cara menabung liburan keluarga dengan hijra

Gunakan Hijra untuk Atur Liburan Keluarga, Begini Cara Mudahnya!

Athariq Faisal

11 Aug 2023

5 Min Read

Liburan keluarga tidak hanya merupakan aktivitas yang asyik, namun juga penting untuk mendukung perkembangan keluarga. Sayangnya, merencanakan liburan keluarga bukan perkara yang mudah, termasuk perencanaan secara finansial. 

Dibutuhkan persiapan yang matang dan terperinci agar kegiatan untuk menciptakan kenangan manis tidak berujung dengan pusing kepala dan keuangan yang berantakan. 

Dengan menabung di Hijra Bank, kamu bisa merencanakan keuangan untuk liburan keluarga tanpa harus membuat banyak rekening untuk masing-masing pos pengeluaran. 

Ingin persiapkan dana untuk liburan keluarga? Daftar Hijra dengan klik tombol di bawah ini! 

Lewat artikel ini, kami akan memaparkan manfaat berlibur bersama keluarga dan bagaimana cara menabung di Hijra untuk merencanakan dana liburan. 

Simak sampai selesai, yuk! 

Manfaat liburan keluarga

cara menabung liburan keluarga dengan hijra

Liburan keluarga memiliki berbagai manfaat. Ini alasan kenapa kamu harus mengagendakan liburan bersama keluargamu! 

  • Quality time untuk mempererat hubungan antar keluarga. Liburan bersama keluarga memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama tanpa disibukkan dengan rutinitas. Ini penting untuk mempererat jalinan kasih sayang dan juga menjalin komunikasi yang baik. 
  • Mengurangi stres akibat pekerjaan atau sekolah. Liburan keluarga bisa menjadi sarana untuk sejenak melarikan diri dari kesibukan pekerjaan maupun sekolah untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Jangan salah, menyediakan waktu untuk berlibur juga penting lo untuk mempertahankan produktivitas agar tidak mengalami burn out. 
  • Mencari pengalaman dan memori berharga.  Melakukan perjalanan dan liburan bersama keluarga dapat membawa pengalaman baru yang bisa menjadi kenangan tak terlupakan yang sangat berharga. Kenangan-kenangan ini dapat menjadi penguat kebahagiaan di dalam keluarga. 
  • Menambah wawasan tentang hal baru. Bepergian bersama keluarga ke tempat-tempat wisata dan lokasi yang belum pernah dikunjungi bisa menjadi momen untuk memperkaya wawasan keluarga mengenai budaya, keadaan alam, bahasa, hingga kekayaan kuliner di tempat yang kita kunjungi.
  • Mengasah kreatifitas anggota keluarga. Mengadakan liburan bersama keluarga juga bisa mengasah kreatifitas anggota keluarga. Dengan mengunjungi tempat-tempat menarik, kita bisa melakukan hal-hal kreatif seperti fotografi, membuat konten untuk sosial media, menulis catatan perjalanan atau travelogue, dan lain-lain. 

Kenapa kamu harus pakai Hijra untuk rencanakan liburanmu?

menabung liburan keluarga dengan hijra

Kini, kamu bisa lo merencanakan liburan dengan Hijra. Apa sih yang bikin merencanakan liburan dengan Hijra lebih mudah dan menenangkan hati?

Akad sesuai syariah

Dengan menabung untuk liburan keluarga di Hijra Bank, kamu bisa lebih tenang karena akad yang dipakai dalam tabungan Hijra adalah akad Al-Wadiah Yad Al-Dhamanah yang sesuai dengan prinsip syariah. 

Karena menggunakan akad Al-Wadiah Yad Al-Dhamanah, Hijra tidak membebankan potongan biaya admin..  

Baca juga: Mengenal Akad Wadiah, Akad yang Dipakai Hijra Bank

Hijra selalu mengedepankan prinsip kesesuaian dengan syariah dalam setiap produk perbankan. Jadi, kamu tak perlu khawatir uangmu tercampur dengan transaksi-transaksi non syariah yang meragukan secara hukum agama.

Buat banyak kotak-kotak tabungan dengan satu rekening

Bayangkan betapa repotnya jika kamu harus membuat satu rekening khusus untuk persiapan finansial liburanmu. Belum lagi rekening terpisah yang mesti kamu siapkan untuk menabung dana untuk kebutuhan sehari-hari sepulang kamu dan keluarga dari berlibur.

Ribet sekali, ‘kan? 

Tapi, dengan Hijra, kamu nggak perlu repot-repot bikin banyak rekening untuk masing-masing tujuan finansialmu. Kamu cuma harus bikin satu rekening Hijra, selanjutnya kamu bisa membuat hingga dua puluh Hijra Box yang bisa kamu gunakan untuk merencanakan masing-masing tujuan keuanganmu. 

Kamu bisa membuat Hijra Box untuk dana liburan, kebutuhan sehari-hari setelah liburan, atau tujuan-tujuan lain yang kamu inginkan.      

Transaksi mudah dalam genggaman

Hijra Bank menawarkan layanan perbankan syariah digital berbasis aplikasi. Karenanya, kamu bisa dengan mudah menikmati layanan Hijra Bank menggunakan gawai dalam genggamanmu tanpa harus pergi ke mana-mana. 

Hijra Bank memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun, termasuk ketika kamu sedang berlibur. Kehabisan pulsa dalam perjalanan? Kamu bisa gunakan layanan PPOB Hijra untuk mengisi pulsa. Lagi ada di jalan tiba-tiba keinget tagihan yang belum dibayar? Pakai Hijra Bank untuk bayar tagihanmu tanpa ribet.   

Fitur-fitur untuk bantu kamu selama liburan

Selain produk-produk perbankan dan pembayaran, kamu juga bisa gunakan fitur-fitur lain dari Hijra agar aktivitas liburanmu bersama keluarga tidak berakhir sia-sia. 

Biar tidak ketinggalan waktu shalat di perjalanan, Hijra Bank punya fitur pengingat waktu shalat yang disesuaikan dengan tempat dimana kamu berada. Bingung arah kiblat saat shalat di tempat umum? Kamu bisa pakai petunjuk arah kiblat di aplikasi Hijra. Bosan selama di perjalanan? Kamu bisa baca Quran, dengarkan kajian, atau baca doa-doa pilihan dari aplikasi Hijra agar perjalananmu dipenuhi keberkahan. 

Cara menabung di Hijra untuk atur liburanmu

menabung liburan keluarga dengan hijra

Gimana cara menabung di Hijra untuk atur rencana liburan bersama keluarga? Simak caranya di sini! 

Buka rekening Hijra

Pertama, kalau kamu belum punya rekening di Hijra Bank, kamu perlu download aplikasi Hijra Bank dan lakukan membuka rekening. 

Isi alamat e-mail, ID Hijra yang kamu inginkan, serta data diri. Untuk semakin memudahkan proses verifikasi, siapkan foto KTP, tanda tangan, serta foto selfie, ya! 

Unduh dan buka rekening Hijra dengan klik tombol di bawah ini!

Buat Hijra Box sesuai tujuan yang ingin kamu capai

Nah, kalau kamu sudah punya rekening Hijra, saatnya kamu buat Hijra Box untuk liburan keluargamu. Bagaimana caranya? 

Pertama, log in ke aplikasi Hijra Bank, kemudian pergi ke laman bank dan pilih menu daftar box. Untuk membuat Hijra Box, ketuk pada kotak “Buat Box”. 

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa tonton video cara membuat Hijra Box berikut ini!

Buat perencanaan dan itinerary liburan

Nah, kalau kamu sudah membuat Hijra Box untuk tabungan liburanmu, kamu bisa mulai menyusun itinerary atau rencana perjalanan. Kamu bisa mulai dengan menentukan lokasi-lokasi yang ingin kamu kunjungi, menentukan skala prioritas mana yang paling ingin kamu kunjungi, mencari tahu sarana transportasi dan waktu perjalanan, serta menentukan sarana akomodasi. 

Bagian tak kalah penting dari membuat rencana perjalanan adalah menentukan anggaran. Cari tahu biaya yang kemungkinan harus dikeluarkan secara terperinci, mencakup biaya transportasi, tiket destinasi wisata, biaya makanan dan minuman, serta biaya akomodasi.  

Tentukan jumlah yang ingin kamu capai dan mulai menabung

Jika kamu sudah punya gambaran berapa jumlah biaya yang akan kamu keluarkan untuk liburan keluarga, kamu bisa mulai menabung. Gunakan Hijra Box yang sudah kamu buat untuk menampung tabungan yang akan kamu gunakan untuk membiayai liburan bersama. 

Tentukan jangka waktu berapa lama yang dibutuhkan untuk mencapai target dana yang kita tetapkan supaya kamu punya gambaran seberapa banyak dana yang harus kamu sisihkan secara rutin. 

Misalnya, kamu membutuhkan dana sekitar Rp20.000.000 untuk liburan keluarga, dan kamu ingin berlibur bersama di tahun depan, kamu bisa memulai dengan menabung sekitar Rp1.700.000 per bulan.   

Diskusikan bersama keluarga

Dan yang tak kalah penting, diskusikan bersama keluarga mengenai rencana keuangan untuk melakukan liburan bersama. Pastikan tujuan keuangan yang kita ingin capai untuk liburan keluarga tidak membuyarkan cita-cita kamu yang lain seperti membangun dana darurat, membuka usaha sendiri, dll. 

Jangan lupa untuk selalu atur keuanganmu dengan Hijra dan nikmati kemudahan bertransaksi sesuai syariah semudah menggunakan aplikasi digital dalam genggaman. 

Yuk, mulai rencanakan keuangan bersama Hijra!

Artikel Terkait