cara kirim uang ke luar negeri

6 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri, Praktis dan Tanpa Ribet

Athariq Faisal

20 Feb 2023

5 Min Read

Jika dilihat dari perspektif manajemen finansial, aktivitas transaksi di lingkup internasional membutuhkan perencanaan yang matang dan tepat. Cara kirim uang ke luar negeri dapat dilakukan baik itu untuk kebutuhan personal maupun badan usaha. 

Tujuan kebutuhan transfer juga sangat bervariasi. Menilik dari banyaknya kebutuhan tadi, kamu bisa memilih ragam cara kirim uang ke luar negeri yang sesuai kebutuhan.  

Cara Kirim Uang ke Luar Negeri

Sumber : Envato

Tersedia banyak cara untuk transfer uang ke luar negeri yang ditawarkan oleh penyedia jasa finansial. Setiap jenisnya punya ciri khas dan karakter masing-masing. Berikut beberapa di antaranya yang bisa menjadi opsi atau pertimbangan kamu:

1. Sendwave

Cara pertama yaitu melalui Sendwave. Dipercaya oleh lebih dari 800 ribu pengguna, Sendwave dioperasikan oleh Chime Inc. dan berwenang untuk mengirimkan uang di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Uni Eropa. Layanan ini menawarkan pengiriman uang dengan cepat ke semua bank besar tanpa proses yang rumit dan pastinya lebih praktis. 

Cara mendaftar Sendwave juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menghubungkan kartu debit, melakukan verifikasi pada identitas yang sudah kamu berikan, dan kamu langsung bisa mengirim uang ke luar negeri atau sebaliknya. Simpel dan sangat praktis, bukan? 

2. PayPal

Cara kirim uang ke negara lain menggunakan PayPal sebenarnya sudah tidak asing lagi. PayPal sendiri adalah rekening virtual yang bisa kamu pakai untuk mengirimkan dana kepada sesama pengguna di seluruh penjuru dunia. Biayanya terbilang terjangkau, bahkan gratis untuk nominal transfer tertentu. 

Sebelum mulai mengirimkan uang, kamu terlebih dahulu harus membuat akun PayPal, baik itu melalui aplikasi atau langsung pada halaman website mereka. Lalu, ikuti langkah mudahnya berikut ini.

  • Masuk ke rekening akun PayPal milikmu. 
  • Lalu, pilih menu Kirim Uang yang ada pada bagian atas halaman.
  • Masukkan nama pihak penerima uang dan jumlah uang yang ingin kamu kirimkan. Setelah itu, pilih menu Lanjut. 
  • Periksa kembali semua data yang sudah kamu isikan. Jika sudah benar, kamu bisa melanjutkan dengan klik menu Kirim Uang.

Supaya bisa mengirim uang, kamu wajib mempunyai saldo PayPal. Kamu dapat melakukan isi saldo dengan memanfaatkan jasa pengisian di internet. Namun, cermat dan teliti dalam memilih jasa tersebut sehingga kamu terhindar dari penipuan. 

3. Transfer ke Bank

Kirim uang ke luar negeri dari Indonesia juga bisa melalui transfer antarbank. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi teller di kantor cabang bank yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal. Petugas akan meminta informasi seputar identitas diri pengirim dan penerima, berikut data bank yang mengeluarkan akun rekening tujuan. 

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya, sebagai pengirim, kamu harus tahu berapa kode SWIFT dari bank penerima. Sebab, tanpa adanya kode SWIFT, transfer tidak akan bisa terproses. Namun, pengiriman uang ke luar negeri dengan transfer bank memerlukan waktu yang lebih lama, bahkan hingga beberapa hari. Ini karena bank milik pengirim perlu melewati serangkaian tahapan sebelum akhirnya uang bisa masuk pada rekening tujuan.

4. Moneygram

Kamu bisa memanfaatkan layanan Moneygram untuk melakukan transfer uang ke negara lain. Cukup kunjungi gerai yang memiliki logo Moneygram paling dekat dengan lokasi kamu, lalu serahkan semua dokumen dan persyaratan yang diperlukan pada petugas untuk membantu kamu mentransfer dana. 

Ketika mengirim uang menggunakan Moneygram, pihak penerima akan mendapatkan informasi untuk segera melakukan pengambilan uang setelah masuk dalam rekening. Perhitungan untuk biaya jasa pengiriman uang dari Moneygram berdasarkan berapa banyaknya uang yang kamu kirimkan dan tujuan negara pihak penerima. 

5. Western Union

Western Union juga menjadi pilihan kirim uang ke luar negeri yang praktis dan mudah. Metode ini sudah digunakan untuk mengirim uang ke negara lain selama bertahun-tahun dan membantu para penggunanya untuk bertransaksi lebih mudah, baik transaksi dalam lingkup lokal maupun internasional.

Supaya bisa mengirimkan uang dari maupun ke Amerika Serikat melalui Western Union, kamu cukup mengunjungi kantor cabang layanan yang paling dekat dengan kota tempat tinggal. Jangan lupa, bawa uang tunai, identitas diri kamu sebagai pengirim dan identitas pihak yang menjadi penerima. Lalu, ikuti langkahnya berikut ini. 

  • Siapkan kartu identitas, paspor, dan uang yang ingin kamu kirimkan. 
  • Lalu, sampaikan pada petugas kalau kamu ingin mengirim uang ke suatu negara, misalnya Amerika Serikat. 
  • Selanjutnya, petugas akan memberikan formulir pengiriman uang. Isi formulir dengan lengkap dan benar, tanyakan pada petugas jika kamu mengalami kesulitan. 
  • Berikan tanda tangan dan serahkan kembali formulir pada petugas, berikut uang yang hendak kamu kirimkan. 

Setelah itu, petugas nantinya akan memberikan bukti tanda pengiriman yang isinya adalah kode Money Transfer Control Number atau MTCN guna membantu melacak uang yang kamu kirimkan. Jika sudah sampai pada penerima, segera beritahukan kode tadi pada penerima sehingga bisa menerima kiriman uang. Pastikan uang bisa ditarik melalui kantor Western Union negara tujuan. 

6. Wise

Cara kirim uang ke tujuan luar negeri terakhir adalah melalui Wise yang menawarkan tarif pengiriman uang secara cuma cuma-cuma alias gratis, seperti dituliskan pada situs lokerstreet.com. Namun, manfaat ini bisa kamu dapatkan hanya jika melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan nominal tidak lebih dari Rp5 juta rupiah. 

Jadi, kalau kamu transfer dengan nominal lebih besar, tentu akan dibebankan biaya transfer. Meski begitu, biaya transfernya juga terbilang rendah daripada biaya layanan bank, sehingga masih layak untuk kamu pertimbangkan. Hingga sekarang, Wise telah mendukung layanan transfer sampai lebih dari 80 negara dengan 54 mata uang berbeda. Kamu hanya perlu akses situs wise.com dan lakukan registrasi untuk bisa kirim uang. 

Itu tadi beberapa cara mudah kirim uang ke luar negeri yang bisa kamu pilih. Membahas terkait transfer antar bank, semua orang menginginkan cara transfer yang nyaman dan aman. Sehingga uang yang kita kirimkan sampai ke tempat tujuan. 

Selain itu banyak orang yang masih mengeluhkan biaya transfer khususnya untuk transfer beda bank. Nah, kini ada platform perbankan digital syariah yang memberikan kebaikan untuk semua orang. Platform digital bank syariah dari Hijra Bank memberikan kebebasan setiap nasabahnya untuk transfer ke semua bank tanpa biaya.

Hijra Bank memberikan nasabahnya gratis tranfer setiap hari sebanyak 28 kali transfer. Ayo gunakan aplikasi Hijra Bank untuk tranfer gratis ke semua bank. Unduh aplikasinya di

Artikel Terkait

Tags