Komunitas Muslim Internasional

Komunitas Muslim Internasional: Pengertian, Peran, dan Daftar Komunitas

Hijra

17 Feb 2023

5 Min Read

Komunitas muslim internasional merupakan salah satu wadah yang digunakan umat Islam untuk menambah ilmu agama, bertemu orang baru dari berbagai belahan dunia, dan saling mendukung di jalan kebaikan.

Apa Itu Komunitas Muslim? 

Sumber : Envato

Komunitas Muslim adalah kelompok sosial yang terdiri dari beberapa individu beragama Islam dengan latar belakang berbeda. Meskipun demikian, seluruh anggota yang tergabung pada dasarnya mempunyai ketertarikan dan tujuan sama.  

Sederhananya, komunitas muslim adalah sekelompok manusia dari berbagai latar belakang yang memiliki konsepsi, sistem, dan nilai yang bersumber pada cara Islam. Anggota komunitas muslim hanya menghambakan diri kepada Allah Swt. 

Komunitas muslim dibangun untuk memudahkan umat Islam menambah pengetahuan agama. Komunitas ini sekaligus membentuk karakter anggotanya dan mendorong mereka untuk menjalankan hidup sesuai nilai-nilai Islam. 

Peran Komunitas Muslim 

Sumber : Envato

Pada dasarnya, komunitas muslim dibentuk untuk memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan umat Islam itu sendiri. Adapun peran yang dimaksud, antara lain sebagai berikut. 

  • Memperkenalkan ajaran Islam

Tidak dapat dimungkiri bahwa melalui komunitas kamu bisa melakukan syiar agama dan memperkenalkanajaran yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw kepada orang lain. Bukan mustahil kamu bisa menjadi jembatan bagi nonmuslim yang tengah mencari jati diri. 

Kamu bisa memperkenalkan ajaran Islam yang penuh kasih sayang melalui tindakan, misalnya senyum ketika bertemu orang lain yang bernilai ibadah, mengerjakan salat di awal waktu, membantu orang kesulitan, dan tindakan kebaikan lainnya.

  • Mendorong ketaatan

Kendati keyakinan adalah fondasi agama, dalam Islam hal tersebut harus selaras dengan tindakan. Gaya hidup muslim harus menunjukkan bahwa tidak ada hal lain yang lebih penting dari Allah Swt. 

Sebagai seorang muslim, sangat penting memastikan bahwa kamu mengutamakan Allah Swt. Ketaatan kepada Allah Swt harus lebih penting daripada mengikuti tradisi keluarga, identitas nasional, kesetiaan kepada suku, atau mode. 

Allah Swt tidak melihat bagaimana penampilan dan kekayaanmu, melainkan hati dan perbuatanmu. 

  • Meningkatkan kepedulian

Anggota komunitas muslim internasional umumnya terdiri dari banyak suku bangsa dari berbagai kebudayaan. Meskipun demikian, Islam mengajarkan bahwa kamu harus saling membantu tanpa melihat latar belakang seseorang.

Membantu orang lain yang tengah kesulitan sama dengan membantu diri sendiri. Ingatlah bahwa satu kebaikan akan diganti dengan kebaikan yang sama besar oleh Allah Swt.

  • Memperluas pengetahuan

Tidak hanya agama, dalam komunitas muslim kamu bisa menambah ilmu pengetahuan. Bahkan, kamu bisa berbagi pengalaman dengan anggota lain. Dari pengalaman tersebut, kamu bisa menambah ilmu yang mungkin bermanfaat di kemudian hari.

  • Mempererat silaturahmi

Peran komunitas selanjutnya adalah mempererat silaturahmi. Melalui diskusi bersama, bertemu secara langsung, atau melakukan kegiatan sosial akan menyatukan anggota dalam ikatan persaudaraan yang kuat.

Ini Sederet Komunitas Muslim Internasional 

Sumber : Envato

Adapun komunitas muslim internasional yang dinilai mampu meningkatkan citra Islam, antara lain sebagai berikut.

The World Muslim Communities Council (TWMCC) 

Melansir The World Muslim Communities Council, komunitas ini merupakan rumah bagi muslim yang didirikan untuk mencapai kebesaran nasional dan membebaskan umat dari afiliasi aliran maupun gerakan intelektual, yurisprudensi, dan partai politik yang melintasi batas negara.

Untuk menghadapi tantangan muslim yang tinggal di negara nonmuslim, komunitas muslim internasional ini memberikan perlindungan dan rutin melakukan kegiatan sosial dengan tujuan memperbaiki citra stereotip Islam dan muslim.

Keberadaan The World Muslim Communities Council membantu muslim mendapatkan hak untuk beribadah sesuai aturan internasional mengenai hak beragama dan etnis minoritas.  Hal tersebut menjamin hak muslim untuk pluralisme budaya dan agama. 

Association of Muslim Community in ASEAN (AMCA) 

Melansir Association of Muslim Community in ASEAN, AMCA adalah forum yang diciptakan untuk mempererat hubungan antar komunitas muslim di kawasan ASEAN. Forum ini merupakan penjabaran dan implementasi dari rencana pemerintah di negara-negara ASEAN.

Tujuan utamanya untuk mewujudkan ASEAN sebagai komunitas dengan motto “Satu Visi, Satu Identitas, dan Satu Komunitas.” Komunitas ini juga dibentuk untuk kepentingan bersama di antara komunitas muslim di ASEAN.

Tidak hanya mempererat ikatan solidaritas dan kerja sama regional, melainkan juga membangun landasan kuat ASEAN untuk mewujudkan kedamaian, kebebasan, keadilan sosial, kesejahteraan ekonomi, dan kemakmuran dengan semangat kesetaraan. 

Mengingat Association of Muslim Community in ASEAN adalah komunitas muslim internasional, setiap negara anggota berbagi tanggung jawab untuk memperkuat kerja sama di seluruh aspek kehidupan dan membangun kawasan yang damai dan progresif.

IslamiCity 

Melansir IslamiCity, komunitas yang  didirikan pada 1995 ini memiliki tujuan memberikan pandangan nosektarian, komprehensif, dan holistik. IslamiCity mendorong perdamaian, menginspirasi tindakan, dan mencari solusi positif melalui ajaran Islam yang universal.

Komunitas ini mempunyai visi memberdayakan, memelihara, melindungi, serta mempromosikan nilai mengenai martabat manusia, hak asasi manusia, dan keutuhan ciptaan. Tujuannya adalah untuk menjadikan dunia lebih sehat, damai, dan indah.

Komunitas muslim internasional ini aktif mempromosikan nilai Islam, melakukan kerja sama, dan dialog antarperadaban. Anggota komunitas ini mencapai lebih dari 225 negara dan wilayah di seluruh dunia.

IslamiCity percaya bahwa perdamaian dunia berkembang melalui cinta, keadilan, dan kebersamaan. Komunitas ini mengajarkan bahwa perjuangan untuk kemuliaan dapat dilakukan dengan kesadaran dan tindakan kebaikan.

Global Muslim Life 

Melansir Center for Global Muslim Life, komunitas ini merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan menciptakan perubahan naratif jangka panjang melalui penelitian, produksi media, dan pelatihan yang berdampak sosial dan spiritual. 

Berbasis di California, komunitas ini telah berhasil membangun ekosistem yang berakar pada keberagaman pemimpin agama, peneliti, produser media, ahli strategi budaya, teknologi, seniman, pengorganisasi komunitas, dan pembuat kebijakan dari dunia.

Setiap anggota berfokus pada penyelesaian masalah yang masih menjadi polemik dengan mencari solusi terbaik untuk menciptakan dampak sosial dan kontribusi global, serta dampak spiritual. 

Demikian beberapa komunitas muslim internasional yang perlu kamu ketahui. Sejalan dengan tujuan dibentuknya banyak komunitas Muslim, Hijra juga memiliki tujuan untuk membumikan nilai-nilai Islam serta mengajak para penggunanya untuk bergabung dalam gerakan kebaikan. Lebih dari sekadar aplikasi perbankan, Hijra juga memfasilitasi penggunanya untuk menjalani #LifeUpgrade menjadi pribadi yang lebih baik dan berdampak.   

Salah satu dari sekian banyak fitur yang dapat membantumu untuk mewujudkan kebaikan adalah fitur Hijra Box. Melalui Hijra Box, kamu bisa atur target keuanganmu untuk gapai impian-impianmu, seperti pergi haji atau umrah, melanjutkan pendidikan, atau belanja bulanan untuk penuhi kebutuhan keluarga. 

Unduh aplikasi Hijra Bank yang sudah tersedia Playtore dan Appstore dengan klik tombol di bawah ini! 

Artikel Terkait

Tags