pembelian dan mengembangkan bisnis.
Manfaatkan strategi dan teknik untuk sukses live streaming sambil berjualan produk agar bisnis kecil kamu cepat berkembang.

Yuk, wujudkan impian kamu dengan download aplikasi Hijra dengan klik tombol di bawah ini!

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait

Tags