memilih sekolah tk untuk anak

8 Pertimbangan Penting Memilih Sekolah TK untuk Anak, Jangan Sampai Asal!

Athariq Faisal

22 Feb 2023

5 Min Read

Sebagai orang tua, memastikan anak mendapat pendidikan terbaik adalah salah satu tanggung jawab yang perlu kamu penuhi. Sebagai pendidikan formal pertama si kecil, memilih sekolah TK untuk anak pun harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan matang.

Namun tentu saja, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum memasukkan anak ke lingkungan baru ini. Mulai dari kesiapan si kecil hingga kualitas dan biaya pendidikan yang ditawarkan, semua harus kamu pertimbangkan dengan matang.

Kapan Sebaiknya Mendaftarkan Anak ke TK?

Sebelum mencari cara memilih sekolah TK yang baik untuk anak, kamu harus lebih dulu melihat dan memahami apakah si kecil sudah dalam kondisi yang siap untuk mengikuti sistem ini atau belum.

Salah satu indikator utama adalah mengenai usia anak. Sebagian orang tua masih merasa ragu apakah sudah saatnya memasukkan anak mereka ke TK atau belum. Beberapa akhirnya menyekolahkan anak terlalu dini, beberapa lainnya pun sedikit terlambat.

Kamu perlu memahami tujuan utama dari pembelajaran di TK. Tidak cuma sebatas memenuhi kebutuhan sosialisasi si kecil, TK juga bertujuan untuk membantu menyiapkan pondasi si kecil terhadap keterampilan, sikap pengetahuan, daya cipta, hingga pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.

Berdasarkan Permendikbud, calon peserta didik tingkat TK dimulai pada usia 4 hingga 6 tahun. Adapun pembagian idealnya adalah 4 sampai 5 tahun untuk jenjang TK A dan 5 sampai 6 tahun untuk jenjang TK B.

Rentang usia ini pun disesuaikan dengan kondisi anak untuk menerima secara optimal hal-hal apa saja yang akan dipelajari selama di bangku TK. Maka dari itu, jangan terlalu memaksakan si kecil yang belum cukup usia dan kemampuan untuk masuk TK agar keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh optimal.

Cara Memilih Sekolah TK untuk Anak 

Kamu mungkin menjadi bingung saat memilih TK mana yang bakal jadi pilihan di tengah makin banyaknya institusi pendidikan anak usia dini yang bermunculan kini. Untuk membantumu menyortir hingga menemukan pilihan terbaik, beberapa tips memilih sekolah TK untuk anak berikut bisa kamu pertimbangkan.

1. Lingkungan TK 

Dalam memilih sekolah TK untuk anak, lingkungan adalah salah satu aspek paling penting.

Lingkungan TK utamanya berkaitan dengan lokasi. Lokasi yang dekat akan memudahkanmu dan si kecil menghemat energi, waktu, dan biaya. Kamu juga mungkin merasa lebih aman saat si kecil berada di lingkungan yang masih relatif dekat denganmu.

Walau begitu, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah lingkungan tersebut kondusif untuk si kecil. Kawasan di sekitar sekolah juga berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan si kecil untuk belajar. 

2. Kurikulum 

Tiap sekolah mempunyai kurikulum yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu mengkaji apa saja pembelajaran yang sekolah tawarkan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan karakter anak.

Seperti contoh, jika ingin sejak awal menanamkan nilai-nilai Islam sehingga menjadi bekal dasar bagi anak, kamu bisa mencari beberapa pilihan TK Islam terbaik. 

Tiap TK Islam pun mempunyai beberapa nilai lebih tersendiri, seperti pembelajaran bahasa ditawarkan, kegiatan untuk mendukung motorik, dan lain sebagainya.

3. Fasilitas 

Memilih sekolah TK untuk anak juga tak lepas dari pertimbangan mengenai fasilitas yang disediakan pihak sekolah. Fasilitas ini pun tidak hanya berkaitan untuk menunjang kurikulum yang ditawarkan, tetapi juga keseluruhan pengalaman belajar anak.

Seperti contoh, fasilitas keamanan apa saja yang disiapkan sekolah agar murid-murid dapat belajar dengan tenang, aman, dan nyaman. Di samping itu, fasilitas komunikasi dengan wali murid apa saja yang diberikan untuk mempermudah kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua untuk mencapai keberhasilan pertumbuhan anak bersama-sama.

4. Kapasitas kelas 

Banyak wali murid yang belum menyadari betapa pentingnya kapasitas kelas bagi keoptimalan pembelajaran anak. Padahal, dampak yang dihasilkan dari aspek ini cukup besar terutama pada anak-anak usia dini yang membutuhkan perhatian lebih banyak.

Suatu kelas TK idealnya menampung hingga 20 murid. Terlalu banyak murid dalam kelas akan menyulitkan guru untuk memberi perhatian secara efektif dan maksimal pada tiap-tiap murid sehingga memengaruhi perkembangan anak nantinya.

5. Kualitas/kompetensi guru

Memilih sekolah TK untuk anak juga tidak bisa lepas dari aspek pendidiknya.

Kurikulum dan fasilitas yang baik tidak akan cukup untuk menghadirkan pembelajaran yang optimal. Bagaimanapun, peran guru sangat besar dan penting dalam membantu kemajuan si kecil.

Kamu bisa melakukan berbagai survei untuk mengetahui kualitas atau kompetensi yang dimiliki oleh guru-guru pada sekolah TK yang sudah kamu incar. Kamu dapat bertanya pada wali murid lainnya atau melihat bagaimana cara guru dalam menyampaikan materi di dalam kelas.

6. Jam sekolah

Jam sekolah yang terlalu pagi atau terlalu siang dapat memengaruhi mood si kecil untuk belajar. Terlalu pagi atau terlalu siang biasanya, akan membuat mereka jadi sulit fokus sehingga belajar pun jadi tidak maksimal. Pun kamu juga perlu mempertimbangkan berapa lama waktu perjalanan dari rumah ke sekolah sehingga si kecil tidak keburu kehabisan energi.

Di samping itu, lamanya jam pembelajaran juga perlu kamu perhatikan. Waktu yang terlalu panjang akan membuat anak bosan dan lelah. Biasanya, jam belajar di TK adalah sekitar dua hingga tiga jam menurut PAUD.id, dengan komposisi belajar dan bermain yang seimbang.

7. Biaya

Terakhir, memilih sekolah TK untuk anak juga tidak terpisah dari biaya. Kamu perlu menyesuaikan pula kemampuan finansial untuk memenuhi kewajiban pihak murid dalam memperoleh pendidikan yang diharapkan.

Ada banyak biaya yang perlu kamu siapkan, mulai dari biaya gedung, biaya pangkal, biaya SPP bulanan, biaya seragam, biaya daftar ulang, hingga biaya ekstrakurikuler. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyiapkan seawal mungkin biaya pendidikan si kecil tersayang untuk memperoleh pendidikan terbaik.

Untuk mendukungmu menyiapkan dana khusus pendidikan anak, Hijra Bank menyediakan berbagai layanan dan fitur terbaik seperti Hijra Box. Fitur ini memungkinkanmu memiliki kantong tabungan khusus sehingga kamu tidak perlu khawatir dana pendidikan akan tercampur dengan biaya untuk keperluan lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo persiapkan masa depan buah hati lewat pendidikan terbaik dengan cara-cara yang tepat sesuai syariat. Download Hijra Bank di App Store atau Play Store sekarang, klik tombol di bawah ini, ya!

Artikel Terkait

Tags