pengajian rutin

Kenali Tujuan dan Manfaat Hadir dalam Pengajian Rutin

Hijra

15 Feb 2023

5 Min Read

Pengajian rutin adalah kegiatan mengaji, mempelajari agama yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Pengajian berasal dari kata “kaji” yang memiliki arti pengajaran. Secara umum pengajian dapat diartikan sebagai aktivitas belajar dan menimba ilmu untuk mengetahui lebih dalam lagi seputar ajaran agama Islam. 

Sebagai sebuah proses yang memiliki tujuan utama untuk membentuk masyarakat yang lebih religius, pelaksanaan pengajian bisa dilakukan oleh semua pihak yang memiliki ilmu pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang ajaran agama Islam—sehingga bisa membagi wawasan yang dimiliki untuk orang banyak. 

Pengajian rutin memiliki peran sebagai lembaga pendidikan agama Islam non-formal masih menjadi aktivitas yang kerap dilakukan di beberapa wilayah pedesaan dan kota seluruh Indonesia. 

Aktivitas pengajian rutin tidak hanya digelar oleh masyarakat kalangan tertentu yang memiliki pemahaman baik mengenai agama Islam, tetapi bisa diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. 

Tujuan Pengajian

Pengajian rutin menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan dan syiar agama Islam. Aktivitas ini juga sering disebut dengan dakwah Islamiyah, sebab salah satu bentuk upaya dalam dakwah Islamiyah itu sendiri adalah melalui pengajian. Secara umum, tujuan melakukan pengajian rutin, yaitu:

  • Menghidupkan kembali fitrah atau kodrat hati umat manusia dari potensi mengalami kelumpuhan karena paparan lingkungan yang memengaruhi mental diri mereka. Melalui pengajian, diharapkan hati dan kodrat manusia kembali mempunyai pemahaman yang benar saat membedakan semua hal yang baik dan tidak. Selain itu, diharapkan pula manusia sanggup untuk meninggalkan semua perilaku yang tidak dibolehkan dalam ajaran agama Islam. 
  • Meningkatkan nilai kebaikan pada diri manusia yang sudah sesuai dengan ajaran Islam, sehingga tidak bergeser dan tergoda untuk melakukan tindakan maupun perilaku yang menyimpang dan bertentangan dengan agama. 
  • Meyakinkan bahwa semua hal yang sifatnya baik tentu akan mendatangkan kebaikan. Sementara itu, semua hal yang sifatnya negatif dan bertentangan dengan agama akan membawa kerusakan. 

Manfaat Pengajian

Tidak hanya itu, menghadiri pengajian rutin, baik di lingkungan perumahan, sekolah, kampus, kantor, hingga perkumpulan sosial juga mendatangkan banyak sekali manfaat untuk kehidupan. Berikut beberapa di antaranya seperti disebutkan Jurnal Istinarah, yaitu: 

  • Meningkatkan kesadaran pada diri terhadap pengetahuan, wawasan, dan ilmu agama Islam. 
  • Mengetahui bagaimana perilaku yang baik dan buruk dalam berbagai aspek, baik sesama manusia maupun makhluk hidup lainnya. 
  • Sebagai jaringan komunikasi, menjalin silaturahmi, dan meningkatkan ukhuwah antarsesama umat muslim. Misalnya, dalam membentuk tatanan kehidupan dan masyarakat yang lebih islami. Selain itu, diharapkan untuk bisa saling membantu dalam memberikan solusi terhadap suatu permasalahan.

Materi dalam Pengajian Rutin

Materi dalam pengajian rutin mengarah pada isi dari kajian itu sendiri. Biasanya, dalam sebuah kegiatan pengajian, materi yang diberikan merupakan semua hal dalam ajaran agama Islami dengan semua aspek yang mendukungnya. 

Ini termasuk membaca Alquran, mendalami Hadis, ilmu Tauhid, Akhlak, Fiqh, dan semua ajaran lain yang berkaitan dengan kehidupan sesuai amalan Islam. 

Misalnya, bagaimana mengatasi remaja yang sedang mencari jati diri, perihal perkawinan, ibadah sunah dan wajib, hukum waris, utang-piutang, hingga ibadah haji dan umrah. Adapun penjelasan lengkapnya sesuai dengan studi yang berjudul Fungsi Sosial Pengajian Rutin yaitu: 

  • Ilmu Akidah, meliputi keimanan manusia kepada Allah SWT, para Malaikat-Nya, semua Kitab-Nya, semua Rasul yang menjadi utusan-Nya, kepada hari akhir atau kiamat, dan iman kepada Qada serta Qadar.
  • Ilmu Syariah, misalnya ibadah shalat (baik shalat wajib maupun sunah), puasa (baik puasa wajib maupun sunah), menunaikan zakat, ilmu tentang ibadah haji dan umrah, serta ilmu yang berhubungan dengan muamalah.
  • Ilmu Akhlak, yang berupa akhlak manusia kepada Allah SWT dan semua makhluknya, termasuk diri sendiri, para tetangga, lingkungan sosial, tumbuhan, hewan, dan alam. 

Agama Islam memiliki ajaran tentang kehidupan dan semua aspek yang memiliki hubungan dengan hal tersebut. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa materi dalam agama Islam juga termasuk semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia itu sendiri.

Jika dilihat berdasarkan ruang lingkupnya, ilmu agama yang biasanya menjadi materi pengajian rutin, antara lain:

1. Ilmu Tauhid

merupakan ilmu dasar atau bisa disebut pondasi agama Islam. Sebab, pembahasan ilmu ini mencakup keberadaan Tuhan sebagai Sang Pencipta dan pemilik segalanya dan semua hal yang memiliki kaitan dengan Tuhan. Selain itu, ilmu Tauhid juga membahas mengenai ajaran keimanan, misalnya amalan enam rukun iman, lima rukun Islam, dan semua ajaran lainnya. 

2. Ilmu Fiqh 

Ilmu ini memiliki cakupan dua jenis, yaitu ilmu Fiqih Ibadah dan ilmu Fiqh Muamalah. Ilmu Fiqh Ibadah mengatur tentang hubungan manusia dengan Tuhan atau hablumminallah, termasuk di dalamnya adalah shalat, zakat, puasa, menunaikan nazar, haji, dan bentuk ibadah lainnya.

Sementara itu, ilmu Fiqh Muamalah yang mengatur tentang hubungan antarmanusia atau hablumminannas.  Bahasan untuk Fiqh Muamalah sendiri termasuk hukum pernikahan dan perceraian, aturan berdagang (termasuk jual beli dan sewa), ubudiyah, utang, jinayah, warisan, aturan tentang makanan yang halal dan haram, budi pekerti, dan lainnya. 

3. Ilmu Akhlak dan Tarikh

Selain itu, materi pengajian juga bisa berupa ilmu Akhlak dan Tarikh. Ilmu Akhlak sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu akhlak manusia kepada Tuhan, kepada sesama manusia, dan kepada lingkungan sekitar. Adapun penggolongan akhlak ini berupa akhlak terpuji atau mahmudah dan akhlak tercela atau mazmumah.

Sementara itu, ilmu Tarikh memiliki tujuan untuk menyalakan lagi semangat umat Islam saat ini. Sebab, ilmu ini menggambarkan bagaimana pengorbanan Rasulullah ﷺ  dan para sahabat dalam memperjuangkan Islam sebagai agama Allah سبحانه و تعالى pada zaman dahulu. 

Mengingat manfaat yang didapatkan, tidak ada salahnya untuk mengikuti pengajian secara rutin mulai sekarang agar hidupmu meningkat lebih baik lagi. Kamu bisa memanfaatkan kajian secara online yang terdapat di aplikasi mobile Hijra Bank. 

Aplikasi mobile Hijra Bank, selain sebagai platform perbankan digital syariah, juga terdapat fitur kajian live online yang digelar di setiap pekan atau bulannya. Ikuti kajian-kajian Islami dari Hijra Bank untuk menambah pengetahuanmu tentang Islam dan membuat hidupmu lebih baik lagi. 


Jika kamu terlewat mengikuti kajian online di aplikasi Hijra Bank, kamu bisa menontonnya lagi di recording kajian yang telah selesai. Segera unduh aplikasi mobile Hijra Bank untuk hidupmu yang lebih baik, dan menambah pemahamanmu tentang agama Islam. Hijra Bank kini sudah tersedia di

Artikel Terkait

Tags