budget plan

Begini Cara Membuat Budget Plan yang Tepat agar Keuanganmu Tetap Teratur

Athariq Faisal

6 Mar 2023

5 Min Read

Budget plan atau juga bisa disebut juga rencana anggaran adalah perencanaan keuangan agar anggaran masuk dan keluar tercatat dengan jelas. Budget plan dilakukan agar  untuk mengatur keluar masuknya keuangan agar tujuan dan keinginan tercapai sesuai dengan rencana.

Proses budgeting dapat membantumu membuat keputusan finansial baik untuk jangka pendek atau bahkan jangka panjang. Mengelola keuangan sesuai dengan budget plan, tentunya seseorang bisa mempersiapkan kebutuhan finansial untuk berbagai kebutuhan, seperti belanja bulanan, kebutuhan sehari-hari, dana darurat bahkan tujuan mulia seperti pergi haji atau umroh ke tanah suci. 

Tetapi, bagi sebagian orang membuat perencanaan anggaran atau budget plan seringkali diabaikan oleh sebagian orang karena dianggap ribet. Padahal, budget plan merupakan bagian penting dari manajemen individu atau rumah tangga.

Bahkan di dalam Islam pun diajarkan bagaimana seorang muslim yang baik bisa mengatur keuangannya, mempersiapkan untuk kebutuhan saat ini dan masa mendatang. Hal ini telah difirmankan oleh Allah ﷻ dalam QS Al Hasyr ayat 18 yang bunyinya sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Seberapa penting sih budget plan?

Manfaat Budget Plan

Membuat budget plan sangat penting untuk mengatur keluar masuknya keuangan yang kita kelola. Tanpa budget plan bisa saja keuangan yang kita kelola bisa sangat boros karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. 

Berikut ini manfaat yang bisa kita rasakan jika membuat budget plan:

1. Mengatur Pengeluaran dan Pemasukan

Ketika menerima pendapatan atau gaji setiap bulannya, terkadang ada sebagian orang yang tidak sadar akan pengeluaran bulannya dihabiskan untuk hal – hal yang tidak berguna. Dengan demikian, pendapatanmu akan menjadi terbuang sia-sia. 

Oleh karena itu, fungsi pertama dari budget plan adalah membantumu untuk mengidentifikasi, mana saja pengeluaran yang tidak perlu kamu lakukan. Misalnya, kebiasaanmu sering jajan kopi di kafe-kafe, maka bisa kamu batasi dengan cukup jajan kopi seminggu sekali jika ingin menghemat pengeluaranmu. 

2. Mencapai Tujuan Finansial

Manfaat yang kedua dari budget plan adalah membantumu untuk mencapai goals atau tujuan finansialmu. Dengan membuat budget plan, kamu dapat membuat perencanaan alokasi keuanganmu, baik itu melalui tabungan pribadi atau investasi. 

Menyisihkan uang dan menerapkan budgeting adalah langkah awal kamu untuk mencapai tujuan finansial kamu. Misalnya, di tahun ini kamu ingin pergi umroh ke tanah suci.

Dengan membuat budget plan, kamu dapat mengetahui berapa biaya perjalanan umroh yang perlu dibayar, dan mengalihkan uang jajanmu untuk menabung umroh.

3. Persiapan Dana Darurat

Dalam budget plan harus ada dana darurat. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan terjadi secara mendadak. 

Perlunya untuk menyiapkan dana darurat sekitar 10-20% dari pendapatan kamu adalah hal yang penting, karena akan membantu kamu ketika berada di kondisi yang tidak terduga.

Bahkan, persiapan dana darurat ini pun diajarkan Allah ﷻ dalam firman-Nya QS Yusuf ayat 43-53. Dalam surat tersebut diceritakan seorang raja Mesir bermimpi melihat 7 ekor sapi betina gemuk-gemuk dimakan oleh 7 orang yang kurus-kurus. 

Nabi Yusuf عليه السلام yang punya ilmu takwil mimpi saat itu menafsirkan bahwa supaya pemerintah mengambil kebijakan menabung atau menyimpan cadangan makanan. Sebab, krisis itu diperkirakan terjadi selama tujuh tahun, sehingga selama tujuh tahun sebelum krisis dianjurkan untuk menyiapkan ketahanan pangan secara maksimal.

Dari kisah Nabi Yusuf عليه السلام kita mendapatkan pelajaran bahwa cadangan dana darurat sangat penting untuk direncanakan di dalam anggaran keuangan. Sebab, krisis atau kejadian yang tidak diinginkan di masa depan tidak pernah kita ketahui. 

Langkah dan Cara Membuat Budget Plan

1. Identifikasi Tujuan Finansialmu

Budget plan akan bekerja dengan baik jika kita mengikatnya dengan tujuan keuangan yang jelas. Tanpa adanya tujuan, kita tidak akan tahu anggaran atau budget yang kita miliki ini akan diarahkan ke mana. 

Kalau tak ada budget plan yang jelas, anggaran pun akan tidak terkontrol dan terbuang sia-sia. Identifikasikan juga kapan pembelanjaan dilakukan serta berapa biaya yang diperlukan. Dengan begitu, perencanaan anggaran akan lebih mudah dilakukan.

2. Kenali Kondisi Keuanganmu

Jika kamu sudah memiliki tujuan yang jelas, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengenal kondisi keuangan kamu. Mengenali kondisi keuanganmu akan dapat memperhatikan bagaimana kebutuhan serta berapa banyak uang yang digunakan untuk kebutuhan pokok atau primer, sekunder dan tersier. 

Jangan sampai terbebani dan terpaksa harus menghemat sehemat mungkin tanpa memperhatikan kebutuhan primermu. 

3. Catat Pendapatan dan Pengeluaran

Mencatat pengeluaran dan pendapatan berguna untuk mengidentifikasi pengeluaran mana yang paling besar dan dapat dialihkan pada tabungan atau investasi agar lebih hemat dan dapat lebih berprogres capai tujuan finansial.

4. Lakukan Penyesuaian

Ketika kita dihadapkan pada hasil yang tidak balance (negatif), ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa menyesuaikan budget dengan memotong pengeluaran-pengeluaran tertentu. Kedua, kamu bisa menyesuaikan budget dengan menambah sumber penghasilan.

5. Utamakan Menabung

Untuk memaksimalkan budget plan kamu perlu menanamkan pemikiran, tidak perlu membeli barang baru yang tidak diperlukan sekali atau urgen. Maka uang tersebut bisa kamu disimpan di rekening tabunganmu. 

Dengan menerapkan pemikiran menabung untuk kebutuhan nanti, kamu menjadi lebih hati-hati dalam menghabiskan anggaran. 

Demikianlah langkah dan cara membuat budget plan untuk kamu yang memiliki goals atau tujuan finansial di masa yang akan datang. Memiliki tujuan finansial yang jelas, serta merencanakan keuangan dengan budget plan yang tersusun rapi merupakan bentuk keseriusan kita untuk hidup lebih baik lagi ke level berikutnya. 

Kini ada platform digital bank syariah untuk memudahkanmu #LifeUpgrade lebih baik lagi dan mencapai tujuan finansialmu secara tepat. Dengan fitur Hijra Box di aplikasi Hijra Bank bisa membantumu mewujudkan tujuan finansialmu. 

Menabung dengan fitur Hijra Box, kamu tak perlu repot-repot lagi membuka banyak akun atau rekening bank. Cukup satu rekening bank di Hijra Bank, kamu dapat membuat maksimal 20 box untuk memisahkan mana tabungan untuk kebutuhan sehari-hari, mana tabungan untuk rencana indahmu di masa depan. 

Segera gunakan fitur Hijra Box di aplikasi Hijra Bank yang sudah tersedia di 

Artikel Terkait

Tags