sedekah subuh

Doa dan Tata Cara Sedekah Subuh yang Besar Pahalanya

Nadiyah Rahmalia Fatin

20 Mar 2023

4 Min Read

Bangun untuk salat subuh bukanlah hal yang mudah untuk semua orang. Oleh karena itu, salat subuh sendiri dikatakan lebih baik dari dunia dan seisinya.

Di waktu yang penuh keberkahan ini, alangkah baiknya jika kita lengkapi ibadah dengan membiasakan untuk bersedekah.

Mungkin bagi yang beribadah salat subuh di rumah bertanya-tanya, bagaimana caranya melakukan sedekah subuh jika tidak di masjid?

Pasalnya, tidak ada kotak amal untuk menaruh uang.

Lalu, untuk melakukan sedekah tersebut sendiri, apakah ada tata cara dan doa khusus?

Tenang, jangan khawatir. Dalam artikel ini, Hijra akan menjelaskannya untukmu.

Keutamaan Sedekah Subuh

Syekh Ali Jaber lewat situs BAZNAS Kabupaten Jombang menjelaskan kenapa subuh menjadi waktu yang khusus untuk sedekah.

Tak heran jika ada yang bertanya, kenapa subuh seperti istimewa? Kenapa berbeda dengan waktu lainnya, misalnya dzuhur atau ashar?

Menurut Syekh Ali Jaber, tentunya kita bebas saja mau bersedekah kapan pun, alias tidak ada larangannya.

Hanya saja, subuh ini memang waktu yang terbaik alias utama untuk bersedekah.

Hal ini dikatakan berdasarkan sebuah hadis yang diucapkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا ‏”‏‏.‏

Artinya:

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak”, sedangkan yang satu lagi berdoa “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR. Bukhari No. 1442 dan Muslim No. 1010)

Dari hadis tersebut, jelas bahwa sedekah di waktu subuh sangat istimewa sampai-sampai yang mengamalkannya didoakan langsung oleh malaikat.

Secara spesifik, waktu subuh ini adalah setelah kita melaksanakan salat subuh hingga sebelum matahari terbit, ya.

Doa Sedekah Subuh

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa tidak ada doa khusus sebelum melaksanakannya, alias kamu bisa langsung saja melaksanakan sedekah tersebut.

Akan tetapi, disarankan pula untuk menyampaikan doa kita dengan khusyuk sambil mengamalkan hal ini.

Utarakan niatmu dengan jelas dan mintalah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh jika kamu punya keinginan spesifik, misalnya:

“Ya Allah, dengan sedekah ini, mudahkanlah urusanku hari ini dan lancarkan rezekiku agar dapat segera melunasi utang yang kumiliki sekarang ini.”

Insyaa Allah, niat baik dan doamu dicatat dan disampaikan oleh malaikat.

Kamu juga bisa mengawali doa dengan bacaan “Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim”, yang artinya “Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Tata Cara Sedekah Subuh

1. Sedekah subuh di masjid

Melaksanakan sedekah subuh yang paling umum adalah di masjid, yaitu dengan memasukkan uang ke dalam kotak amal setelah salat.

Namun, tak menutup kemungkinan juga kamu dapat memberikan sedekah di luar masjid, yaitu ketika bertemu pengemis atau orang lainya yang membutuhkan.

Perlu diingat sedekah tidak hanya dapat diberikan kepada manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya, misalnya kucing jalanan.

Selain itu, kamu juga bisa bersedekah dengan bentuk selain materi, lho, misalnya dengan berbagi ilmu dengan mengajar ngaji, atau memberikan tausiyah setelah salat subuh.

2. Sedekah subuh di rumah

Untuk yang salat subuh di rumah, misalnya para akhwat yang memang lebih baik beribadah di rumah saja, kamu tetap bisa bersedekah meski tanpa adanya kotak amal.

Di era digital ini, kamu bisa mengirimkan uang secara digital ke rekening amal yang sudah banyak tersedia, seperti Kitabisa, Dompet Dhuafa, dan lainnya.

Kamu juga dapat bersedekah dengan berbagi makanan pada tetangga atau orang lain yang membutuhkan.

Pada intinya, begitu banyak cara bersedekah, dan tidak ada satu cara yang paling benar.

Yang penting, niatmu tulus dan dilakukan demi mencari rida Allah SWT.

Omong-omong soal transfer sedekah secara digital, kamu dapat melakukannya dengan mudah lewat aplikasi Hijra Bank, lho.

Saat ini, ada promo gratis transfer ke rekening mana pun, sehingga kamu bisa menghemat biaya agar dapat bersedekah lebih banyak.

Bukan itu saja, dengan fitur Hijra Box, kamu bisa memisahkan dana tabungan untuk sedekah dengan keperluan lainnya agar tidak tercampur dan lebih teratur.

Praktis, bukan? Yuk, download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait

Tags