cara usaha sukses tanpa modal

7 Cara Usaha Sukses Tanpa Modal

Hijra

1 Aug 2023

6 Min Read

Sukses berbisnis tanpa modal, emang bisa? Bagi banyak orang, pertanyaan ini mungkin muncul di kepala ketika mereka ingin mulai usaha tapi belum punya modal. Jawabannya, Insya Allah bisa, kok! 

Lewat blog ini, kami akan paparkan cara usaha sukses tanpa modal. Dengan ketekunan, kreatifitas, dan daya juang yang nggak gampang padam, Insya Allah kamu bisa kok jadi pengusaha sukses walau modal finansial. 

Siap memulai? Yuk baca terus! 

Cara usaha sukses tanpa modal: tujuh langkah mudah

Kamu penasaran bagaimana cara memulai usaha sukses tanpa modal? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh cara mem 

Cari ide bisnis yang tak butuh modal di awal

Cara bikin usaha sukses tanpa modal yang paling mendasar adalah menemukan bisnis yang cocok denganmu. Kamu juga harus aware apa yang dibutuhkan oleh calon pelangganmu. 

Kamu bisa mulai dengan riset pasar, persoalan (pain points) apa yang dimiliki oleh pelanggan dan apa yang bisa dilakukan bisnis kamu untuk memecahkan persoalan mereka. Ide bisnis kamu selain harus sesuai dengan minat dan keahlian yang kamu miliki juga harus bisa bertahan dan berkembang. 

Kamu jago fotografi dan lihat pengusaha UMKM di sekitarmu butuh foto produk? Kamu bisa menawarkan keahlian kamu buat jadi ladang bisnis, sekaligus bantu UMKM untuk berkembang. 

Kamu punya kemampuan menulis yang persuasif yang keren? Kamu bisa buka jasa penulisan copywriting dan content writing. 

Jangan sungkan untuk cari tahu dari lingkungan sekitarmu apa permasalahan yang mereka hadapi dan apa yang bisa bisnis kamu lakukan untuk membantu mereka. 

Butuh referensi bisnis yang bisa kamu jalankan dengan modal terbatas, kamu bisa cek artikel di bawah ini, ya!

Baca juga: 10 Contoh Usaha dengan Modal Kecil di Bidang Jasa yang Belum Banyak Pesaing

Tahan pengeluaran biar nggak banyak beban

cara usaha sukses tanpa modal
Ilustrasi. Di awal bisnismu, kamu harus pintar menghemat biaya agar tidak membebani keuanganmu. (Canva)

Kalau kamu belum punya modal finansial ketika kamu mulai menjalankan bisnis, kamu tentu harus pandai-pandai cari celah bagaimana bisnismu bisa berjalan tanpa harus menghabiskan banyak uang. 

Butuh perangkat lunak tapi nggak bisa bayar lisensi? Manfaatkan perangkat lunak open source atau opsi gratis lain yang tersedia secara resmi di internet. 

Butuh desain untuk produk atau materi promosi, tapi belum ada uang untuk membayar jasa desainer grafis? Cari template gratis di Canva, dan cari gambar-gambar di situs-situs foto stok gratis. 

Kunci dari cara bikin usaha yang sukses tanpa modal adalah disiplin untuk tidak sembarangan memakai uang yang sudah kamu hasilkan sehingga keuangan bisnismu yang baru dirintis tidak akan berantakan.   

Untuk bantu atur keuangan agar terkontrol, kamu bisa pakai Hijra for Business yang dilengkapi dengan fitur untuk melacak arus kas. Kamu bisa pantau pemasukan serta pengeluaran bisnis kamu dalam periode tertentu dan beri gambaran keadaan keuangan bisnismu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Hijra Box untuk buat kotak pos-pos keuangan khusus seperti pembayaran suplai bahan baku, biaya operasional, dan lain-lain. 

Yuk, pakai Hijra untuk bantu kembangkan bisnismu!  

Manfaatkan jejaring dan orang terdekat

cara usaha sukses tanpa modal
Ilustrasi. Jejaring orang-orang terdekatmu bisa menjadi salah satu kunci sukses bisnismu. (Canva).

Membangun jejaring relasi adalah bagian penting dari cara memulai usaha sukses tanpa modal karena jejaring sosial kita bisa menjadi aset berharga ketika kita sedang merintis bisnis.

Keluarga, teman, dan kolega di lingkungan kerja bisa menjadi sumber ilmu, dukungan, maupun inspirasi. Nggak perlu ragu untuk approach mereka dan jelaskan tentang bisnismu. Siapa tahu ada banyak wawasan yang bisa kamu dapatkan dari mereka.  

Jangan lupa untuk bangun koneksi dengan para profesional di bidang industri yang kamu geluti, termasuk orang-orang yang mungkin bisa jadi investor di masa mendatang. 

Ikuti acara-acara gratis daring dan luring di komunitas lokal di sekitarmu agar jejaring sosial untuk memperkenalkan bisnismu makin melebar, dan bisnismu akan berkesempatan untuk semakin bersinar. 

Tampil di media sosial

Di zaman digital seperti sekarang, membangun citra bisnis kamu di media sosial termasuk salah satu cara menjadi pengusaha sukses. Bagaimana tidak, netizen bisa menjadi pemasar handal jika bisnismu dikenal di media sosial. 

Jika kamu belum punya modal, nggak perlu risau dengan iklan atau ads berbayar. Kamu bisa meminta tolong orang-orang di lingkar terdekatmu untuk bantu mempromosikan bisnismu di media sosial agar eksposur bisnismu semakin besar.   

Buat konten-konten yang menarik perhatian agar bisnismu makin dikenal. Jangan ragu untuk riding the wave atau menunggangi isu-isu yang tengah menjadi tren. Tapi hati-hati, ya! Jangan asal membuat konten yang akan membuat kontroversi dan malah bikin nama bisnismu terpuruk. 

Jalani berbagai peran dengan tekun

Jika kamu ingin sukses membangun bisnis tanpa modal, kamu nggak bisa langsung merekrut banyak orang. Terburu-buru merekrut tanpa modal cukup bisa sangat beresiko bagi bisnis yang masih hijau. 

Oleh karena itu kamu harus siap melakukan semuanya bersama dengan tim kecil, atau bahkan seorang diri, mulai dari memasarkan bisnis, berhubungan dengan klien, melakukan pekerjaan bisnis utama, serta membuat invoice untuk ditagihkan kepada klien. 

Mungkin kamu akan kewalahan, tapi melakukan banyak hal di awal-awal bisnis didirikan bisa menjadi salah satu cara menjadi pengusaha sukses tanpa modal. Mengapa? Karena dengan melakukan banyak hal kamu akan belajar banyak hal mengenai seluk-beluk industri yang kamu geluti sambil tetap menghemat anggaran bisnismu karena tidak harus mempekerjakan banyak tenaga.  

Bangun loyalitas pelanggan

Ilustrasi. Loyalitas pelanggan perlu dibangun dan dipertahankan agar usaha bisa sukses. (Canva)

Pembeli adalah raja. Slogan ini benar dalam konteks bahwa pembeli atau klien memiliki peran penting dalam kesuksesan sebuah bisnis, sebesar apapun skalanya. Karena itu, memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dan klien harus menjadi tujuan utama dari sebuah bisnis. 

Bangun hubungan yang baik dengan pelanggan, pelajari kebutuhan mereka, dan ciptakan pengalaman yang mengesankan yang melebihi ekspektasi. 

Pengalaman pelanggan yang baik bisa jadi motivasi pelanggan untuk mempromosikan kita melalui word-of-mouth (promosi mulut ke mulut) atau referral yang akan berdampak pada pertumbuhan bisnis kita secara organik. 

Jangan berhenti tingkatkan kapasitas diri

Dari mulai membentuk visi dan tujuan bisnis, menyusun business plan, melakukan riset pasar, hingga mendengarkan feedback dari pelanggan, seorang entrepreneur harus mempersiapkan dirinya untuk selalu berkembang dan belajar.

Industri akan senantiasa berubah mengikuti perkembangan zaman. Jika kamu mau jadi pengusaha, jadilah pengusaha yang selalu agile dan mampu menyesuaikan diri serta terbuka terhadap feedback dari pelanggan maupun pasar. 

Jangan khawatir, dengan Hijra, kamu bisa meningkatkan kapasitasmu tanpa harus membayar. Kamu bisa bertanya pada ahli di bidang muamalah kontemporer serta karir dan kewirausahaan lewat fitur Tanya Ahlinya di Hijra Lifestyle.  

Nggak cuma itu, kamu juga bisa menonton video-video tentang kewirausahaan dari ARQAM Accelerator yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun lewat aplikasi Hijra Bank. 

Yuk, mulai langkah suksesmu dengan download aplikasi Hijra Bank sekarang!

Perjalanan panjang dimulai dari langkah pertama

Membangun bisnis tanpa kelimpahan modal finansial bisa menjadi hal yang menantang, tapi semoga cara usaha sukses tanpa modal yang kita paparkan di atas bisa berguna buat kamu, ya!

Ingat, perjalanan panjang dimulai dari langkah kecil, termasuk perjalanan memulai usaha sukses tanpa modal. Mulai dari mencari ide bisnis, menahan pengeluaran, memanfaatkan jejaring sosial baik daring maupun luring, mampu menjalani berbagai peran, membangun loyalitas pelanggan, hingga meningkatkan kapasitas diri. 

Walaupun modal terbatas, kemungkinan untuk menjadi wirausaha yang sukses sangat luas. 

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Tags