ide-jajanan-rumahan

7 Ide Jualan Jajanan Rumahan Buat Kamu Berkarya Dengan Modal Kecil

Athariq Faisal

6 Feb 2023

5 Min Read

Di tengah ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ini, merintis usaha rumahan merupakan sebuah cara untuk menambah pundi-pundi tabungan. Ada berbagai macam usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa kamu coba. Jenis usaha rumahan ini cukup mudah dirintis, terutama jika kamu atau anggota keluarga lain suka memasak. 

7 Ide Jajanan Rumahan Lezat

Usaha jajanan yang kamu bangun tidak harus ribet. Ada beberapa jajanan rumahan yang bahkan tidak memerlukan keterampilan memasak yang tinggi, namun rasanya tetap lezat. Berikut merupakan beberapa ide yang bisa kamu coba.

Sempol Ayam

Sempol ayam adalah camilan lezat yang sangat disukai, tidak hanya oleh remaja dan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Rasanya gurih dengan tekstur lembut yang memudahkan orang untuk mengunyah. Belum lagi tambahan saus yang membuat sempol ayam makin lezat.

Kalau kamu ingin menjalankan usaha ini, sebaiknya memahami bahwa harga daging ayam yang menjadi bahan utama sempol sering naik-turun di pasaran. Selain itu, kamu perlu memutuskan apakah sempol akan dijual langsung untuk dinikmati pembeli saat itu juga. Sempol memang jauh lebih nikmat jika dimakan selagi hangat.

Bola Ubi

Ide jualan jajanan rumahan ini tidak butuh modal besar untuk dijalankan karena bahan-bahannya bisa dengan mudah kamu peroleh di pasar, seperti: ubi kuning atau ungu, tepung tapioka, gula halus, baking powder, dan minyak goreng. Konsumen dari berbagai kalangan usia menikmati camilan ini karena rasanya yang manis dengan tekstur yang unik.

Bola ubi memang idealnya disajikan dalam keadaan panas. Kamu perlu mempertimbangkan hal ini kalau ingin menjual produk pangan ini karena akan memengaruhi alur usahamu nantinya. Tergantung dari target pasarmu, kamu bisa menjual dalam paket kecil maupun besar.

Donat Kentang 

Siapa yang tidak menikmati camilan donat? Ide ini mungkin sudah sering dicoba oleh penggiat usaha rumahan, tetapi kesempatan untuk mengembangkannya terbuka dengan lebar. Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah menemukan resep donat kentang yang lezat dan bisa kamu buat berulang-ulang dengan hasil yang konsisten.

Karena pasar donat kentang sendiri sudah cukup padat, kamu bisa memikirkan inovasi-inovasi menu yang membuat usahamu dilirik orang. Donat kentang bisa diberi topping yang unik, disajikan dalam bentuk sate, maupun diberi isian atau filling yang lezat.

Gorengan 

Usaha jajanan rumahan modal kecil ini dijalankan oleh banyak orang sejak zaman dahulu. Jika kamu menginginkan pemasukan yang stabil, menjual gorengan jelas menjadi pilihan usaha yang tepat karena orang Indonesia sangat suka dengan jenis panganan ini. Menu yang kamu tawarkan bisa bervariasi, mulai dari pisang goreng, tahu isi, hingga mendoan.

Kamu harus menemukan resep gorengan yang diminati banyak orang untuk bisa bersaing dengan pasar yang ketat. Ada beberapa inovasi yang bisa kamu lakukan terhadap produk gorenganmu seperti menambahkan bubuk tabur. Salah satu kendala yang mungkin kamu jumpai adalah harga minyak goreng bisa naik-turun tergantung kondisi pasar.

Salad

Dengan bertambahnya jumlah orang yang beraspirasi untuk hidup sehat, salad menjadi produk makanan yang diminati. Kamu bisa menawarkan salad sayur maupun salad buah. Untuk membuat salad, kamu tidak perlu mahir dalam hal memasak karena proses penyajiannya yang cukup mudah. Yang penting, kamu bisa menemukan resep saus atau dressing yang lezat.

Tantangan yang besar yang akan kamu hadapi jika menjalankan bisnis ini adalah menemukan pemasok bahan supplier. Orang-orang mengharapkan salad dengan kualitas sayur atau buah yang tinggi dan masih segar. Karena itu, supplier harus bisa menyajikan produk segar setiap harinya dengan konsisten.

Frozen Food 

Dibandingkan dengan beberapa bisnis lain di dalam daftar ini, frozen food membutuhkan modal yang sedikit lebih besar. Idealnya kamu memiliki ruang pendingin yang cukup untuk menyimpan stok frozen food yang akan dijual kepada konsumen. Akan tetapi, secara jangka panjang, keuntungan yang kamu dapat bisa berkembang dengan pesat.

Ada berbagai macam produk frozen food yang bisa kamu tawarkan, mulai dari nugget, kebab, hingga donat isi. Salah satu tantangan yang akan kamu jumpai ketika menjalankan usaha ini adalah menentukan harga yang pas. Jika harganya terlalu mahal, konsumen akan urung membeli produk yang kamu jual.

Coffee Jelly

Apabila kamu tinggal di dekat universitas atau kawasan perkantoran, atau setidaknya memiliki akses ke sana, kamu bisa membuka usaha coffee jelly. Jajanan ini merupakan cara baru untuk menikmati kopi. Sangat cocok untuk menjual ini di kalangan dewasa muda yang aktif bekerja karena coffee jelly merupakan cara minum kopi yang juga mengenyangkan.

Modal produksi yang kamu butuhkan tidak besar, baik untuk produk maupun kemasannya. Namun, kamu harus memikirkan cara untuk memastikan produk tetap dalam keadaan dingin ketika sampai di tangan konsumen. Cara paling mudah adalah menitipkan produk kamu ke kantin. Di sini, keterampilan networking kamu menjadi aset yang paling besar.

Tantangan Bisnis Jajanan Rumahan

Tadi kita sudah membahas beberapa tantangan yang spesifik untuk masing-masing ide jualan jajanan rumahan. Sekarang pastinya kamu menyadari bahwa setiap bisnis jajanan rumahan tidak mudah untuk dijalankan. Karena itu, kamu pasti melihat beberapa usaha yang gagal sementara yang lain berhasil.

Kalau kamu ingin menjadikan usaha ini sesuatu yang bersifat jangka panjang dengan prospek yang terus bertumbuh, kamu harus memiliki perencanaan finansial yang baik. Meskipun modal yang dibutuhkan untuk masing-masing usaha jajanan yang dijelaskan tidak besar, tentunya itu tidak berarti kamu tidak perlu menyiapkan modal sama sekali.

Modal yang kamu siapkan untuk usaha rumahan ini pun perlu dikelola dengan baik agar tidak terbuang dengan sia-sia. Untuk bisa jalankan usaha jajanan rumahan modal kecil dengan baik, kamu bisa mulai dengan membuat catatan yang rapi untuk setiap pengeluaran dan pemasukan. Selain itu, kamu bisa tentukan margin keuntungan yang sesuai dengan harga produk yang kamu jual. 

Jika kamu masih belum punya modal untuk memulai usaha, kamu bisa mulai mengatur keuanganmu sehari-hari dan menabung untuk bisa kumpulkan modal. Kamu bisa manfaatkan fitur Hijra Box dari Hijra Bank untuk bantu kamu capai impian dan tujuan finansialmu.

Hanya dengan satu kali mendaftar menjadi pengguna Hijra Bank, kamu bisa buat beberapa Hijra Box untuk alokasikan keuangan untuk tujuan-tujuan yang kamu impikan seperti modal usaha, tabungan umrah, atau biaya pendidikan. Yuk download sekarang untuk mulai menabung dan atur uangmu sesuai syariah lewat aplikasi Hijra Bank dengan klik tombol dibawah ini!

Artikel Terkait

Tags