cara memilih asuransi kesehatan

Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan bagi Pengantin Baru

Adhi Muhammad Daryono

17 Jan 2023

5 Min Read

Sebagian besar pengantin baru membutuhkan informasi mengenai cara memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk keluarga kecilnya. Mengingat keluarga adalah harta berharga, tentu kamu akan mengupayakan beragam cara untuk melindunginya. 

Salah satunya adalah dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan dibutuhkan untuk menghindari risiko tidak terduga di masa depan. Ketika hal ini terjadi, kamu sudah siap secara finansial dan tidak perlu repot mencari dana untuk pengobatan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Pengantin Baru 

Sumber Foto: Envato

Kehadiran asuransi kesehatan memudahkan proses perawatan serta pengobatan bagi nasabah yang terdaftar dan aktif membayar premi. Pihak asuransi akan menanggung seluruh biaya dan memberikan perlindungan sesuai premi yang dibayarkan. 

Singkatnya, asuransi kesehatan membantu ketersediaan semua kebutuhan yang diperlukan selama pengobatan, mulai dari biaya rawat inap, dokter, obat-obatan, tindakan medis hingga operasi. Agar lebih jelas, simak alasan menggunakan asuransi kesehatan berikut.

  • Biaya sudah dijamin

Memiliki asuransi kesehatan sama artinya dengan memiliki jaminan finansial di masa depan. Asuransi kesehatan bisa dijadikan persiapan menghadapi risiko kesehatan yang datang tiba-tiba. Berkat asuransi kesehatan, kamu bisa fokus pada proses penyembuhan.

  • Meringankan beban keuangan keluarga

Jatuh sakit membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Berbekal asuransi kesehatan, secara tidak langsung kamu bisa meringankan beban keuangan. 

  • Membantu mengatur uang

Asuransi kesehatan mengharuskan kamu membayar premi setiap bulan. Hal ini mendorong kamu lebih bijak mengatur keuangan. Kamu akan lebih pintar mengelola dan menerapkan skala prioritas mengenai pengeluaran yang dibutuhkan maupun tidak. 

Saat kamu memilih menggunakan asuransi kesehatan, pihak penyedia asuransi akan memberikan penawaran berbagai jenis perawatan sesuai perjanjian yang tertera di dalam polis.  

Setiap perawatan tersebut memiliki batas biaya perawatan atau plafon. Plafon ini akan disesuaikan dengan besaran premi yang kamu bayarkan setiap bulan. Adapun jenis layanan yang dapat ditanggung perusahaan asuransi, mencakup:

  • Rawat inap 
  • Rawat jalan
  • Konsultasi dokter spesialis
  • Pemeriksaan laboratorium
  • Perawatan gigi
  • Perawatan pencegahan penyakit
  • Persalinan
  • Biaya obat-obatan

Cara Memilih Asuransi Kesehatan 

Sumber foto : Envato

Mengingat asuransi kesehatan termasuk penting, alangkah bijak apabila kamu mulai mempelajarinya terlebih dahulu. Cukup banyak rujukan mengenai tips memilih asuransi kesehatan yang tepat di media sosial maupun website.

Untuk memudahkan kamu dan pasangan, berikut cara memilih asuransi kesehatan menurut Prudential dan Sikapi OJK yang bisa dicoba. 

1. Kenali perusahaan asuransi 

Mengingat asuransi kesehatan mempunyai jangka waktu pemakaian panjang, penting bagi kamu untuk mengenali perusahaan asuransi yang hendak dipilih. Lakukan pengecekan rekam jejak dan kredibilitas perusahaan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan perusahaan asuransi tersebut legal dan mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui pengecekan, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai prosedur pendaftaran dan situasi keuangan.

Apabila perusahaan asuransi memiliki media sosial, jangan ragu untuk mengecek ulasan yang diberikan oleh nasabah. Makin banyak ulasan positif yang diberikan, makin tinggi tingkat kepercayaan publik. Artinya, perusahaan asuransi tersebut kredibel.

Hindari memilih perusahaan asuransi kesehatan yang tidak memiliki izin usaha untuk mencegah kerugian di masa mendatang. Selalu terapkan ketelitian saat memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk mendapatkan layanan terbaik dari perusahaan tepercaya. 

2. Pelajari produk asuransi yang ditawarkan 

Setelah menentukan perusahaan asuransi, pelajari produk yang ditawarkan. Umumnya, setiap perusahaan memiliki produk yang berbeda. Baca secara teliti dan pahami manfaat asuransi atau coverage setiap produk asuransi kesehatan. Pelajari juga polisnya. 

Beberapa perusahaan biasanya menawarkan manfaat asuransi kesehatan umum, seperti rawat inap, pembedahan, perawatan gigi, dan rawat jalan. Disarankan untuk melakukan perbandingan dengan produk serupa dari perusahaan asuransi lainnya. 

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan kamu dan pasangan memilih produk asuransi kesehatan paling tepat. Makin lengkap fitur yang ditawarkan, makin tinggi nilai premi asuransi. Namun, hindari membeli asuransi dengan fitur tambahan yang tidak dibutuhkan.

3. Perhatikan premi asuransi 

Setelah memilih produk asuransi yang diinginkan, ada baiknya untuk merencanakan keuangan lebih dahulu. Caranya dengan mengalokasikan anggaran khusus asuransi kesehatan. 

Hitung pengeluaran kamu dan pasangan secara cermat. Sesuaikan juga dengan penghasilan bulanan yang kamu dapatkan. Tambahkan pos keuangan untuk simpanan atau dana darurat di luar asuransi kesehatan. 

Tujuannya supaya premi asuransi tidak membebani keuangan bulanan. Alangkah bijak untuk membicarakan hal ini bersama pasangan. Pasalnya, asuransi kesehatan untuk penyakit tidaklah murah. 

4. Cek rumah sakit rekanan

Mengecek rumah sakit rekanan merupakan cara memilih asuransi kesehatan terbaik selanjutnya. Meskipun hampir seluruh rumah sakit menerima asuransi kesehatan, setiap perusahaan memiliki rekanan yang berbeda.

Pertimbangkan perusahaan asuransi yang menawarkan lebih banyak jaringan rumah sakit serta klinik rekanan. Hal ini akan memudahkan kamu melakukan klaim di rumah sakit atau klinik rekanan terdekat tempat tinggal. 

Biasanya, proses klaim polis tidaklah sulit dan termasuk cepat. Meskipun demikian, bagi kamu yang memiliki layanan berjenjang harus mendapatkan surat rujukan dari FasKes (Fasilitas Kesehatan) I terlebih dahulu. 

5. Perhatikan pelayanan yang diberikan 

Terakhir, cara memilih asuransi kesehatan adalah dengan memperhatikan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Beri nilai plus apabila perusahaan tersebut melayani nasabah dengan ramah dan memberikan kemudahan informasi.

Cobalah bertanya lebih lanjut mengenai layanan asuransi kesehatan yang ditawarkan, mulai dari manfaat dan coverage, besaran premi dan durasi kontrak, risiko yang mendapat perlindungan, cara mengajukan klaim, prosedur rawat inap, dan maksimal klaim. 

Jika mereka dapat memberikan penjelasan secara detail dan berhasil menjawab seluruh keraguan kamu dan pasangan, perusahaan tersebut layak dipertimbangkan. 

Demikianlah informasi mengenai cara memilih asuransi kesehatan yang perlu kamu perhatikan. Sebelum memutuskan, pertimbangkan seluruh poin di atas bersama pasangan. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan paling tepat.

Selain asuransi kesehatan, tidak ada salahnya menyisihkan uang setiap bulan untuk simpanan darurat. Simpanan ini bisa kamu gunakan dalam keadaan terdesak, termasuk ketika kamu ataupun pasangan sakit atau mengalami kecelakaan.

Untuk mempermudah kamu menyimpan dana darurat, jangan ragu menggunakan fasilitas fitur Hijra Box yang disediakan oleh Hijra Bank. Kelola keuangan kamu tanpa riba dan bebas biaya transaksi serta transfer antarbank. 

Atur alokasi pemasukanmu agar tidak tercampur dengan urusanmu yang lain. Dengan Hijra Box kamu juga bisa mengatur target keuanganmu yang lain, seperti tabungan pendidikan, perjalanan haji/umrah dan juga mengatur belanja keluarga. 

Unduh aplikasi Hijra Bank yang sudah tersedia di 

Artikel Terkait

Tags