cara memulai usaha dari nol

Ini 10+ Cara Memulai Usaha dari Nol, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

Hijra

14 Jun 2023

6 Min Read

Memulai usaha adalah sebuah hal yang menantang meskipun juga memiliki banyak potensi. Jika kamu termasuk orang yang menyukai kewirausahaan dan bersemangat untuk mengubah ide cemerlang menjadi bisnis yang menjanjikan, 12 cara memulai usaha dari nol ini dapat kamu ikuti untuk bantu kamu memulai perjalanan bisnismu. 

Ini dia cara memulai usaha dari nol yang wajib kamu tahu kalau kamu mau merintis bisnismu! 

12 tips cara memulai usaha baru dari nol

cara memulai usaha dari nol
Ilustrasi. Memulai usaha dari nol membutuhkan ketekunan dan resiliensi. (Ketut Subiyanto/Pexels)

Sebesar apapun suatu bisnis selalu bermula dari perusahaan yang dirintis dari nol yang digawangi oleh sebuah tim kecil. Contohnya, perusahaan sebesar Apple sekalipun bermula dari beberapa orang yang berkumpul di garasi rumah Steve Jobs di Los Altos, California.   

Buat bantu kamu jadi pengusaha sukses, yuk terapkan 12 memulai usaha dari nol hingga sukses di bawah ini! 

Temukan ide bisnis yang solid

Bagaimanakah cara memulai sebuah ide atau gagasan usaha? Dikutip dari buku The Visual MBA karya Jason Barron, salah satu kunci pentingnya adalah pahami masalah atau kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi, dan mereka rela menghabiskan waktu dan uang demi menyelesaikan masalah tersebut. 

Misalnya, jika kamu tinggal di perumahan di mana mayoritas penghuninya sibuk dan tidak memiliki waktu senggang untuk membersihkan rumah, kamu bisa merintis bisnis jasa bersih-bersih rumah (house cleaning) untuk membantu memecahkan masalah mereka.   

Selain itu kamu bisa juga mempertimbangkan minat dan hobi kamu sebagai sumber inspirasi bisnis. Contohnya, jika kamu suka jalan-jalan dan melakukan aktivitas luar ruangan, kamu bisa mulai menjalankan bisnis persewaan atau penjualan alat-alat mendaki gunung atau olahraga luar ruangan. 

Tentukan sumber pendanaan

Bagaimanakah cara memulai usaha dari nol tanpa modal? Untuk menemukan ide bisnis yang tidak memerlukan modal, kamu bisa menjual keterampilan yang sudah kamu punya seperti menerjemahkan, menjadi tutor, menulis copywriting dan konten untuk website, dll

Jika  kamu membutuhkan modal finansial, ada beberapa jalan yang bisa kamu ambil, antara lain pendanaan di bank syariah, tabungan pribadi, dukungan investor, atau melalui program pemerintah. 

Identifikasi sumber pendanaan yang cocok untuk bisnis yang sedang kamu rintis. Kamu bisa memulainya dengan membuat perkiraan kebutuhan anggaran yang realistis untuk mengukur kebutuhan pendanaan untuk bisnismu. 

Rancang rencana bisnis yang terperinci

Salah satu bagian penting dari cara memulai usaha dari nol hingga sukses adalah membuat rencana bisnis yang detail yang meliputi analisis pasar, strategi pemasaran, keuangan, dan rencana pengembangan bisnis.

Menentukan perencanaan berkaitan erat dengan tujuan serta misi bisnis yang hendak kamu jalankan. Perencanaan terperinci ibarat peta jalan untuk memberikanmu petunjuk bagaimana kamu bisa menentukan langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan bisnismu.

Lakukan riset pasar yang mendalam

Penelitian atau riset pasar membantu pengusaha menemukan calon-calon konsumen yang hendak mereka sasar sekaligus memetakan tren pasar untuk memperkuat dan mengembangkan ide bisnismu.

Selain melakukan riset demografi calon konsumen, termasuk mengetahui usia, jenis kelamin, latar belakang ekonomi, serta seberapa banyak yang mau mereka habiskan untuk membeli produkmu, kamu juga harus melakukan riset kompetitor untuk mengetahui seberapa banyak pangsa pasar yang dapat bisnismu raih.  

Lakukan perencanaan keuangan yang cermat 

Tanpa perencanaan keuangan yang baik, sebuah bisnis rawan mengalami kesulitan keuangan ketika memutuskan untuk mengambil langkah-langkah untuk berkembang. Lakukan evaluasi keuangan berkala untuk memastikan bahwa keputusan finansial yang diambil oleh perusahaan kita masih sejalan dengan tujuan serta visi dan misi bisnis kita.

Buat anggaran yang terperinci, termasuk pengeluaran awal, biaya operasional, dan proyeksi pendapatan. Penting untuk mengelola keuangan dengan hati-hati agar bisnismu tetap berjalan lancar.

Untuk mempermudah pengaturan keuangan bisnismu, manfaatkan tabungan bisnis dari Hijra.

Atur keuanganmu dengan fitur Hijra Box untuk membagi-bagi keuangan bisnismu menjadi pundi-pundi keuangan terpisah, dan pantau keuangan bisnismu dengan fitur grafik pemasukan dan pengeluaran dari Hijra for Business yang bisa kamu sesuaikan sesuai periode yang kamu inginkan.

Yuk, pakai yang baik bersama Hijra!

Buat nama produk atau bisnis yang menarik

Pilih nama produk yang mencerminkan identitas bisnis yang kamu jalankan serta produk yang kamu pasarkan. Buat nama yang unik dan menarik perhatian yang bisa kamu ambil inspirasinya dari nama kamu, akronim, atau dari bahasa asing. 

Buat branding yang menjadi ciri khas bisnismu

Branding atau merek bisa menjadi identitas dari bisnis yang kamu jalankan. Branding yang kuat dapat menarik perhatian calon konsumen sekaligus menjadi pembeda antara bisnis kamu dan kompetitor. 

Rancang logo, slogan, serta identitas visual yang menampilkan citra serta pesan yang ingin bisnismu sampaikan agar bisnismu lekat di benak pelanggan potensial yang kamu sasar. 

Jalankan pemasaran dan promosi

Buat strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target konsumen bisnismu. Sebagai permulaan, kamu bisa memberikan promo menarik untuk menarik hati konsumen seperti potongan harga atau promo beli satu gratis satu. 

Untuk memperluas jangkauan bisnismu, manfaatkan media sosial, situs web, iklan, dan media massa untuk memperkenalkan bisnismu ke pasar.

Urus legalitas dan perizinan

Legalitas suatu bisnis dapat memunculkan rasa aman serta kredibilitas kepada calon konsumen, mitra, maupun investor. Selain itu, bisnis yang memiliki kelengkapan hukum memiliki kesempatan untuk memasarkan produknya secara legal dengan pasar yang lebih luas. 

Dengan demikian, mengurus legalitas dan perizinan bisnis penting untuk memperbesar peluang bisnismu untuk meningkat skalanya dan berkembang pesat dalam jangka panjang.  

Bermitra dengan tim yang kompeten

cara memulai bisnis dari nol
Ilustrasi. Tim yang kompeten tidak bisa dipisahkan dari keberhasilan suatu bisnis (Fauxels/Pexels).

Tidak ada bisnis yang bisa dijalankan hanya oleh satu orang. Oleh karena itu, merekrut tim yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang relevan untuk mendukung operasional bisnis dapat menjadi kunci kesuksesan bisnismu. 

Selain keahlian dan pengalaman, pastikan bahwa tim yang kamu rekrut berkomitmen terhadap visi serta nilai-nilai yang mendasari bisnis kamu. 

Jaga konsistensi dan fokus

Tidak ada kesuksesan yang instan, termasuk dalam hal menjalankan bisnis. Bisnis yang besar tidak dibangun dalam waktu yang singkat dan dengan jalan yang selalu mulus tanpa rintangan. 

Sebagai pengusaha, kamu akan menghadapi banyak rintangan serta kondisi naik turun. Tetaplah berfokus kepada tujuan dan visi besar yang hendak kamu capai dengan tetap bersikap fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan apapun yang terjadi. 

Evaluasi performa bisnismu

Pantau kinerja bisnismu secara teratur dan evaluasi pencapaian terhadap tujuan bisnis yang telah kamu tetapkan. Dapatkan umpan balik dari pelanggan dan gunakan pengetahuan tersebut untuk meningkatkan produk atau layanan bisnismu.

Jangan lupa untuk tetap membuka mata lebar-lebar untuk mendapatkan wawasan dari luar. Hal ini dapat berupa apa yang dapat kita pelajari dari kompetitor, serta tren pasar yang ada saat ini. 

Kesimpulan

cara memulai usaha dari nol
Ilustrasi. Keberhasilan bisnis membutuhkan langkah-langkah yang cermat. (Eric Anada/Pexels).

Demikian dua belas cara memulai usaha dari nol hingga sukses. Memulai usaha dari nol membutuhkan kerja keras, dedikasi, dan ketekunan. Dengan mengikuti cara-cara memulai usaha dari nol  ini, kamu bisa membangun fondasi yang kuat untuk kesuksesan usahamu.

Ingatlah bahwa proses memulai usaha adalah perjalanan yang terus berkembang, dan selalu siap untuk belajar dan beradaptasi sepanjang jalan. 

Untuk membantu kelancaran serta perkembangan bisnismu, kamu bisa atur keuanganmu dengan tabungan bisnis dari Hijra. Atur keuanganmu dengan fitur Hijra Box untuk membagi-bagi keuangan bisnismu menjadi pundi-pundi keuangan terpisah seperti pembiayaan bahan baku, biaya operasional, biaya distribusi, dan lain-lain. 

Kamu juga bisa memantau keuangan bisnismu dengan fitur grafik pemasukan dan pengeluaran dari Hijra for Business yang bisa kamu sesuaikan sesuai periode yang kamu inginkan.

Tunggu apa lagi, yuk daftar Hijra Bank sekarang!

Artikel Terkait