bayar tagihan

4 Keuntungan Bayar Tagihan Tepat Waktu

Athariq Faisal

15 May 2023

4 Min Read

Kebutuhan dan biaya sehari-hari bukan hanya untuk membeli makanan dan juga pakaian serta tempat tinggal. Bayar tagihan listrik, internet dan juga langganan TV kabel di rumah menjadi biaya tetap bulanan yang selalu dikeluarkan oleh kita. 

Bayar tagihan bulanan itu selalu ada jangka waktunya. Biasanya hingga tanggal 20  di setiap bulannya. Jika telat atau melebihi tanggal jatuh tempo maka bisa jadi langganan internet, TV kabel atau pun PLN bisa dikenakan denda atau bahkan diputus oleh penyedia jika telat hingga berbulan-bulan. 

Oleh karena itu pembayaran tagihan tepat waktu adalah jalannya agar langganan TV kabel, internet dan juga PLN tetap berjalan lancar. Berikut ini empat keuntungan jika kita membayar tagihan tepat waktu. 

Keuntungan Bayar Tagihan Tepat Waktu

1. Bebas Denda

Ada kemungkinan jika membayar tagihan tidak tepat waktu atau melebihi jatuh tempo maka kamu akan dikenakan denda oleh penyedia layanan, baik itu PLN, internet atau pun TV kabel. Sangat disayangkan jika uang tersebut untuk membayar denda, lebih baik uang tersebut bisa kamu alihkan untuk menabung atau untuk kebutuhanmu yang lain.

2. Tidak Cemas Akan Diputus Layanan

Lupa membayar tagihan bahkan hingga berbulan-bulan ada potensi layanan langganan yang kamu gunakan akan diputus secara sepihak oleh penyedia, misalnya layanan listrik PLN. Khusus bagi kamu yang menjalankan usaha, pemutusan jaringan listrik juga bisa menghambat proses produksi dan penjualan.

Contoh lain adalah internet. Telat bayar tagihan internet sampai batas waktu yang ditentukan bisa berakibat pada diskoneksi.

3. Anggaran Pengeluaran Terencana Sejak dari Awal

Seperti kebanyakan orang, pengeluaran kamu tentu bukan hanya tagihan. Kamu punya kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, seperti kebutuhan makan sehari-hari. Selain itu, masih ada banyak kebutuhan lain. 

Jika kamu sudah membayar semua tagihan, baik yang rutin seperti tagihan listrik PLN, TV kabel dan internet, uang yang masih ada jadi aman buat digunakan untuk kebutuhan lainnya, termasuk kebutuhan yang mendadak. 

4. Bebas Stress

Hidup yang jauh stress itu indah rasanya. Supaya bebas dari stress dan rasa khawatir, bisa dibiasakan membayar semua tagihan tepat waktu. Begitu tagihan selesai dibayar, utang kamu untuk sebulan sudah lunas.

Berbeda rasanya jika terus menunda-nunda tagihan, dan kemungkinannya kamu bisa lupa. Belum lagi, uang yang tadinya dikhususkan untuk membayar tagihan, bisa terpakai untuk keperluan lain. 

Di akhir jatuh tempo, kamu jadinya tidak punya persediaan cadangan uang . untuk membayar tagihan bulanan. Dari hal ini stress bisa datang menghantui. Inilah salah satu sumber stress yang sebenarnya bisa dijauhi.

Tinjau Kembali Semua Langganan Platform Digitalmu

Tagihan bulanan juga terkadang muncul dari langganan-langganan platform digital yang kamu gunakan setiap harinya. Mulai dari langganan platform tontonan streaming, aplikasi edit video dan foto premium dan platform digital lainnya yang berbayar.

Platform-platform digital berlangganan tersebut biasanya menawarkan masa penggunaan gratis selama 7 hari. Pada saat pendaftaran akun platform berlangganan, secara tidak sadar kamu menghubungkannya dengan salah satu pembayaran e-walletmu. 

Di saat sudah memasuki 7 hari penggunaan aplikasi secara gratis, pembayaran akan dilakukan secara otomatis dengan memotong saldo di e-walletmu. Tentunya, hal ini akan mengagetkan kamu jika uangmu terpotong secara tiba-tiba. 

Maka dari itu, tinjau ulang lagi langgananmu di platform digital, apakah semuanya sangat benar-benar suatu kebutuhan primermu atau bukan. Jika bukan merupakan kebutuhan yang mendesak, kamu bisa membatalkannya atau unsubscribe sebelum masa 7 hari pemakaian gratis. Kemudian, diskoneksikan e-walletmu dengan platform langgananmu. 

Nah, ada baiknya uang langganan platform digital tadi bisa kamu alihkan ke pos anggaranmu yang lain. Sehingga kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk kebutuhan darurat di masa yang akan datang.  

Rencanakan Bayar Tagihan Tepat Waktu dengan Budget Plan

Meski bayar tagihan terasa melelahkan dan tidak kita inginkan, tetapi hal tersebut sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Apalagi kita sejak dari awal sudah memutuskan untuk menggunakan jasa layanan dari penyedia. 

Pengeluaran dan pemasukan bulanan bisa dicatat dan direncanakan dengan budgeting. Untuk merencanakan budgeting bulanan kamu, bisa membaca artikel yang sudah tayang sebelumnya. Kamu bisa membacanya dengan klik di sini.

Nah, demikian 4 keuntungan jika kamu membayar tagihan tepat waktu. Untuk pembayaran tagihan bulanan gunakan yang baik untukmu dan keluarga. Pakai Hijra Bank untuk keperluan pembayaran tagihan bulananmu, seperti bayar tagihan listrik PLN, TV kabel dan internet. 

Aplikasi Hijra Bank saat ini sudah tersedia di

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait

Tags