rumah minimalis

7 Akun Desain Rumah Minimalis untuk Inspirasi Rumah Impianmu

Athariq Faisal

11 May 2023

6 Min Read

Instagram adalah salah satu platform terbaik untuk menemukan inspirasi visual, termasuk jika kamu sedang mencari inspirasi desain rumah minimalis.

Ada cukup banyak akun yang membagikan secara gratis pengetahuan, pengalaman, dan gagasan mereka terkait desain rumah minimalis yang banyak diminati masyarakat. 

Desain rumah minimalis sendiri cukup populer di berbagai belahan dunia selama beberapa tahun terakhir. Di Indonesia sendiri, konsep hunian minimalis memiliki antusiasme cukup tinggi lantaran ketersediaan lahan yang terbatas sehingga dapat menimbulkan kesan ruangan yang lengang serta tidak memerlukan bujet yang tinggi. 

Mengenal Konsep Rumah Minimalis

Meski ramai selama beberapa tahun terakhir terutama di kalangan milenial, konsep rumah minimalis sebetulnya sudah ada sejak abad ke-20. Adapun salah satu pernyataan Miles der Rogers yang berarti less is more cukup terkenal dalam lingkup desain minimalis. 

Lantas, apa sebenarnya konsep rumah minimalis? 

Seperti namanya, rumah dengan konsep minimalis adalah hunian yang memiliki desain sederhana—tidak terlalu banyak detail dan dekorasi. Prioritas utama dari desain ini adalah tatanan yang simpel dan efisien sehingga dapat memaksimalkan fungsinya.

Rumah dengan konsep minimalis umumnya memiliki bentuk yang sederhana dengan geometri dan garis yang bersih. Maksudnya, sudut-sudut rumah sengaja disederhanakan mengikuti bentuk geometri klasik.

Selain itu, berikut beberapa ciri rumah minimalis lainnya menurut Kompas.

  • Material sederhana, tetapi tidak menanggalkan kualitas.
  • Menggunakan warna monokrom.
  • Memiliki pencahayaan yang dramatis dengan banyak bukaan.
  • Minim ornamen.

Keuntungan Rumah Minimalis 

Ada cukup banyak keuntungan memiliki rumah minimalis. Tak hanya dari sudut pandang finansial, desain minimalis juga ternyata dapat memengaruhi kesehatan mental seperti berikut ini.

1. Hemat biaya

Selain jumlah lahan yang terbatas, harga properti juga terus melambung. Maka dari itu, desain rumah minimalis memungkinkanmu untuk bisa tinggal di rumah dengan lahan cukup tanpa merasa sumpek dan tetap merasa nyaman.

2. Perawatan yang mudah

Makin simpel desainnya, makin mudah merawatnya. Begitu pula dengan rumah. Bangunan minimalis memungkinkanmu lebih mudah untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu diperbaiki dan cara serta biaya untuk memperbaikinya pun cenderung lebih ramah kantong.

3. Menjadi investasi

Jika suatu saat kamu berniat untuk menjualnya, rumah dengan desain minimalis cenderung lebih mudah laku. Pasalnya pembeli jadi lebih mudah jika harus merombaknya. Selain itu, mereka tidak akan merasa “rugi” karena harus menghilangkan desain sebelumnya.

4. Menentramkan Hati dan Pikiran

Rupanya desain rumah juga memiliki dampak signifikan bagi tingkat kenyamanan orang untuk tinggal di dalamnya. Desain minimalis pun dapat membantumu merasa “cukup” dengan merasa nyaman di ruangan yang tidak terlalu ramai.

Rekomendasi Akun Instagram Rumah Minimalis 

Ada banyak pengguna Instagram yang kerap membagikan informasi dan inspirasi desain rumah minimalis. Kalau kamu sedang mencari referensi dan tips renovasi rumah minimalis, berikut beberapa akun yang bisa kamu singgahi.

1. @make_my_room.me

Akun Instagram ini khususnya sangat cocok untuk kamu yang masih tinggal sendiri. Kebanyakan konten yang disajikan adalah terkait penataan di kamar tidur dengan menggunakan konsep ala Asia timur pada umumnya, yakni kasur tanpa dipan.

Meski begitu, tidak semua konten di @make_my_room hanya memperlihatkan kamar dengan kasur tanpa dipan.

Kamu bisa menemukan bermacam-macam ide untuk mempercantik rumah minimalis dengan dekorasi simpel dan elegan di berbagai sudut rumah lainnya.

2. @mrs_pecker

Akun Instagram asal Jepang ini menampilkan berbagai sudut huniannya yang berupa apartemen. Dengan kombinasi warna putih dan nude yang earth tone, menyusuri feeds @mrs.pecker seperti menjadi terapi tersendiri.

@mrs.pecker membagikan penataan furnitur yang tepat sehingga apartemennya yang berukuran terbatas tampak lega—bahkan dengan tetap menghadirkan barang-barang yang esensial seperti rak, meja, sofa, dan lampu.

Kamu bisa menjelajahi akun ini untuk membuat ruang apartemenmu jadi terlihat menarik sekaligus lega.

3. @neie_architects

Siapa bilang desain minimalis hanya untuk rumah dengan lahan terbatas? Jika memiliki lahan yang cukup luas, kamu tetap boleh-boleh saja kok mengusung desain interior yang minimalis dan tetap cantik.

Kamu bisa mengintip inspirasi desain rumah minimalis untuk rumah-rumah besar di akun @neie_architects.

Akun ini membagi gambar sudut-sudut rumah dengan ukuran cukup luas yang mengusung tema minimalis dengan penggunaan kayu sebagai material utamanya.

4. @penta_room

Konsep rumah minimalis bisa diterapkan pada ukuran rumah sebesar apapun. Selain itu, desain ini juga bisa diterapkan pada individu yang belum menikah maupun yang sudah menikah.

@penta_room menunjukkan penataan rumah maupun apartemen  untuk sepasang orang tua dengan beberapa anak kecil. Di sini kamu bisa belajar banyak terutama bagaimana mengatur barang-barang yang perlu disimpan dalam hunian. 

5. @rumahminimalisid

Ini adalah akun Instagram Indonesia yang bisa kamu ikuti untuk memperoleh berbagai tips renovasi rumah minimalis. Konsep huniannya cocok dan dapat mudah ditiru sesuai kondisi Indonesia. @rumahminimalisid sehingga kamu bisa lebih mudah memperoleh inspirasi.

Akun ini juga menunjukkan dan membedah cukup lengkap unit-unit yang ditampilkan.

Kamu pun bisa mengumpulkan referensi untuk renovasi rumah minimalis mulai dari tampilan bangunan dari luar hingga bagian dalam di masing-masing ruangan.

6. rumah.minimalisan

Inspirasi desain rumah minimalis berikutnya bisa kamu peroleh dari akun @rumah.minimalisan.

Properti yang ditampilkan kebanyakan merupakan unit bangunan perumahan khas Indonesia dengan lahan dan layout yang hampir sama sehingga kamu bisa punya banyak referensi.

@rumah.minimalisan juga menampilkan desain rumah-rumah sederhana lahan terbatas dengan sentuhan yang cukup beraneka ragam.

Kamu juga bisa, lho, menemukan inspirasi rumah mungil yang ternyata menyimpan kolam renang di dalamnya!

7. @hase_home

Kalau suka dengan nuansa hangat kayu, jangan lupa untuk mampir dan follow akun @hase_home.

Di sini kamu akan menemukan kesan homey yang hangat sekaligus mahal meski penataannya cukup simpel.

Jumlah furnitur dan dekorasi yang berada di rumah ini cukup terbatas, tetapi kamu dapat belajar memilih furnitur dan dekorasi yang tepat untuk membuat rumah terlihat cantik dengan sedikit saja sentuhan.

Itulah beberapa rekomendasi akun Instagram yang bisa kamu kunjungi untuk memperoleh inspirasi desain rumah minimalis. Ada banyak tips renovasi rumah minimalis yang bisa kamu contoh dan sesuaikan dengan kondisi serta karakter hunianmu sendiri.

Jangan lupa, dapatkan aplikasi Hijra Bank di Play Store atau App Store sekarang dan manfaatkan fitur Hijra Box. 

Dengan fitur ini, kamu pun jadi lebih mudah menyimpan dana untuk keperluan renovasi rumah impian tanpa harus takut bercampur dengan uang untuk keperluan lainya.

Langsung download dengan klik tombol di bawah ini, ya!

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait