bisnis travel

Peluang dan Tantangan Bisnis Travel di Indonesia

Athariq Faisal

2 May 2023

5 Min Read

Dewasa ini, berwisata atau traveling sudah menjadi gaya hidup sebagian besar orang. Setiap tahunnya, jutaan orang berlibur di berbagai lokasi di Indonesia baik wisatawan domestik maupun dari luar negeri. Hal ini membuat peluang bisnis travel di Indonesia semakin besar. 

Namun, seperti bisnis lainnya, bisnis travel juga memiliki tantangan. Bagi kamu yang tertarik terjun di ladang bisnis ini, yuk ketahui peluang dan tantangannya. 

Peluang Bisnis Travel di Indonesia 

Indonesia sudah lama terkenal akan keindahan alam dan pesona budayanya. Tak heran, banyak orang tertarik untuk mengunjungi berbagai tempat di nusantara.

Berdasarkan data dari Look back to move your business forward yang dirilis oleh Google pada tahun 2021, terlihat bahwa minat orang Indonesia terhadap sektor pariwisata ternyata cukup tinggi.  Hal inilah yang membuat bisnis travel di Indonesia memiliki peluang besar untuk berkembang dan sukses.

Selain melakukan liburan secara dadakan, cukup banyak orang yang ingin liburannya sudah terjadwal dan tidak perlu repot mengurus soal akomodasi dan transportasi. Bahkan banyak wisatawan yang ingin berlibur dalam kelompok kecil agar lebih privat

Karena itu, mereka memilih jasa tour and travel yang akan mengatur semua kebutuhan selama liburan. Mulai dari tiket alat transportasi yang akan digunakan, akomodasi, lokasi makan, hingga daftar lokasi wisata yang akan dikunjungi. 

Bisnis travel bisa meraup keuntungan besar saat masa liburan sekolah dan liburan akhir tahun. Melihat peluang ini, kamu wajib mempersiapkan promosi jauh-jauh hari agar bisa menggaet calon konsumen lebih awal. 

Tantangan Bisnis Travel di Indonesia

Meskipun menjanjikan keuntungan melimpah, bisnis travel di Indonesia juga menghadapi tantangan besar. Berikut beberapa tantangan yang kemungkinan akan kamu hadapi bila terjun ke bisnis travel and tour

  1. Sengitnya persaingan 

Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat orang bisa dengan mudah merintis bisnisnya termasuk bisnis travel

Tak dapat dihindari akan semakin banyak jasa travel online bermunculan, baik dalam bentuk perusahaan maupun agen perjalanan personal. 

Karena itu, kamu wajib menerapkan strategi bisnis travel yang tepat. Manfaatkanlah media sosial dan layanan iklan digital sebagai lahan promosi. 

Buatlah iklan yang menarik dan unik sehingga membuat calon konsumen menggunakan jasamu. Bila perlu, berikan potongan harga bila ada event pariwisata khusus. 

  1. Konsumen yang makin selektif

Tantangan berikutnya yang harus dihadapi para pebisnis adalah konsumen masa kini yang kian selektif. Karena semakin banyak informasi yang didapatkan,  banyak memiliki pilihan dan semakin hati-hati pula mereka dalam membuat pilihan. Bahkan, ada kemungkinan mereka dapat mengatur perjalanan sendiri. 

  1. Infrastruktur yang belum memadai

Pariwisata di Indonesia tak hanya di ada di Pulau Bali dan Jawa. Banyak daerah lainnya terutama di Indonesia Timur yang bisa dikunjungi. Namun sayangnya, di beberapa lokasi infrastruktur yang tersedia jauh dari kata layak. 

Misalnya belum ada bandara atau pelabuhan sehingga wisatawan harus menempuh perjalanan darat selama puluhan jam untuk sampai ke tempat wisata. 

Belum lagi akses jalan dan sinyal internet yang buruk. Karena itu, sebagai penggiat bisnis, kamu wajib mengikuti perkembangan pariwisata terkini, sehingga menawarkan paket liburan yang aman dan menyenangkan. 

  1. Keamanan dan bencana alam 

Tidak dapat dipungkiri ancaman keamanan terutama terorisme masih membayangi sejumlah wilayah di Indonesia. Hal inilah yang menjadi tantangan terbesar dalam bisnis travel. Jika calon konsumen tiba-tiba membatalkan perjalanan karena ada kejadian yang bisa mengancam nyawa, bisnismu pun bisa menderita kerugian. 

Selain itu, kejadian bencana alam di Indonesia yang frekuensinya kian meningkat belakangan ini. Meskipun bencana alam terjadi di luar kehendak manusia, hal ini tetap harus diantisipasi oleh seorang pelaku bisnis travel

Kamu harus mencari solusi yang tepat sehingga dapat meyakinkan wisatawan bahwa travel and tour milikmu sudah memiliki jaminan keamanan. 

  1. Kurang tanggap terhadap kemajuan teknologi digital

Dalam menjalankan bisnis travel, kamu harus cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital terkini. Jika tidak mengikuti tren yang ada, maka usahamu bisa tergilas kompetitor lain. 

Maksimalkan seluruh platform media sosial untuk melakukan promosi. Sediakan juga sistem pembayaran secara online yang beragam, mudah sekaligus aman. Hal ini akan memudahkan proses pembayaran jasamu terutama bila kamu memiliki pelanggan dari luar negeri.

Strategi Sukses Berbisnis Travel 

Meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi, kamu tak perlu takut untuk memulai bisnis travel. Dengan strategi yang tepat, kesuksesan pun bisa diraih. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu terapkan. 

  1. Pelajari seluk beluk dunia pariwisata

Sebelum merintis bisnis, setiap orang wajib memahami tentang bidang usaha yang akan dijalankan. Pariwisata tak hanya berhubungan dengan objek wisata, tetapi juga terkait pelayanan, akomodasi, transportasi, asuransi, bahkan pajak. Karena itu, kamu wajib mempelajari setiap hal yang berkaitan dengannya. Pengetahuan yang lebih luas dan dalam akan membuatmu lebih siap menghadapi tantangan. 

  1. Membuat rencana bisnis 

Strategi selanjutnya yang harus kamu jalankan adalah membuat rencana bisnis yang matang. Jabarkan semua biaya yang dibutuhkan serta sumber modal yang dapat diakses. 

Tak cukup sampai di situ, kamu juga harus menguraikan siapa target pasar yang akan disasar, layanan, serta strategi pemasaran yang akan digunakan. Lakukan analisis pasar bisnis travel untuk mengetahui jenis bisnis apa yang sebaiknya dikembangkan. 

  1. Tentukan spesialisasi bisnis

Sebelum menjalankan bisnis travel, kamu harus menentukan apa spesialisasi bisnis yang akan dilakukan. Misalnya, kamu hanya fokus untuk menyediakan paket perjalanan wisata alam atau wisata budaya. Pilih spesialisasi yang sesuai dengan audiens yang hendak dijangkau. 

  1. Masuk asosiasi pebisnis travel

Saat terjun dalam bisnis travel, kamu akan membutuhkan jejaring yang luas. Karena itu, sangat penting untuk banyak orang yang juga terlibat dalam bisnis ini. Kamu bisa bergabung dalam asosiasi bisnis agen perjalanan di Indonesia baik yang ada di taraf lokal maupun nasional.

Keseriusan pemerintah untuk membenahi infrastruktur di dalam negeri membuat peluang bisnis travel di Indonesia ke depannya semakin besar. 

Bagi kamu yang tertarik menekuni bisnis travel, sudah saatnya mempersiapkan modal sejak dini. Manfaatkan juga fitur Hijra for Business dari Hijra Bank untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran bisnismu. 

Untuk membuat akun Hijra for Business kamu cukup signup dan login di aplikasi Hijra Bank. Segera unduh aplikasi Hijra Bank di 

playstore hijra

atau 

appstore hijra

Artikel Terkait

Tags