rezeki berkah

7 Doa untuk Meminta Rezeki Berkah dan Berlimpah, yuk, Amalkan!

Athariq Faisal

4 Jan 2023

5 Min Read

Kita semua tentu menginginkan rezeki berkah dan lancar. Selain harus bekerja keras, doa dan ikhtiar kepada Allah SWT juga memiliki peran dan pengaruh terhadap kelancaran rezeki kita.

Walau rezeki setiap orang memang sudah diatur sedemikian rupa oleh Sang Pencipta, tak ada salahnya untuk meminta dan menunjukkan kesungguhan dalam menjemput rezeki.

Sebagai Muslim, kamu tak bisa asal meminta dan berharap. 

Dalam kesempatan kali ini, yuk, mulai pahami apa itu yang dimaksud rezeki penuh berkah yang perlu dicari, dan doa-doa apa saja yang tepat untuk mendekatkan hal tersebut bersamaan dengan usaha meraihnya.

Seperti Apakah Rezeki yang Berkah?

Sebelum meminta rezeki kepada Allah SWT, cobalah kita tanyakan dan renungi terlebih dahulu apa itu rezeki berkah? Apakah ada ciri-ciri tertentu?

Ternyata, menurut Darut Tauhid, rezeki berkah adalah rezeki yang dapat memberi manfaat serta kebaikan bagi pemiliknya maupun orang lain.

Jadi, rezeki yang berkah bukan hanya semata-mata rezeki yang didapatkan dengan cara yang halal.

Akan tetapi, apa yang kamu lakukan dengan rezeki atau harta tersebut juga sangat berpengaruh dalam membuatnya berkah atau tidak.

Disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR Bukhari, harta yang akan memberkahi seseorang adalah yang digunakan untuk kedermawanan.

يَا حَكِيمُ إِنَّ هَذَا الْمَالَ خَضِرَةٌ حُلْوَةٌ ، فَمَنْ أَخَذَهُ بِسَخَاوَةِ نَفْسٍ بُورِكَ لَهُ فِيهِ ، وَمَنْ أَخَذَهُ بِإِشْرَافِ نَفْسٍ لَمْ يُبَارَكْ لَهُ فِيهِ كَالَّذِى يَأْكُلُ وَلاَ يَشْبَعُ ، الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى

Artinya:

“Wahai Hakim, sesungguhnya harta itu hijau lagi manis. Barangsiapa yang mencarinya untuk kedermawanan dirinya (tidak tamak dan tidak mengemis), maka harta itu akan memberkahinya. Namun barangsiapa yang mencarinya untuk keserakahan, maka harta itu tidak akan memberkahinya, seperti orang yang makan namun tidak kenyang. Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah.” (HR Bukhari)

Doa-Doa agar Rezeki Berkah dan Melimpah

Dalam Alquran dan hadis, ada doa-doa yang boleh kita gunakan untuk meminta rezeki berkah.

Sebagai tips, kamu bisa mencoba memanjatkan doa-doa ini di waktu-waktu mustajab.

Menurut Muslim.or.id, beberapa waktu mustajab untuk berdoa yakni:

  • waktu sahur
  • sepertiga malam terakhir
  • waktu dhuha
  • saat berbuka puasa
  • waktu adzan berkumandang
  • antara adzan dan iqamah
  • sujud dalam salat
  • hari Jumat
  • saat turun hujan
  • malam lailatul qadr
  • hari arafah
  • ketika minum air zam-zam

1. Doa dhuha

Seperti yang telah disebutkan di atas, waktu dhuha adalah salah satu waktu paling mustajab untuk berdoa.

Mengutip Muslim.sg, waktu dhuha mulai setelah matahari terbit secara sempurna hingga waktu adzan dzuhur berkumandang.

Kamu bisa melakukan salat dhuha paling tidak 2 rakaat dan membaca doa ini setelahnya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang)” (HR. Bukhari)

Aisyah raḍyAllāhu 'anha (may Allāh be pleased with her) berkata bahwa Rasulullah ﷺ membaca bacaan tersebut selesai salat hingga seratus kali.

2. Doa di pagi hari

Sebelum memulai aktivitas, inilah doa yang bisa kamu panjatkan untuk meminta rezeki berkah:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya:

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah)

3. Surat Al-Maidah ayat 114

قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ ٱللَّهُمَّ رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Artinya:

Isa putra Maryam berdoa: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama”.

4. Surat Sad ayat 35

قَالَرَبِّاغْفِرْلِيوَهَبْلِيمُلْكًالَايَنْبَغِيلِأَحَدٍمِنْبَعْدِي ۖإِنَّكَأَنْتَالْوَهَّابُ

Artinya:

Dia berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

5. Doa agar dicukupkan rezeki yang halal

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Artinya:

“Ya Allah, cukupkanlah aku dengan barang yang halal hingga aku tidak butuh kepada yang haram dan cukupkanlah aku dengan keutamaan-Mu hingga aku tidak butuh kepada selain-Mu.” (HR. Turmudzi)

6. Doa meminta hidayah dan kekayaan

Doa ini adalah do’a yang dibaca Rasulullah SAW agar tak hanya mendapat rezeki berkah, tetapi juga petunjuk dan ketakwaan untuk memaknainya dengan sebaik mungkin.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى، وَالتُّقَى، وَالْعَفَافَ، وَالْغِنَى

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, keterjagaan, dan kekayaan.”

7. Doa kebaikan rezeki di dunia dan akhirat

Rezeki berkah bukan hanya untuk keperluan dunia ini, tetapi juga di akhirat.

Selain itu, rezeki bukan hanya berbentuk uang, tetapi juga iman, keselamatan, ampunan dari Allah, serta kemampuan untuk berbuat kebaikan.

Oleh karena itu, penting untuk memohon kepada Allah akan hal-hal tersebut.

Doa yang bisa kamu gunakan adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالْفَوْزَ بالْجَنَّةِ، وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ

Artinya:

“Ya Allah aku mohon kepadaMu segala hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan keteguhan ampunan-Mu selamat dari segala dosa dan beruntung dengan mendapat berbagai kebaikan, beruntung memperoleh surga, terhindar dari siksa neraka.”

Salah satu cara yang sangat mudah untuk memulai kebaikan adalah lewat Hijra Bank.

Kalau kamu belum punya aplikasinya dan belum registrasi, ada kesempatan bagimu untuk berbuat kebaikan cukup dari genggaman, yaitu dengan menyalurkan dana sedekah dari Hijra ke program sosial yang membutuhkan.

Kamu hanya perlu download aplikasi Hijra Bank dengan klik tombol di bawah ini, lalu selesaikan proses registrasi hingga akhir.

Setelah itu, kamu akan mendapat panduan untuk menyalurkan dana sedekahnya dengan satu klik.

Mudah sekali, kan? Yuk, mulai kebaikan hari ini!

Artikel Terkait

Tags