tayangan animasi islami

5 Rekomendasi Tayangan Animasi Islami Ajak Anak Belajar Budi Pekerti

Athariq Faisal

1 Nov 2022

4 Min Read

Sebagai orang tua kita ingin anak-anak kita mendapatkan tontonan sekaligus tuntutan yang mengajarkan ilmu agama dengan benar. Apalagi di zaman sekarang, gadget sudah sangat familiar bagi anak-anak. 

Sebagai orang tua kita harus hati-hati memberikan tontonan kepada anak melalui gadget. Semakin mudahnya akses internet di gadget saat ini sangat berpotensi bagi anak-anak kita mengakses segala macam konten di dunia maya. Oleh karena itu sebagai orang tua, kita harus pandai memilihkan tontonan di gadget yang sesuai dengan umur anak. 

Di berbagai platform penyedia video banyak sekali tontonan anak yang bisa kita berikan sebagai salah satu bahan pendidikan khususnya untuk pendidikan agamanya. Karena pendidikan agama yang ditanamkan sejak kecil akan menjadi fondasi yang kuat untuk kehidupan sang anak kelak ia dewasa. 

Pendidikan agama Islam yang mendasar seperti doa-doa harian akan semakin mudah diserap melalui tayangan animasi. Tayangan tersebut berbentuk animasi kartun yang sangat disukai anak.

Apa saja tayangan anak Islami yang tersedia di platform video, berikut 5 terbaik untukmu. 

Tayangan Animasi Islami untuk Anak

1. Nussa dan Rara

Tayangan Animasi Islami

Nussa dan Rara adalah salah satu tayangan anak Islami anak yang paling populer. Tayangan animasi Nussa Rara berawal dari series yang kemudian dibuatkan ke dalam versi film layar lebarnya. 

Film animasi ini dibuat oleh 130 animator Indonesia ini bercerita tentang keseharian anak-anak dan konflik kecil antara kakak dan adik (Nussa dan Rara). Konflik-konflik kecil yang dihadirkan dalam film ini memang sering dijumpai di masyarakat. 

Nussa merupakan seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun yang hadir sebagai karakter utama dalam cerita. Ia memiliki sifat anak kecil pada seusianya, terkadang dia mudah marah, dan merasa hebat dengan diri sendiri.

Selain itu, Nussa memiliki sifat keingintahuan yang tinggi tentang luar angkasa sehingga membuatnya ingin menjadi astronaut dan hafiz Quran, sebagai bentuk bakti kepada orang tua. Nussa sering kali menjadi pemecah masalah pada sebuah konflik di cerita tertentu.

Kemudian ada karakter Rara yang merupakan adik Nussa. Rara adalah seorang anak perempuan berusia lima tahun yang memiliki sifat pemberani, selalu aktif, periang, dan berimajinasi tinggi. Rara juga memiliki sifat anak kecil di seusianya yang suka ceroboh dan tidak sabaran, dan hal ini sering dijadikan sebagai salah satu permulaan konflik cerita dari karakter Rara. 

2. Riko The Series

Tayangan Animasi Islami

Riko The Series adalah tayangan anak Islami yang menyajikan konten sains yang ada di dalam Al Quran. Serial ini bercerita tentang Riko seorang anak yang energik dan menawan, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. 

Rasa ingin tahu membuatnya selalu bertanya dan suka bereksperimen dengan hal-hal baru yang berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Setiap hari Riko ditemani oleh Q110, robot yang selalu menjawab semua keingintahuan Riko sesuai dengan Al-Qur’an.

3. Omar & Hana

Tayangan Animasi Islami

Tayangan anak Islami ini sama seperti Upin & Ipin, berasal dari Malaysia besutan studio Digital Durian, perusahaan animasi asal Malaysia yang juga menciptakan kartun animasi lainnya yakni Didi & Friends.Selain digemari di Malaysia, serial memiliki basis penggemar di Indonesia, Brunei Darussalam, Inggris, Afrika, dan Amerika Serikat.

Serial Omar & Hana menyampaikan nilai-nilai Islami kepada anak-anak. Pesan-pesan dan nilai-nilai Islami tersebut disisipkan dalam setiap tayangannya dengan cara menyenangkan dan tidak menggurui. 

Dikutip dari Republika karakter-karakter yang lucu di serial animasi Omar & Hana ini memiliki warna-warna yang cerah, serta musik yang riang membuat animasi produksi Digital Durian ini menjadi sahabat anak. 

Ilmu pendidikan Islami yang dimaksud diantaranya nilai kasih sayang dan kemanusiaan. Selain itu serial animasi Omar & Hana juga memasukkan konten doa-doa harian yang mudah dihafalkan oleh anak-anak. Tujuannya, kata dia, agar jati diri seorang anak sebagai Muslim tertanam kuat sejak dini. 

4. Hafiz & Hafizah

tayangan animasi islami

Serial animasi ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari saudara kembar Hafiz dan Hafizah. Mereka adalah anak berumur 9 tahun yang tinggal bersama sang ayah yang juga merupakan seorang ustaz. 

Hafiz dan Hafizah adalah anak-anak penghafal Al Quran yang dididik langsung oleh ayah mereka. Serial animasi Hafiz dan Hafizah juga menampilkan persahabatan mereka dengan Niko, Ina, Kubil, dan Humaira. Mengusung motto cerdas dan saleh, animasi Hafiz & Hafizah sangat kental dengan nuansa islami. Tiap episodenya menampilkan Hafiz, Hafizah, dan teman-teman mereka dalam mempelajari nilai-nilai Islam lewat permasalahan yang mereka hadapi sehari-hari.

5. Salman & Sofia

Berbeda dari animasi anak Islami lainnya, tayangan Salman & Sofia merupakan animasi anak Islami yang memuat konten animasi dan lagu-lagu ceria tentang hafalan dan doa untuk sehari-hari. Seperti doa sebelum makan, berbuka puasa, naik kendaraan, niat puasa ramadhan, dan sebagainya. 

Demikian 5 rekomendasi tayangan anak Islami untuk buah hati tercinta, agar pemahaman tentang agamanya mudah diserap melalui tayangan-tayangan tersebut. Tambah pula pengetahuan dan ilmu keislamanmu lebih baik lagi bersama para asatiz dan ahlinya di Hijra Lifestyle. 

Daftar Hijra Lifestyle dari ALAMI untuk dapatkan untaian ilmu dan hikmah dari para ustaz dan narasumber terpercaya. Daftar Hijra Lifestyle dengan klik di sini

Artikel Terkait

Tags