bisnis-modal-kecil

7 Bisnis Modal Kecil untuk Pemula, Bisa Tambah Penghasilan

Athariq Faisal

14 Feb 2023

5 Min Read

Memulai bisnis tidak melulu harus menunggu modal besar dan konsep yang ribet. Kamu bisa mengembangkan bisnis modal kecil berkonsep sederhana dengan omzet yang cukup untuk dijadikan penghasilan tambahan, kok. Hanya berbekal hobi, keahlian, kreativitas, bahkan barang-barang bekas, kamu bisa menciptakan peluang bisnis baru.

Beberapa inspirasi bisnis di bawah ini bahkan bisa dijalankan dari rumah, loh. Dari thrifting hingga toko online, yuk simak rekomendasi usaha dengan modal kecil berikut ini!

Thrift Shop

Mengutip Katadata, thrifting merupakan kegiatan jual beli produk/barang bekas dalam rangka penggunaan uang yang lebih efisien atau secara sederhana disebut penghematan.

Bisnis thrift shop belakangan ini cukup populer. Meski barang-barang yang dijual merupakan second hand alias bekas, peminatnya ternyata cukup banyak. Produk thrifting kebanyakan merupakan produk sisa impor yang reject alias tidak masuk toko atau barang bekas bermerek dengan kualitas impor yang baik. 

Barang-barang thrift shop, mulai dari baju, sepatu, jam tangan, tas, hingga perlengkapan rumah tangga bisa kamu beli dari supplier lokal maupun importir. Sebagai salah satu jenis usaha dengan modal kecil, thrift shop membutuhkan modal relatif terjangkau dengan harga jual kembali yang tinggi.

Reseller Frozen Food

Praktis adalah alasan utama makanan beku punya banyak peminat. Peluang bisnis ini kian tinggi karena sudah banyak produsen frozen food yang tidak lagi menambahkan  penguat rasa atau pengawet sebagai salah satu ingredien. Jadi, makanan beku bisa dijadikan menu bekal sekolah, bekal kerja, juga camilan sehat yang praktis.

Kamu bisa memodifikasi resep, menciptakan makanan baru, atau memilih kemasan yang menarik. Jangan khawatir bila tidak pandai memasak; kamu juga bisa menjadi reseller frozen food. Caranya, cari usaha yang membuka kesempatan reseller, kamu tinggal menjual kembali produk mereka.

Suvenir Pernikahan

Berbekal keahlian dan kreativitas, kamu bisa menciptakan peluang bisnis modal kecil yang cukup menjanjikan. Banyak sekali barang handmade yang punya daya jual tinggi dan kerap dipilih sebagai suvenir pernikahan, mulai dari gantungan kunci, kerajinan flanel, boneka, sabun homemade, cookies, hingga lilin aroma dengan wangi unik.

Sebagai inspirasi, belilah suvenir yang sudah jadi. Lalu, modifikasi sesuai permintaan pelanggan. Kamu juga bisa mengikuti tutorial dari bermacam-macam buku juga video di internet. Jangan lupa, buat nama brand yang unik dan mudah diingat, serta pasarkan bisnis kamu di media sosial.

Kerajinan Hasil Daur Ulang

Punya banyak barang bekas tidak terpakai yang menumpuk? Kreasikan saja menjadi produk seni. Barang-barang seperti kaleng, kardus, kayu, kain, kertas koran, plastik, sedotan, hingga styrofoam bekas bisa diolah menjadi produk siap pakai yang punya nilai jual tinggi, loh. Beberapa contoh kerajinan hasil daur ulang adalah:

  • Kotak tisu ramah lingkungan dari kardus bekas.
  • Pot tanaman dari galon atau botol bekas air mineral.
  • Tempat sendok atau pensil dari kaleng bekas.
  • Ayunan, kursi, dan furnitur dari ban bekas.
  • Tas, taplak meja, dan hiasan dinding dari kain perca.
  • Karpet piknik dari bungkus plastik bekas.
  • Bunga cantik dari koran bekas.
  • Dan lain sebagainya.

Kue dan Jajanan Pasar

Usaha kue rumahan atau toko kue termasuk salah satu bisnis modal kecil yang bisa diandalkan sebagai penambah penghasilan. Kue kering seperti kastengel dan nastar memiliki peminat yang cukup banyak, bahkan selalu ramai dicari saat mendekati momen tertentu, terutama Lebaran. Kue bolu, bento cake, dan lainnya juga dapat ditambahkan sebagai variasi menu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kue basah atau jajanan pasar seperti kue cucur, kue pancong, pukis, surabi, donat kentang, klepon, dan lain sebagainya. Berbagai macam jajanan pasar tersebut dapat dikemas cantik sebagai hampers maupun hidangan acara seperti kumpul keluarga, arisan, hingga rapat dan seminar.

Aneka Gorengan

Siapa sangka menjual aneka gorengan bisa jadi ide usaha dengan modal kecil yang berpotensi mendatangkan omzet tinggi? Mulailah melirik produk gorengan tradisional seperti tempe mendoan, tahu goreng, pisang molen, dan bakwan sayur, hingga gorengan kekinian seperti hotang, pisang nugget, risoles mayo, kue balok lumer, dan cireng.

Salah satu keunggulannya adalah kamu bahkan bisa menjual aneka gorengan ini melalui lapak kecil di depan teras, gerobak ala kaki lima, menitipkan ke beberapa warung dan rumah makan, atau melalui aplikasi pesan-antar makanan online.

Online Shop

Banyak orang setuju bahwa membuka toko online itu merupakan ide bisnis modal kecil yang terbilang mudah. Mengutip Midtrans, beberapa kelebihan online shop adalah toko kamu bisa terus buka selama 24 jam dan akan lebih banyak pelanggan potensial yang dapat dijangkau. Selain itu, juga tidak ada batasan soal berapa banyak jenis dan jumlah barang yang kamu jual ataupun rentang harganya. Asalkan rajin melakukan update stok dan mencantumkan nomor kontak yang aktif, bisnis toko online kamu bisa terus eksis.

Bila tidak ada bujet lebih untuk membuat website toko online, kamu bisa memanfaatkan media gratis, yakni aplikasi e-commerce dan media sosial. Bila menggunakan media sosial, pastikan untuk membuat akun khusus bisnis dengan brand kamu sendiri.

Bisnis Lancar dengan Pengelolaan Keuangan yang Tepat

Itulah beberapa rekomendasi bisnis modal kecil yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai terjun ke dunia bisnis. Jangan lupa, demi kelancaran bisnis dan perputaran modal yang sehat, pastikan kamu mengelola keuangan dengan tepat. Beberapa tipsnya adalah:

  • Memisahkan keuangan pribadi dan hasil usaha.
  • Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran.
  • Membuat alokasi dana; berapa banyak yang akan diputar kembali, yang ingin ditabung, dan akan disedekahkan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi perbankan. Namun, agar transaksi tidak mengandung unsur riba, gharar, maysir, dan hal-hal lain yang dilarang oleh Islam, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan prinsip syariat, ya.

Di Hijra Bank, ada dua fitur utama yang bisa dinikmati, yakni perbankan dan islami. Dalam fitur perbankan Hijra Bank, kamu bisa mengelola keuangan dengan fitur Hijra Box. Sementara melalui fitur islami, kamu bisa mendapatkan ilmu baru melalui fitur Acara Hijra dan Tanya Ahlinya.Menariknya lagi, kamu dapat turut menyalurkan sedekah saat melakukan registrasi akun! Yuk, daftar Hijra Bank sekarang di App Store atau Google Play dengan klik tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Tags