sedekah di bulan ramadhan

Sedekah di Bulan Ramadhan, Pahami Dalil dan Keutamaannya!

Hijra

16 Mar 2023

5 Min Read

Sedekah di bulan Ramadhan adalah satu amalan yang keutamaannya tidak diragukan lagi. Hal ini karena bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya amalan kebaikan sangat dianjurkan dan dilipatgandakan pahalanya. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan, termasuk hadits bersedekah di bulan Ramadhan yang menjadi landasan anjuran tersebut. 

Pengertian sedekah

Sedekah berasal dari bahasa Arab, sadaqah, yang diambil dari kata sidq yang bermakna kebenaran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.

Dengan demikian, berbeda dengan zakat, sedekah adalah pemberian yang sifatnya sukarela atau tidak wajib, tidak ada waktu khusus untuk memberikannya, dan besarannya tidak ditentukan secara baku melainkan sesuai dengan kehendak si pemberi. 

Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, sedekah didefinisikan sebagai harta atau nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. 

Di dalam hadits Nabiﷺ, pengertian sedekah bahkan jauh lebih luas lagi. Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Nabiﷺ  menjelaskan bahwa perbuatan-perbuatan baik secara umum dapat bernilai sedekah. 

“Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah, berbuat ma’ruf dan melarang kemungkaran adalah sedekah, menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat di jalan adalah sedekah. 

Menuntun orang buta adalah sedekah, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalan adalah sedekah, kamu menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (HR Tirmidzi 1956). 

Anjuran bersedekah di bulan Ramadhan

Pexels/Naim Benjelloun

Berdasarkan hadits, terdapat beberapa alasan mengapa bersedekah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. 

Banyak bersedekah di bulan Ramadhan merupakan Sunnah Nabi Muhammad ﷺ. Beliau sendiri merupakan pribadi yang dikenal dermawan setiap harinya. Namun, di bulan Ramadhan, kedermawanan beliau bahkan melebihi hari-hari biasa. 

Dalam sebuah hadits dari Sahabat Abdullah ibnu Abbas radiyallahu ‘anhuma, diriwayatkan bahwa:

“Rasulullah adalah manusia yang paling dermawan, dan Beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan tatkala berjumpa malaikat Jibril alaihissalam. 

Malaikat Jibril bertemu dengan Beliau setiap malam pada bulan Ramadhan sampai penghujung Ramadhan, Nabi membacakan Al-Qur`an kepada Jibril, maka tatkala Beliau bertemu dengan Jibril, Beliau lebih dermawan dengan memberikan kebaikan melebihi angin yang bertiup.” (HR Muslim).

Selain itu, terdapat sebuah hadits yang secara khusus menyebutkan keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan dengan memberi makanan berbuka kepada orang yang sedang berpuasa. Ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Berdasarkan hadits ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang berpuasa sekaligus memberi hidangan berbuka kepada sesama orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala puasa yang berlipat ganda. 

Bayangkan, berapa banyak kebaikan yang bisa diperoleh orang yang menyediakan hidangan berbuka kepada beberapa orang sekaligus, meskipun hidangan itu berupa makanan yang mudah didapatkan dan bukan hidangan mahal. 

Mengapa bersedekah di bulan Ramadhan begitu istimewa?

Bersedekah bahkan di hari-hari biasa dijanjikan oleh Allah ﷻ  akan dibalas dengan berlipat ganda, sebagaimana difirmankan Allah ﷻ dalam Al-Quran: 

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. (QS Al-Baqarah: 261)

Apa yang membuat bersedekah di bulan Ramadhan menjadi lebih istimewa dibanding di bulan-bulan lainnya? 

1. Beriringan dengan kebaikan lainnya

Pexels/Ali Burhan

Di bulan Ramadhan, banyak dari kita yang menyibukkan diri tidak hanya dengan melakukan puasa yang hukumnya wajib, namun juga amalan-amalan lain yang hukumnya sunnah seperti membaca Al-Quran, shalat tarawih, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, bersedekah di bulan Ramadhan dapat menjadi pelengkap dari amalan-amalan kita yang lain di bulan Ramadhan untuk menjadi jalan bagi kita untuk menggapai ridha dan rahmat-Nya.  

2. Memperkuat empati dan persaudaraan

Dengan berpuasa di bulan Ramadhan, kita bisa merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang kurang beruntung secara ekonomi dan tidak memiliki cukup makanan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Dengan bersedekah di bulan ramadhan, kita tidak hanya dapat mengasah empati kita dengan merasakan apa yang dirasakan saudara-saudara kita yang berkekurangan, namun juga turut berkontribusi dengan membantu memenuhi kebutuhan mereka. 

Hal ini tentunya dapat menjadi cara untuk kita saling mengenal serta mempererat jalinan persaudaraan sesama Muslim dan sesama umat manusia secara keseluruhan

3. Beramal di bulan Ramadhan dimudahkan oleh Allah ﷻ

Ada suasana yang berbeda yang kita rasakan selama bulan Ramadhan, seolah-olah milyaran umat Islam di dunia menjadi lebih mudah melakukan ketaatan dan amal ibadah. 

Penyebabnya adalah karena Allah ﷻ memudahkan kita semua untuk beramal di bulan Ramadhan, salah satunya dengan membelenggu setan-setan, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits Nabiﷺ:

“Jika datang bulan Ramadhan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Inilah mengapa beramal, termasuk bersedekah di bulan Ramadhan, terasa lebih ringan dan mudah dilakukan. 

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai betapa istimewanya bersedekah di bulan Ramadhan sesuai anjuran dan contoh dari Nabiﷺ. Jangan ragu untuk mengamalkan dan merutinkannya, ya!

Untuk permudah kamu tunaikan kebaikan di bulan Ramadhan dan berbagi dengan orang-orang di sekitarmu, kamu bisa pakai yang baik dengan menggunakan Hijra Box untuk bantu atur keuanganmu.

Kamu bisa buat box keuangan khusus untuk tujuan-tujuan kebaikan seperti memberikan makanan berbuka, menghadiahi mushaf baru, atau menyalurkan bantuan kepada lembaga yang kamu percaya. 

Tunggu apa lagi, yuk memulai langkah kebaikanmu dengan download aplikasi Hijra Bank sekarang!

Artikel Terkait

Tags