cara menabung 20 juta dalam 1 tahun

Inilah 7 Cara Menabung 20 Juta Dalam 1 Tahun, Dijamin Efektif!

Athariq Faisal

15 Feb 2023

4 Min Read

Menabung merupakan hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan finansial di masa depan. Menabung dapat membantu kamu menyediakan dana darurat, membayar biaya penting, atau mencapai tujuan keuangan seperti membeli rumah, kendaraan, dana pensiun, atau uang untuk pendidikan anak-anak di masa depan.

Secara teknis, mudah memulai menabung karena dapat dengan hanya membuka rekening tabungan di bank. Ini akan memungkinkan kamu untuk menyimpan uang dengan aman. Namun, untuk mencapai tujuan menabung sebesar 20 juta dalam 1 tahun, tentu dibutuhkan strategi, usaha yang disiplin, dan konsistensi.

Berikut ini adalah cara menabung 20 juta dalam 1 tahun yang dapat kamu lakukan. Semoga berhasil!

1. Tetapkan tujuan menabung yang jelas dan realistis

Sebelum melakukan sesuatu, pastikan kamu telah menetapkan tujuan yang jelas dan realistis. Disini kamu bisa membuat rencana yang detail mengenai berapa jumlah uang yang ingin kamu tabung dalam setiap bulannya. Dalam kasus ini, untuk mencapai 20 juta dalam setahun kamu harus bisa menabung rata-rata sebesar 1,7 juta rupiah perbulannya. Jika ini dilakukan konsisten, pastinya mudah bukan untuk mencapai tujuan 20 juta dalam setahun.

2. Catat pengeluaran kamu dengan rapi

Selanjutnya yang kita lakukan adalah mencatat setiap pengeluaranmu dengan rapi dan detail. Dengan melakukan ini, kamu akan mengetahui di mana saja uang dikeluarkan dan bisa mengambil tindakan pencegahan untuk menghemat pengeluaranmu. Mungkin memang terdengar sepele, namun dengan mencatat semua pengeluaran pastinya akan mempengaruhi tabungan kita.

3. Kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan 

Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu akan sangat membantu kamu menghemat uang. Ada beberapa cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. Misalnya, kamu bisa mengurangi makan di restoran, menunda pembelian barang yang tidak penting, atau mengganti kebiasaan yang menguras kantong. Mencari potongan harga pada saat belanja juga bisa menjadi cara kamu untuk lebih berhemat dalam pengeluaran.

4. Cari sumber pendapatan tambahan

Pendapatan tambahan adalah penghasilan yang diperoleh dari kegiatan yang dilakukan di luar pekerjaan utama. Mencari sumber pendapatan tambahan dapat membantu kamu menabung lebih banyak uang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sumber pendapatan tambahan.

  1. Kamu bisa menjual barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan.
  2. Bekerja freelance.
  3. Mencoba menjadi reseller apabila belum punya produk sendiri.
  4. Menjalankan bisnis sampingan dari hobi kamu.

5. Investasikan kembali uangmu

Investasi bisa dijadikan sumber pendapatan tambahan buat kamu. Kamu bisa memulai dengan investasi yang relatif kecil seperti menabung saham, reksadana, ataupun peer to peer lending. Contoh dari peer to peer lending syariah yang terpercaya dan diawasi OJK adalah ALAMI. Namun, untuk berinvestasi haruslah kita mengetahui resiko dari setiap platform investasi. Jadi sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu lebih dalam ilmu-ilmunya sebelum kita terjun langsung ke dunia investasi.

6. Disiplin dan konsisten adalah kunci dalam mencapai tujuan menabung

Disiplin dan konsisten dalam menabung merupakan hal yang penting dalam mencapai tujuan finansial. Kamu bisa buat rencana keuangan dan ikuti rencana tersebut dengan konsisten. Diatas tadi sudah kita sebutkan kalau dengan menabung 1,7 juta rupiah per bulan bisa membuat kita mencapai target 20 juta dalam 1 tahun. Jadi, pastikan kamu disiplin ya. Ingatlah bahwa mencapai tujuan menabung memerlukan konsistensi dan kedisiplinan yang tinggi. Apabila kamu konsisten, pastinya akan mudah mencapai target tersebut.

7. Tabung sebagian uang setiap mendapat pemasukan

Seperti yang dikatakan oleh salah satu orang terkaya di dunia Warren Buffett “Do not save what is left after spending, but spend what is left after saving.”. Dari kutipan tersebut kita disarankan untuk mengeluarkan uang kita setelah kita menyisihkannya untuk ditabung. Jadi, setelah menerima gaji, segeralah kamu menyisihkan sebagian untuk ditabung. Dengan melakukan ini, kamu akan terbiasa menabung dan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan kamu. 

Dengan menabung di Hijra Bank, kamu dapat memilah-milah prioritas keuangan menggunakan fitur Hijra Box 

Hijra Box merupakan fitur unggulan dari Hijra Bank yang dapat mempermudah kamu untuk memilah-milah prioritas keuanganmu. Dengan menabung di Hijra bank menggunakan fitur hijra box, kamu dapat memisahkan uangmu hingga ke 20 box yang berbeda. 

Kamu juga bisa menamai box tersebut sesuai dengan keinginan. Contohnya, box pertama dinamai “Menabung 20 juta Setahun”, jadi setiap gajian kamu tinggal memindahkan sekitar 1,7 juta rupiah ke dalam box pertama tersebut. Lalu box yang lain dapat juga dinamakan sesuai dengan prioritas prioritas keuanganmu lainnya seperti dana darurat, tabungan liburan, masa depan anak, dan seterusnya sesuai keinginanmu.

Jadi, dengan menggunakan fitur Hijra Box, pengalaman menabungmu akan terasa lebih mudah dan terstruktur. Yuk langsung unduh aplikasi Hijra Bank di

Artikel Terkait

Tags