usaha dengan modal kecil

9 Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Bisa Dicoba!

Athariq Faisal

19 Jan 2023

5 Min Read

Ada banyak pengusaha sukses yang memulai usaha dengan modal kecil. Almarhum Bob Sadino, misalnya. Sosok yang semasa hidup terkenal dengan gayanya yang nyentrik itu bahkan disebut-sebut memulai usahanya dengan modal nol rupiah. Maka kalau mau, kamu pun pasti juga bisa menjadi pengusaha!

Saat ini, ada banyak bisnis modal kecil yang bisa dijalankan, sehingga masalah modal mestinya sudah tidak perlu dipikirkan lagi. Tinggal kamu mau atau tidak untuk mencoba dan berusaha. 

Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Sumber foto: Envato

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang belum memiliki banyak pesaing, bisa kamu coba!

1. Bisnis Frozen Food

Di awal masa pandemi Covid-19 lalu, bisnis ini sempat menjamur. Namun, hal tersebut tak berlangsung lama. Kini, pelaku bisnis frozen food yang tetap bertahan tidak sebanyak dulu, sehingga membuka peluang buat kamu untuk memulai bisnis makanan beku ini.

Apalagi bisnis frozen food juga termasuk usaha dengan modal kecil. Kamu bisa membeli frozen food dalam jumlah besar supaya mendapat harga yang lebih murah. Selanjutnya, produk tersebut bisa disimpan dalam lemari pendingin atau freezer, untuk kemudian dijual kembali.

2. Katering Sehat

Bisnis modal kecil dan belum terlalu banyak saingan berikutnya ialah bisnis katering sehat. Hal ini sangat erat kaitannya dengan tren gaya hidup sehat yang belakangan ini terus meningkat.

Bagi orang-orang yang mulai menerapkan pola hidup sehat, mereka akan membutuhkan makanan sehat untuk konsumsi sehari-hari. Inilah peluang yang bisa kamu tangkap dengan menyediakan katering sehat. 

Bisnis ini merupakan usaha dengan modal kecil, karena bisa dijalankan dari rumah. Kamu bisa memperoleh bahan-bahan makanan sehat dengan berbelanja langsung di pasar agar mendapat harga yang lebih terjangkau. Di samping itu, bahan-bahan di pasar umumnya juga lebih segar.

3. Bisnis Minuman Kesehatan

Masih berhubungan dengan gaya hidup sehat, bisnis minuman kesehatan juga termasuk bisnis modal kecil yang belum banyak pesaing. Salah satunya adalah berjualan jamu. Dalam hal ini, kamu bisa menerapkan konsep modern, untuk membidik pasar anak muda yang umumnya belum terlalu tertarik pada jamu.

Misalnya dengan memanfaatkan promosi di media sosial, membuat kemasan menarik, menambah varian rasa yang unik, dan sebagainya. Hal ini akan membuat jamu sebagai salah satu produk usaha dengan modal kecil menjadi naik kelas. Bisnis minuman kesehatanmu pun akan kian mengganas.

4. Bisnis Makanan Ringan

Jika dilihat sekilas, bisnis makanan ringan atau snack tampak sudah ketat persaingannya. Namun, salah satu bisnis modal kecil ini juga memiliki cukup banyak peminat. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semua menyukai snack, sehingga bisnis ini tetap layak untuk dicoba.

Apalagi jika kamu bisa sedikit kreatif, dengan menciptakan snack-snack unik atau sekadar menambah varian rasa, dijamin produkmu dapat memimpin persaingan. Hal ini karena produk snack yang kamu jual sudah memiliki diferensiasi berkat sentuhan kreativitas yang kamu berikan.

5. Bisnis Daur Ulang Kreatif

Bicara soal kreativitas, kemampuan ini penting dimiliki oleh pebisnis. Melalui kreativitas, berbagai usaha dengan modal kecil pasti bisa berkembang. Bisnis daur ulang kreatif adalah salah satu contohnya.

Bisnis modal kecil ini cukup dijalankan dengan modal barang-barang bekas. Selanjutnya, dengan kreativitas, kamu bisa menyulapnya menjadi produk layak pakai yang bernilai. Inilah pentingnya kreativitas, bisa mengubah sampah menjadi rupiah. Bisnis ini juga belum terlalu banyak pesaing, sehingga sangat layak untuk dikembangkan.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing juga termasuk kategori bisnis modal kecil yang bisa kamu coba untuk menambah pundi-pundi rupiah. Untuk menjalankannya, kamu cukup punya smartphone dan data internet saja.

Secara umum, affiliate marketing merupakan sistem usaha dengan modal kecil yang dijalankan dengan membantu pemasaran produk perusahaan/merchant. Sederhananya, kamu cukup menawarkan suatu produk dengan mempromosikan link penjualannya. 

Lalu, ketika ada orang yang melakukan pembelian melalui link afiliasimu, kamu akan mendapat komisi. Gimana, sangat mudah, bukan?

7. Bisnis Jasa Online

Bisnis jasa online ialah bisnis yang dilakukan dengan menjual jasa di internet. Bisnis ini termasuk usaha dengan modal kecil, bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Kuncinya ialah, kamu punya jasa yang bisa dijual secara online, seperti kemampuan desain, menulis konten, penerjemah, konsultasi, dan sebagainya.

Coba gali kembali skill apa yang kamu miliki, dan kira-kira bisa ditawarkan kepada orang lain secara online. Jika memang tidak punya, jangan menyerah, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Kamu bisa mempelajari skill tertentu mulai sekarang.

8. Bisnis Jastip

Bisnis modal kecil lain yang belum terlalu banyak pesaingnya adalah jastip alias jasa titip. Bisnis ini bisa dijalankan dengan memanfaatkan peluang dari orang-orang yang butuh suatu produk, tetapi tidak bisa membelinya secara langsung. Misalnya produk dari luar kota/luar negeri.

Nah, bisnis jastip ini biasanya dijalankan dengan sistem pre-order. Kamu bisa membuat promosi terlebih dahulu, dan jika sudah banyak yang memesan, kamu baru melakukan pembelian produk yang dibutuhkan.

Usaha dengan modal kecil ini bisa memberikan keuntungan dari jasa yang kamu berikan. Kamu bisa menjual produk titipan tersebut dengan harga lebih tinggi dibanding harga beli, dengan mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, upah jasa pembelian, biaya ongkir (jika kamu beli online), maupun biaya perjalanan (jika kamu beli langsung).

9. Sewa Mainan Anak

Peluang bisnis satu ini juga masih terbuka lebar, sebab belum banyak pemainnya. Di samping itu, bisnis modal kecil ini pasti memiliki banyak peminat, mengingat kini anak-anak cenderung cepat bosan dengan mainannya.

Menjalankan bisnis persewaan mainan anak bisa memberikan solusi bagi para orang tua agar tak perlu membelikan mainan pada anak-anak mereka. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu tren mainan yang sedang populer di kalangan anak-anak. Dengan begitu, usaha persewaan mainanmu akan terus laku.

Itulah sembilan peluang usaha dengan modal kecil, yang  sekaligus belum memiliki banyak pesaing, yang bisa kamu jalankan. Walau hanya dengan bermodal kecil, bisnis-bisnis tersebut tetap bisa memberikan keuntungan yang besar jika dilakukan secara maksimal.

Maksimalkan hasil dari usaha atau bisnismu dengan pengaturan keuangan yang lebih baik. Atur dan pisahkan uangmu untuk keperluan bisnis dan keperluan pribadi dengan fitur Hijra Box dari Hijra Bank mobile. 

Dengan fitur Hijra Box di aplikasi mobile Hijra Bank, kamu bisa membuat custom box  yang berguna untuk memisahkan tabungan keuanganmu. 

Nah, kalau kamu perlu tambahan modal untuk memaksimalkan usaha, ada Hijra Bank yang bisa membantu. Aplikasi mobile banking syariah ini punya fitur Hijra Box yang memungkinkan kamu buat mengatur keuangan sesuai kebutuhan.

Begitu pun jika bisnis modal kecil atau usahamu sudah berjalan, kamu bisa membuat financial planning dengan memanfaatkan Hijra Box. Simpan uangmu pada Box yang berbeda-beda, sesuai prioritas dan tujuan penggunaan. Ayo gunakan Hijra Bank dengan mengunduhnya secara gratis melalui Play Store maupun App Store!

Unduh aplikasi Hijra Bank yang sudah tersedia di 

Artikel Terkait

Tags