biaya sekolah sdit

10 Rekomendasi dan Info Biaya Sekolah SDIT di Jabodetabek, Apakah Sesuai Ekspektasimu?

Athariq Faisal

21 Feb 2023

5 Min Read

Makin banyak orang tua memilih memasukkan anak mereka ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) daripada SD biasa. Berbeda dengan Pesantren, SDIT adalah model sekolah yang mengedepankan pendidikan agama serta moral Islami secara lebih terfokus, namun tak mewajibkan siswa-siswinya untuk tinggal dan menginap di sekolah.

Nah, bagimu yang berdomisili di Jabodetabek dan sedang mencari rekomendasi SDIT, berikut penjelasan lebih mendalam tentang biaya sekolah SDIT dan 10 rekomendasi SDIT di Jabodetabek beserta informasi fasilitas dan biayanya.

Apa Bedanya SDIT dengan SD Biasa?

Bila dibandingkan dengan SD biasa, biaya sekolah SDIT cenderung lebih mahal. Namun, fasilitas yang tersedia biasanya lebih lengkap, mulai dari perpustakaan, laboratorium, ruang kelas ber-AC, ruang seni dan audio, hingga masjid di area sekolah.

Materi pelajaran di SD biasa adalah materi-materi umum seperti IPA, IPS, bahasa Indonesia, matematika, dan sebagainya. 

Sementara itu, SDIT menambahkan materi keagamaan yang lebih spesifik, mulai dari bahasa Arab, akidah akhlak, tata cara beribadah, doa dan hadis harian, hingga target hafalan Alquran. SDIT juga kerap mengadakan kegiatan-kegiatan, seperti salat berjamaah dan daurah.

Untuk urusan tata tertib sekolah SDIT, umumnya tidak berbeda jauh daripada SD biasa. 

Hanya saja, siswa SDIT wajib mengikuti kegiatan, seperti salat dhuha dan salat wajib berjamaah di sekolah, juga mempraktikkan adab-adab keislaman seperti adab terhadap sesama teman, adab berpakaian, adab makan, dan lain sebagainya.

Keunggulan Sekolah SDIT

Meski biaya SDIT terhitung mahal, keunggulan utama SDIT adalah mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam semua aspek kehidupan sekolah serta menawarkan program pendidikan kompetitif yang membantu siswa lebih siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi menjadikannya cukup sepadan.

Lebih rinci lagi, berikut beberapa keunggulan lainnya:

1. Kepengasuhan

Meski tata tertib sekolah SDIT dinilai cukup ketat, tetapi anak-anak SDIT mendapat perhatian yang lebih dari tenaga pendidik. Kepengasuhan di SDIT biasanya dilakukan dengan cara yang lebih intensif dan personal.

2. Program ekstrakurikuler

SDIT sering kali menawarkan program ekstrakurikuler yang lebih variatif, mulai dari olahraga, seni, bela diri, hingga ekskul azan dan tilawah dan tartil yang mendekatkan anak pada kegiatan keagamaan.

3. Visi dan misi

Keunggulan sekolah SDIT juga terdapat dalam visi dan misi, yakni menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan terpadu dengan pendidikan agama demi mewujudkan generasi Qur’ani berprestasi dan berakhlakul karimah.

Rekomendasi SDIT Area Jabodetabek

Dirangkum dari laman resmi SDIT terkait, berikut rekomendasi beserta biaya sekolah SDIT khususnya bagi kamu yang tinggal di area Jabodetabek.

1. SDIT Ibnu Sina 

SDIT Ibnu Sina dari IBSI Institute telah meluluskan lebih dari 1000 orang alumni penghafal Alquran. 

Ada berbagai fasilitas dan program unggulan tersedia, seperti Pendidikan Karakter Qur’ani, Bilingual Program, dan Hafalan Qur’an 15 Juz.

  • Alamat SDIT Ibnu Sina: Jl. Madrasah 2 No.10, RT. 10/10, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • Biaya: untuk informasi detail, hubungi 0821-1212-1638

2. SDIT Ar Rahmah Jakarta

SDIT Ar Rahmah Jakarta adalah salah satu rekomendasi terfavorit dan sudah terakreditasi A. Fasilitas unggulannya termasuk laboratorium ICT, laboratorium Sains, ruang belajar modern, juga metode belajar fun learning dan outing class.

  • Alamat SDIT Ar Rahmah: Jl. Duren Sawit Barat 2 Blok F-.2, Duren Sawit, Klender, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • Biaya sekolah SDIT Ar Rahmah Jakarta:
  1. Formulir: Rp300 ribu
  2. Sumbangan pendidikan: Rp13 juta
  3. Seragam ikhwan/ akhwat: Rp2,2 juta/ Rp2,5 juta
  4. Buku + modul: Rp1,5 juta
  5. UKM + operasional: Rp3,2 juta
  6. SPP bulanan: Rp1,2 juta

3. SDIT Al-Kahfi

Keistimewaan sekolah SDIT Al-Kahfi adalah program-program unggulan, mulai dari bilingual program, tahfidz Al-Qur’an, hingga ekstrakurikuler yang variatif. 

Fasilitas yang tersedia termasuk lab TIK, lab IPA, perpustakaan, dan lain-lain. Ini alamat dan biaya sekolah SDIT Al-Kahfi:

  • Alamat SDIT Al-Kahfi: Jl. H. Muhayang No.39 C, RT.13/RW.1, Rambutan, Kec. Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • Biaya sekolah SDIT Al-Kahfi:
  1. Formulir: Rp400 ribu
  2. Uang masuk/gedung: Rp15 juta
  3. SPP bulanan: Rp1.050.000

4. SDIT Al Yasmin Bogor

SDIT di Bogor ini memadukan pembelajaran kreatif, aktif, efektif, sekaligus menyenangkan berbasis kurikulum Departemen Agama, kurikulum Pendidikan Nasional, dan kurikulum Pesantren Khair Al Yasmin.

  • Alamat SDIT Al Yasmin: Jl. Sindang Barang Pengkolan No.16b, RT.01/01, Sindangbarang, Kec. Bogor Bar., Jawa Barat 
  • Biaya sekolah SDIT Al Yasmin:
  1. Biaya masuk: Rp10 juta
  2. SPP bulanan: Rp600 ribu

5. SDIT Insantama

Demi mengoptimalkan potensi siswa, SDIT Insantama merancang berbagai program ekspresi juga kegiatan ilmiah, mulai dari berenang, berkebun, memasak, juga program unggulan seperti Save Our World, Hari Kreativitas Siswa, dan Malam Bina Iman & Takwa.

  • Alamat SDIT Insantama: Jl. Hegarmanah IV/47, RT.01/08, Gn. Batu, Kec. Bogor Barat, Bogor, Jawa Barat
  • Biaya sekolah SDIT Insantama:
  1. Pendaftaran: Rp600 ribu
  2. Infaq pengembangan: Rp22 juta
  3. SPP bulanan: Rp1,2 juta
  4. Seragam putra/i: Rp1.070.000/ Rp1.190.000

6. SDIT Ummul Quro

SDIT Ummul Quro menyediakan fasilitas seperti kelas ber-AC, mobil jemputan, peralatan multimedia, hotspot area, masjid, kantin, aula, klinik, lab. komputer, ruang terbuka hijau, perpustakaan, dan lain-lain.

  • Alamat SDIT Ummul Quro: Jl. H. Sinda No.54, Beji, Kec. Beji, Depok, Jawa Barat
  • Biaya sekolah SDIT Ummul Quro:
  1. Biaya masuk: Rp23,1 juta
  2. SPP: Rp1.450.000

7. SDIT Miftahul Ulum

SDIT terakreditasi A ini punya fasilitas lengkap, mulai dari ruang ber-AC, ruang audio visual, kantin sehat, mobil antar jemput, lapangan futsal, mini garden, hingga ruang terapi (psikolog). 

  • Alamat SDIT Miftahul Ulum: Jl. Musholla At-Taqwa – 100, Gandul, Kec. Cinere, Depok, Jawa Barat
  • Biaya sekolah SDIT Miftahul Ulum: untuk bisa mendapatkan informasi detail, kamu bisa menghubungi (021) 7537403

8. SDI Al-Azhar BSD 

Sekolah ini memadukan sistem kurikulum Cambridge dengan ajaran Islam. Dengan berbagai fasilitas memadai, siswa dapat lebih leluasa menjalani berbagai aktivitas ekstrakurikuler, pentas seni, juga kompetisi.

  • Alamat SDI Al-Azhar: BSD City, Puspitaloka Sektor 3.2, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
  • Biaya sekolah SDIT Al-Azhar BSD:
  1. Biaya masuk: Rp21.650.000
  2. SPP: Rp1.600.000
  3. Uang Kegiatan: Rp1.624.000

9. Gema Nurani Islamic School

Sekolah Islam ini didirikan sejak 1989. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum IHES (Integrated Holistic Education System) dan Cambridge International. 

  • Alamat Gema Nurani: Jl. Kali Abang Tengah B75, Bekasi, Jawa Barat.
  • Biaya sekolah SDIT Gema Nurani: untuk informasi detail biaya sekolah SDIT Gema Nurani, hubungi 0813-1929-0812

10. Al-Azhar Summarecon

Salah satu keunggulan sekolah SDIT bergengsi di Bekasi ini adalah fasilitasnya yang lengkap. Masjid raya, kantin, ruang musik, lift, lab biologi, lab science, lab komputer, lab kimia, klinik, aula, dan ruang kelas ber-AC adalah di antaranya. 

  • Alamat  Al-Azhar Summarecon: Jl. Bulevar Utara (Blok L), Summarecon, Bekasi
  • Biaya sekolah SDIT Al-Azhar Summarecon: untuk informasi detail biaya dan tata tertib sekolah SDIT Al-Azhar Summarecon, hubungi 0815-1904-1919

Demikian 10 rekomendasi beserta detail biaya sekolah SDIT area Jabodetabek. Selain daftar di atas, masih banyak sekolah Islam lain yang menyediakan fasilitas lengkap dan telah meluluskan alumni berprestasi dan berakhlakul karimah.

Biaya sekolah SDIT memang tidak murah. Untuk itu, yuk persiapkan tabungan pendidikan untuk anak-anak dari sekarang. Melalui Hijra Bank, kamu bisa mengelompokkan dana sesuai penggunaan dan kebutuhan, termasuk untuk dana pendidikan.

Dengan tabungan wadiah dan fitu Hijra Box, nabung jadi semakin tenang dan mudah.

Yuk, download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Tags