cara membeli rumah tanpa riba

Tak Usah Khawatir, Ini 4 Cara Membeli Rumah Tanpa Riba

Hijra

14 Feb 2023

5 Min Read

Program kredit jadi salah satu alternatif paling banyak digunakan untuk membeli rumah di masa kini. Meski sebagian orang menyambut layanan ini dengan antusias, sebagian lainnya masih merasa khawatir lantaran adanya riba dalam skema transaksi tersebut. Lantas, adakah cara membeli rumah tanpa riba di saat kini harga properti terus melambung tinggi? 

Tren Harga Properti

Kebutuhan dan permintaan atas rumah kini didominasi oleh kelompok muda, terutama dari generasi milenial dan Z yang juga merupakan kelompok terbesar populasi saat ini. Namun, keterbatasan lahan membuat unit properti yang tersedia pun jadi makin terbatas. Karena itulah, bukan hal mengherankan mengapa harga rumah terus naik sebagaimana hukum permintaan dan penawaran berlaku. 

Tren harga rumah pun terus meningkat. Selama tiga tahun terakhir misalnya, terjadi kenaikan harga properti 10% di Indonesia meski sempat mengalami perlambatan pada awal pandemi 2020-2021.

Waktu yang Tepat untuk Beli Rumah 

Mengingat rumah merupakan kebutuhan primer, banyak orang yang khawatir jika menunda terlalu lama membeli rumah akan membuat makin mustahil untuk mereka memiliki tempat tinggal sendiri. 

Kalau kamu juga berada di situasi ini, jangan terlalu khawatir sampai membuatmu mengambil keputusan yang salah. Setidaknya, berikut adalah beberapa waktu yang tepat membeli rumah agar tak memberatkanmu di kemudian hari.

1. Memiliki Penghasilan Cukup dan Stabil

Membeli rumah memerlukan biaya tidak sedikit. Sekalipun kamu berencana menggunakan skema kredit, ada tanggung jawab cicilan bulanan yang harus kamu penuhi selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun mendatang.

Maka dari itu, pastikan kamu mempunyai penghasilan yang cukup dan stabil. Tentunya, kamu juga harus menghitung kemampuan untuk melunasi kesepakatan tanpa mengorbankan kebutuhan primer lainnya.

2. Manfaatkan Momentum

Ada beberapa momen saat harga properti turun dan jadi kesempatan emas bagi orang yang sudah mempersiapkan diri membeli rumah. Saat pandemi kemarin misalnya, permintaan pasar menurun drastis sehingga para developer pun menjual dengan harga lebih rendah.

Selain masa-masa krisis, pasar yang terlalu jenuh juga bisa jadi kesempatan. Maksudnya adalah saat terlalu banyak developer yang menyediakan rumah sehingga mereka harus bersaing satu sama lain, maka mereka pun biasanya menjual dengan harga lebih murah agar menarik perhatian konsumen.

3. Saat Pameran atau Pembukaan (Launching)

Jangan ragu untuk datang ke berbagai pameran atau bahkan berkunjung di booth yang tersedia di pusat perbelanjaan atau tempat publik lainnya. Di momen-momen ini, developer biasanya juga menawarkan harga murah.

Slot unit yang tersedia juga pasti lebih sedikit. Maka dari itu, tak ada salahnya kamu berkunjung ke seasonal event semacam ini untuk mendapat penawaran terbaik.

Jenis-Jenis Pembiayaan Rumah 

Berita baiknya, ada beberapa cara membeli rumah tanpa riba yang bisa kamu pilih, lho, antara lain sebagai berikut:

1. Cash Keras

Cara ini termasuk cara beli rumah secara syariah karena tidak melibatkan riba—bahkan tidak melalui perantara bank sekalipun. Cash keras alias tunai adalah pembelian rumah langsung antara pembeli dan penerima.

Umumnya, pembeli harus melunasi pembayaran dalam jangka waktu maksimal 1 bulan setelah terjadi kesepakatan pembelian. Dokumen persyaratannya juga lebih ringkas dan developer atau penjual kerap memberi banyak diskon.

3. Cash Bertahap

Cash bertahap juga tidak memerlukan perantara maupun bank dalam pelunasan. Nyaris sama dengan cash keras, tetapi dalam cash bertahap kamu sebagai pembeli biasanya memiliki keleluasaan untuk pelunasan—umumnya maksimal selama tiga tahun tanpa bunga.

4. KPR

Kredit Pemilikan Rumah alias KPR merupakan pembelian rumah melalui perantara bank. Kamu akan melakukan pengajuan kepada bank, lalu bank akan melakukan penilaian. Jika memenuhi syarat, maka permohonan akan disetujui.

KPR memungkinkanmu mencicil hingga 25 tahun, tergantung kebijakan masing-masing pemberi kredit. Dengan begitu, cicilan per bulannya juga tentu lebih ringan dibandingkan cash bertahap.

Cara Beli Rumah Tanpa Riba 

Mempunyai rumah sendiri tanpa harus menggunakan layanan riba sangat mungkin untuk dilakukan. Untuk kamu yang berencana membeli rumah tanpa riba, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Menyiapkan Dana Sedini Mungkin

Cara beli rumah tanpa riba ini sangat dianjurkan jika kamu sedang tidak terburu-buru untuk membeli rumah atau masih berusia muda. Adapun selain menabung atau menyimpan uang biasa, kamu bisa mengembangkan dana tersebut seperti melalui P2P lending syariah.

Layanan P2P lending tidak cuma membantu menjaga nilai dari aset yang kamu punya, tetapi juga memberi imbal hasil. Dengan begitu, total dana yang kamu miliki di akhir masa pinjaman pun lebih banyak.

2. Beli Langsung dengan Cash Bertahap 

Kalau memiliki dana yang cukup, kamu bisa langsung membeli rumah dengan cash keras maupun cash bertahap sesuai kemampuan. Kamu bahkan bisa mendapat potongan khusus dan beberapa bonus tambahan seperti furnitur atau perlengkapan rumah lain.

Selain itu, membeli rumah secara tunai akan membuatmu merasa lebih tenang pula. Kamu dapat fokus mengelola keuangan untuk kebutuhan lainnya dan bahkan menabung dengan tenang untuk cita-cita lainnya.

3. Ajukan Pembiayaan ke Developer Syariah 

Cara beli rumah syariah berikutnya adalah dengan membeli unit di developer syariah. Transaksi jual-beli di developer syariah tidak melibatkan bank dan dapat disesuaikan dengan ketersediaan dana yang Anda miliki atau mampu.

Ada beberapa keuntungan membeli rumah di developer syariah, antara lain:

  • Tidak ada denda maupun sita jika terlambat melakukan pembayaran. Permasalahan diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai win-win solution.
  • Cicilan flat sampai akhir tenor yang disepakati karena tidak mengikuti suku bunga.

4. Ajukan KPR Lewat Bank Syariah 

Belum semua daerah memiliki developer syariah. Jika tidak ada developer syariah di daerah yang kamu inginkan atau unit yang kamu idamkan dikembangkan oleh developer konvensional, maka kamu bisa mengajukan KPR di bank syariah.

Batas tenor KPR syariah umumnya maksimal 15 tahun  sehingga masih cukup panjang. Walau begitu, kamu perlu disiplin dalam melakukan pembayaran karena adanya denda yang dikenakan apabila kamu terlambat membayar.

Nah, itulah beberapa cara membeli rumah tanpa riba yang bisa kamu lakukan. Ternyata masih ada banyak alternatif untuk tetap memiliki hunian sendiri tanpa menyalahi syariat agama Islam, bukan?

Persiapkan dana tabunganmu sedini mungkin agar kelak bisa membeli rumah secara tunai tanpa harus melibatkan riba! Pisahkan tabunganmu dengan urusan dan kebutuhanmu yang lain dengan fitur Hijra Box yang terdapat di aplikasi Hijra Bank. 

Dengan Hijra Box kamu dapat mengatur pos pendapatanmu tanpa harus tercampur dan membuka banyak rekening di bank lain. Cukup satu rekening di Hijra Bank, kamu bisa mengatur pos anggaran keuanganmu.

Dapatkan dan unduh aplikasi mobile Hijra Bank yang sudah tersedia di

Artikel Terkait

Tags