brand baju muslim

6 Brand Baju Muslim untuk Umrah dan Tips Berpakaian saat Ibadah di Tanah Suci

Athariq Faisal

16 Jan 2023

5 Min Read

Saat umrah, tentu kamu ingin mengenakan baju muslim terbagus yang dimiliki. Pasalnya, di tanah suci, kamu akan berkesempatan untuk melaksanakan ibadah yang tak semua Muslim dapat lakukan.

Karena hal ini, tak heran jika kamu ingin menghadap Allah SWT dalam umrah dengan penampilan yang terbaik.

Nah, sebelum keberangkatanmu ke sana, apakah sudah punya bayangan baju seperti apa yang harus dikenakan?

Jika belum, artikel ini wajib kamu baca hingga akhir.

Dalam kesempatan ini, Hijra akan memaparkan tentang baju macam apa yang perlu dikenakan saat ibadah umrah serta beberapa rekomendasi brand baju muslim untukmu melengkapi pakaian saat beribadah.

Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Pakai Baju Apa Saat Umrah?

Pada dasarnya kamu dapat menggunakan brand baju muslim apa saja, asal sesuai dengan ketentuan-ketentuan saat beribadah umrah.

Bagi pria dan wanita, tentu saja baju yang dikenakan untuk umrah akan sangat berbeda.

Akan tetapi, secara umum ada 2 kategori pakaian yang perlu dibawa bagi pria maupun wanita, yaitu pakaian ihram dan non ihram yang lebih jelasnya dapat kamu simak di bawah ini.

1. Pakaian ihram

Pakaian ihram merupakan pakaian yang terpenting dan wajib kamu siapkan sebelum berangkat ibadah umrah. Pasalnya, pakaian inilah yang akan kamu kenakan selama menjalani serangkaian ibadah.

Baik wanita maupun pria sama-sama mempunyai pakaian ihram dengan aturan masing-masing.

Menurut Hadis Riwayat al-Bukhari, berikut adalah larangan-larangan dalam berihram, sesuai yang dikutip dari Risalah Muslim.

عَنْ سَالِم، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

لاَ يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ الْقَمِيصَ، وَلاَ الْعِمَامَةَ، وَلاَ السَّرَاوِيلَ، وَلاَ الْبُرْنُسَ، وَلاَ ثَوْبًا مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ، وَلاَ وَرْسٌ، وَلاَ الْخُفَّيْنِ إِلاَّ لِمَنْ لَمْ يَجِدْ النَّعْلَيْنِ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْهُمَا فَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنْ الْكَعْبَيْنِ.

Artinya:

Dari Salim, dari Bapaknya, dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda:

“Janganlah seseorang yang berihram mengenakan gamis, imamah (surban), celana panjang, baju lengan panjang yang bertudung, dan tidak pula pakaian yang diolesi dengan minyak za’faran dan wars (sejenis tumbuhan berwarna kuning) serta tidak pula mengenakan sepatu, kecuali jika ia tidak mendapatkan sandal, jika ia tidak mendapatkannya, maka ia harus memotong (sepatu)nya lebih rendah dari kedua mata kaki.”

Perlu diingat, hanya pria yang dilarang mengenakan baju yang dijahit. Bagi para akhwat, kamu tetap boleh menggunakan pakaian dengan jahitan, ya.

2. Baju muslim

Selama di Mekah maupun Madinah, kamu boleh saja beraktivitas lain selain beribadah dan menanggalkan pakaian ihram untuk sementara.

Mungkin saja, kamu ingin berkeliling kota dan menikmati kuliner serta berbelanja oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman saat kembali nanti.

Pada waktu-waktu ini, sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan menutup aurat sesuai dengan syariat Islam secara sepenuhnya.

Mungkin, di Indonesia, kamu bisa saja belum menutup aurat dengan sempurna. Akan tetapi, di sana, kamu sebaiknya mengenakan baju muslim yang sopan.

Jumlah baju yang dibawa dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan berapa hari perjalanan yang direncanakan.

Selain itu, ada pula pertimbangan musim. Jika cuaca sedang umumnya lebih panas, mungkin kamu akan lebih sering berkeringat dan butuh ganti baju beberapa kali dalam sehari.

Namun, ada pula waktu-waktu di mana tanah Arab cukup sejuk bahkan cenderung dingin, sehingga kamu tak perlu ganti baju terlalu sering.

3. Baju tidur

Bukan hanya baju ihram dan baju muslim, jangan lupa untuk membawa piyama atau baju tidur untuk waktumu beristirahat di sana, ya!

Meski rasanya ingin terus memaksimalkan ibadah, beristirahat juga sangat penting dalam menjaga stamina dan kesehatan agar dapat beribadah dengan sebaik mungkin.

Selain mencoba mendapat tidur yang cukup, mengenakan pakaian yang nyaman apa pun brand baju muslim yang kamu pilih juga tak kalah penting.

Brand Baju Muslim untuk Umrah

Setelah membaca kebutuhan baju muslim yang perlu kamu bawa untuk umrah, mungkin kamu jadi menyadari bahwa kamu tak punya cukup banyak baju untuk di sana.

Tenang, ada beberapa rekomendasi brand baju muslim yang dapat jadi tempatmu mencari pakaian yang paling sesuai dengan kebutuhan.

1. Rabbani

Siapa yang tak kenal Rabbani?

Salah satu brand baju muslim yang berhasil melejit namanya ini awalnya mulai dikenal dengan koleksi kerudung instannya yang sangat digemari warga Indonesia.

Seiring berkembangnya perusahaan, koleksi Rabbani semakin lengkap dan bukan hanya tersedia bagi wanita saja, tetapi juga pria.

Oleh karena itu, tak salah jika brand ini merupakan salah satu pilihan utama yang layak dicoba untuk berbelanja pakaian umrah baik pria maupun wanita.

2. Elzatta

Seperti Rabbani, Elzatta juga merupakan brand baju muslim yang awalnya terkenal karena produk kerudungnya.

Brand ini pertama dibentuk di tahun 2011 dan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan wanita muslimah akan pakaian yang syar’i namun tetap tampak modis.

Saat ini, Elzatta sudah memiliki koleksi Zatta Men, yaitu rangkaian pakaian muslim bagi pria.

Untuk baju muslim selama umrah, besar kemungkinannya kamu menemukan model yang cocok.

3. Zoya

Selanjutnya, jika kamu mencari baju muslim untuk beribadah umrah, ada brand Zoya yang bisa jadi alternatif lainnya.

Zoya juga merupakan brand yang sudah lama berkecimpung di dunia fashion muslim Indonesia.

Menurut laman resminya, Zoya telah berdiri sejak tahun 2005 dengan semangat untuk menjadi referensi nomor 1 untuk fashion muslim dan muslimah Indonesia.

Pakaian muslim dan muslimah yang tersedia di Zoya cukup lengkap, mulai dari yang basic hingga yang stylish dan mengikuti zaman.

4. Shafira

Shafira adalah brand baju muslim yang merupakan pelopor di Indonesia.

Dibangun tahun 1989 oleh Feny Mustafa, Shafira menawarkan pakaian muslim yang fashionable dan anggun.

Koleksi brand ini memang kebanyakan untuk wanita.

Namun, sekarang ada pula koleksi baju koko dan lainnya untuk para pria Muslim yang tak kalah ingin tampil keren sehari-harinya.

5. Samase

Jika mencari brand baju muslim khusus pria, ada Samase yang mulai meraih popularitas sejak ia dirilis belum lama ini.

Di Samase, kamu dapat beli berbagai pakaian muslim secara online, mulai dari baju koko, kurta, jubah, gamis, sirwal, peci, dan lain-lain.

Sudah pasti, kamu akan semakin gaya namun tetap syar’i dengan pakaian tersebut.

6. Watchout!

Watchout! adalah brand pakaian pria yang dikenal kasual namun tetap stylish.

Meski bukan secara khusus brand baju muslim, tetapi ada banyak pilihan yang cukup bagus.

Selain pakaian-pakaian pria yang dapat digunakan orang secara umum sehari-hari, ada pula koleksi baju muslim pria yang bisa kamu beli khususnya jika kamu berniat mencari koko lengan pendek dengan bahan yang lembut dan berkualitas tinggi.

Seperti apa pun pilihan gaya baju muslimmu untuk beribadah umrah nanti, pastikan baju yang kamu kenakan betul-betul nyaman dan berkualitas baik agar dapat menghiasi serta melindungi tubuhmu dengan optimal.

Semoga rekomendasi dalam artikel ini dapat memberi inspirasi dan membantu proses persiapanmu menuju tanah suci, ya!

Untuk berbelanja keperluan umrah, tentunya kamu harus menyisihkan uang dari penghasilan bulanan terlebih dahulu.

Agar dana belanja tidak tercampur kebutuhan lainnya, yuk, coba pisahkan tabunganmu ke dalam beberapa kotak praktis di Hijra Box.

Dengan kotak-kotak ini, kamu tak hanya jadi lebih mudah menabung dan mengelola uang, tetapi juga jadi lebih fokus mencapai kebaikan-kebaikan yang sudah kamu niatkan.

Download aplikasinya dan coba fitur bermanfaatnya sekarang juga, yuk!

Klik tombol di bawah ini sesuai dengan sistem operasi smartphone-mu, ya.

Artikel Terkait

Tags