keutamaan bersedekah di hari jumat

Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

Athariq Faisal

13 Jan 2023

4 Min Read

Hari Jumat adalah hari yang sangat spesial bagi umat Muslim. Bahkan hari Jumat bisa dikatakan sebagai hari raya untuk umat Muslim di setiap pekannya. Hari Jumat berbeda dari hari-hari yang lain. Hari Jumat memiliki keistimewaannya tersendiri.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, yang bunyinya seperti berikut:

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

Dengan kemuliaan hari Jumat, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amal soleh, termasuk sedekah. Ada pun beberapa keutamaan bersedekah di hari Jumat yang dikutip dari beberapa hadis Rasulullah SAW sebagai berikut.

1. Dilipatgandakan Pahala

Keutamaan bersedekah di Hari Jumat adalah dilipatgandakan pahala dari setiap amal kebaikan yang kita perbuat. Seperti dikutip dari hadis Rasulullah sebagai berikut:

“Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain.” (HR Abi Syaibah)

2. Didoakan Para Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang paling taat. Maka doa-doanya pun akan langsung diijabah oleh Allah SWT. Salah satu keutamaan sedekah di hari Jumat adalah didoakan oleh para malaikat. 

Seperti dikutip dari hadis Rasulullah sebagai berikut

“Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Membuka Pintu Rezeki

Rezeki memang sudah diatur oleh Allah SWT di Lauhul Mahfudz. Namun, deras atau tidaknya aliran rezeki itu bisa ditentukan oleh amal perbuatan seseorang. Sedekah di hari Jumat bisa membuka keran atau pintu rezeki yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. 

“Barangsiapa yang tujuannya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah.” (HR. At Tirmidzi)

4. Setara dengan Amal di Bulan Ramadan

Ramadan adalah salah satu bulan yang dimuliakan di dalam Islam. Begitu pun dengan hari Jumat, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bersedekah di hari Jumat maka setara dengan amal di bulan Ramadan.

Syaikhul Islam Ibnu Qayyim pun berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

5. Membawa Syafaat di Hari Akhir

Hari akhir atau hari kiamat adalah suatu kepastian dari Allah SWT. Tetapi kita sebagai manusia tidak mengetahuinya kapan akan terjadi. Di hari akhir amal perbuatan kita yang menjadi penolong kita dari segala fitnah yang terjadi. 

Salah satu penolong kita di hari akhir adalah amal sedekah di hari Jumat. Ibnu Khuzaimah pernah menyebutkan: “Naungan orang mukmin pada hari Kiamat kelak adalah sedekahnya” Hasan: Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, dinilai shahih oleh al-Albani yang terdapat dalam kitab Shahiih at-Targhiib (no. 872).

Semoga kita bisa senantiasa bersedekah khususnya di hari Jumat, terlebih dengan tulus dan ikhlas, hanya semata-mata mengharap ridha Allah, sehingga Allah pun akan ridha terhadapnya. 

Begitu pun juga Allah akan ridha sehingga saat kiamat tiba, barang siapa pun yang bersedekah akan dilindungi dan dinaungi oleh amalan baik sedekahnya ketika di dunia.

Kegiatan Sedekah di Hari Jumat yang Bisa Diamalkan

1. Sedekah Memberi Makanan 

Memberi makanan kepada siapa pun termasuk kepada jemaah sehabis pulang shalat Jumat. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang ingin mencari keberkahan di Hari Jumat. 

Bahkan, memberi makanan dalam rangka sedekah di Hari Jumat, tak hanya memberi makan kepada orang atau jemaah yang pulang shalat Jumat, tetapi kamu bisa memberi makanan kepada kaum dhuafa, seperti pemulung di tengah jalan. 

2. Sedekah Kotak Amal di Masjid

Salah satu amal sedekah yang paling banyak dilakukan orang saat Hari Jumat adalah memasukkan sedekah ke kotak amal di Masjid. Kotak amal akan digilir atau diputar ke seluruh jamaah shalat Jumat. 

3. Sedekah bersama Hijra Bank

Kali ini ada cara yang lebih mudah untuk kamu bersedekah. Hijra Bank membantu kamu memudahkan sedekah cukup dari ponselmu saja. Caranya dengan membuka akun atau rekening di aplikasi Hijra Bank. 

Seperti dalam peribahasa sambil menyelam minum air, membuka rekening di Hijra Bank selain tujuanmu untuk menabung agar mendapatkan kebaikan di masa depan, juga memberikan kebaikan bagi sesama dengan bersedekah dan tabungan amalmu di akhirat nanti. 

Mudah saja caranya, unduh aplikasi mobile Hijra Bank di Playstore atau Appstore, lalu lakukan registrasi sampai rekeningmu terverifikasi. Nah, setelah itu, ada voucher dari Hijra Bank yang bisa kamu gunakan untuk bersedekah. 

Insyaallah Hijra Bank akan menyalurkannya bersama partner yang sudah bekerjasama dengan Hijra Bank

Mulailah perjalanan hijrahmu bersama Hijra Bank dengan membagikan donasi ke program sosial pada saat membuka akun Hijra Bank dan donasi itu disediakan khusus oleh Hijra Bank. 

Hijra Bank memberikan voucher yang nantinya akan disedekahkan dan disalurkan oleh mitra yang sudah bekerjasama dengan Hijra Bank. 

Unduh aplikasi Hijra Bank di 

Artikel Terkait

Tags