legalitas usaha umkm

Legalitas Usaha UMKM: Ketahui 7 Keuntungannya!

Hijra

13 Jun 2023

5 Min Read

Dengan jumlah usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sangat besar di Indonesia, pengurusan legalitas usaha UMKM masih menjadi hal yang diangap tidak pentig bagi para pemilik bisnis kecil

Setiap pebisnis pastilah ingin bisnisnya semakin berkembang dan menghasilkan lebih banyak profit, salah satu caranya adalah dengan mengurus keabsahan hukum bisnis yang mereka miliki.Sayangnya, tidak semua orang bisa bersabar untuk melalui proses-proses kepengurusan legalitas UMKM.

Banyak yang tidak menyadari bahwa mengurus legalitas usaha UMKM dapat membawa manfaat yang signifikan bagi bisnis yang sedang kita rintis. Apa saja manfaat dari mengurus legalitas usaha? Simak lebih lanjut mengenai tujuh manfaatnya di artikel ini!  

Legalitas usaha UMKM: apa saja yang perlu diurus?

legalitas usaha umkm
Ilustrasi. Ada beberapa unsur legalitas yang harus diurus oleh pemilik UMKM (Pexels/Karolina Grabowska)

Dilansir dari Detik Finance, ada dua jenis legalitas usaha yang harus diurus oleh UMKM, yaitu

  • Izin administrasi operasional, yaitu bukti sah berdirinya sebuah usaha yang diakui negara. Hal ini meliputi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), NIB (Nomor Induk Berusaha), IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merek jika usaha tersebut memiliki merek.
  • Izin edar, yaitu izin yang harus dimiliki oleh produk yang dikonsumsi atau digunakan langsung oleh konsumen sebelum diedarkan kepada khalayak umum. Izin edar mencakup tiga jenis perizinan yaitu PIRT (Perizinan Industri Rumah Tangga) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Setempat, sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh BPJPH atas persetujuan dari LPPOM MUI, serta izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Selain legalitas dan perizinan yang lengkap, sebuah bisnis juga perlu memiliki pengaturan keuangan yang baik untuk membantunya berkembang. 

Pakai tabungan Hijra for Business untuk bantu kamu atur pemasukan serta pengeluaran bisnismu, dengan grafik yang bisa kamu pantau sesuai periode waktu tertentu. 

Yuk, pakai Hijra for Business dengan klik tombol di bawah ini! 

Apa saja manfaat mengurus legalitas usaha UMKM? 

legalitas usaha umkm
Ilustrasi. Mengurus legalitas UMKM memiliki banyak manfaat (Pexels/Porapak Apichodilok)

Bagi seorang pengusaha, berikut adalah tujuh alasan pentingnya legalitas usaha UMKM untuk perkembangan bisnis!

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

UMKM yang telah dilandasi oleh dasar legalitas yang lengkap akan memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada pelanggan. Dengan demikian, pentingnya legalitas usaha UMKM berkaitan dengan reputasi serta hubungan antara bisnis dan pelanggan. 

Dengan legalitas Hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan basis pelanggan. 

Akses ke lembaga keuangan

Salah satu kendala yang dihadapi oleh UMKM dalam menjalankan bisnisnya adalah kendala permodalan. Seringkali, bank maupun lembaga keuangan mensyaratkan adanya bukti legalitas hukum sebelum memberikan dukungan finansial. 

Oleh karena itu, pentingnya legalitas hukum bagi UMKM juga berpengaruh terhadap akses terhadap pembiayaan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis. 

Perlindungan hukum dari sengketa

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh UMKM adalah permasalahan terkait sengketa bisnis yang tak jarang menimbulkan kerugian finansial yang tidak kecil. Salah satu sengketa hukum yang sering terjadi adalah sengketa hukum terkait merek dan izin usaha.

Salah satu alasan mengapa legalitas bisnis sangat penting bagi UMKM adalah sebagai perlindungan agar tidak sampai merugi besar atau bahkan gulung tikar akibat sengketa dan permasalahan hukum. Dengan memiliki legalitas yang sah, bisnis tersebut dilindungi oleh hukum terkait kontrak, hak kekayaan intelektual, dan persaingan usaha yang adil. 

Terhindar dari resiko hukum yang serius

Dengan memiliki legalitas hukum yang lengkap memastikan bahwa UMKM mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku. Dengan legalitas UMKM yang jelas, sebuah bisnis dapat memperkecil risiko berurusan dengan hukum, seperti penertiban usaha ilegal atau pelarangan peredaran produk-produk tak berizin. 

Hal ini dapat melindungi sebuah bisnis dari konsekuensi hukum yang serius dan menjaga keberlangsungan serta kesempatannya untuk berkembang. 

Peluang Pasar yang Lebih Luas

UMKM yang memiliki dasar legalitas hukum yang lengkap memiliki peluang untuk memasarkan produknya dalam jangkauan yang lebih luas. Banyak calon konsumen atau klien yang hanya mau melakukan transaksi dengan bisnis yang memiliki perizinan yang jelas. 

UMKM yang memiliki legalitas dapat berpartisipasi dalam pengadaan barang atau jasa, tender, serta banyak kesempatan lain yang dapat membuka kesempatan bisnis tersebut untuk memperluas pasar. 

Kredibilitas kemitraan dan kolaborasi

UMKM yang memiliki legalitas hukum yang lengkap akan lebih dihargai oleh calon mitra bisnis karena legalitas hukum memberikan rasa kepercayaan dan kredibilitas kepada pihak luar. 

Dengan kredibilitas yang kuat, UMKM dapat membuka pintu untuk kemitraan strategis, peluang investasi, dan kolaborasi dengan perusahaan lain. Di dalam iklim bisnis yang serba kolaboratif, memiliki legalitas hukum yang jelas adalah langkah penting untuk membangun hubungan yang kokoh dengan mitra bisnis.

Pertumbuhan bisnis jangka panjang

Legalitas usaha UMKM memberikan dasar fondasi yang kuat bagi sebuah usaha yang kecil sekalipun untuk dapat berkembang dan meningkatkan skalanya dalam jangka panjang. Dengan keabsahan hukum yang jelas, UMKM dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk mengembangkan operasional, mendirikan cabang, atau bahkan mengekspor produk. 

Selain itu, legalitas usaha UKM dapat menjadi daya tarik bagi investor maupun SDA yang berkualitas yang akan memberikan kontribusi dalam pengembangan bisnis tersebut.    

Kesimpulan

legalitas usaha umkm
Ilustrasi. Selain legalitas, pengaturan keuangan juga menjadi kunci sukses bisnis UMKM (Pexels/Hitesh Choudary)

Legalitas usaha UMKM adalah hal penting yang perlu diperhatikan bagi setiap orang yang hendak memulai bisnis kecil. Dengan pengakuan serta keabsahan hukum, sebuah bisnis akan memiliki dasar yang kuat sebelum dapat berkembang melebarkan jangkauan serta meningkatkan skalanya bisnisnya. 

Selain keabsahan suatu bisnis secara hukum, salah satu hal penting dalam perkembangan sebuah bisnis adalah pengaturan keuangan yang cermat. Untuk memfasilitasi pengaturan keuangan bagi kamu yang sedang merintis bisnis, kamu bisa gunakan Hijra for Business. 

Hijra for Business memungkinkan kamu untuk memiliki rekening pribadi dan rekening bisnis dalam satu aplikasi. Selain itu, Hijra for Business menyediakan fitur untuk melacak pergerakan arus kas, dilengkapi dengan fitur grafik yang dapat membantu memantau pemasukan serta pengeluaran bisnismu dalam periode tertentu. 

Kamu bisa juga mengekspor laporan data keuangan bisnismu ke dalam format Excel agar dapat memudahkan kamu berbagi data keuanganmu kepada akuntan atau konsultan pajak.

Yuk, Pakai Yang Baik untuk kembangkan bisnismu dengan unduh aplikasi Hijra Bank! 

Artikel Terkait

Tags