work life balance

Life Upgrade dengan Aplikasi Hijra Bank: Dapatkan Inspirasi Kebaikan yang Penuh Arti

Athariq Faisal

8 Dec 2022

4 Min Read

Istilah work life balance di kalangan pekerja khususnya di kalangan generasi z sudah tidak asing lagi. Work Life Balance bermakna, kemampuan seseorang menyeimbangkan tanggung jawabnya dalam pekerjaan dengan hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. 

Sementara menurut Hudson, ada aspek-aspek dalam work life balance dalam kehidupannya antara lain keseimbangan waktu. Proporsi waktu yang diluangkan untuk pekerjaan dan hal- hal di luar pekerjaan tentunya sangat menentukan dalam upaya tercapainya work life balance

Apalagi jika beban kerja terlalu berat sehingga menimbulkan burnout , maka otak dan hati perlu diisi kembali oleh hal – hal positif. Sebenarnya dalam Islam diajarkan tentang keseimbangan duniawi dan akhirat, yang mana hal ini juga bisa disebut sebagai work life balance.

Dalam Islam seseorang diwajibkan untuk bekerja mencari nafkah, dan memberikan kedudukan mulia bagi mereka yang berusaha mencari nafkah. Orang yang berangkat kerja mencari nafkah akan lebih mulia dibandingkan dengan orang yang berdiam berpangku tangan, sebagaimana pada beberapa hadits berikut :

“Dalam sebuah hadits Rasulullah  SAW bersabda: Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan karena bekerja pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni Allah” (Hadits Riwayat Ahmad & Ibnu Asakir )

Meski mencari bekerja mencari nafkah itu adalah sebuah kewajiban, tetapi ada satu sisi yang tidak boleh kita lewatkan yakni hubungan kita dengan Sang Pencipta, Allah Azza Wa Jalla. Kepentingan akhirat perlu juga kita pikirkan selama kita hidup di dunia. 

Karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT, diciptakan untuk beribadah. Sebagaimana disebutkan dalam surat Adz-Dzariat ayat 56. Artinya:

 “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. 

Seseorang yang termasuk ke dalam golongan yang selalu menyimbangkan antara dunia dan akhirat, memiliki pandangan dunia ini adalah tempat atau ladang kita berusaha dan beribadah, dan hasilnya akan dinikmati di akhirat. 

Work Life Balance Dunia dan Akhirat

Menyeimbangkan antara dunia dan akhirat perlu dibarengi dengan pandangan tentang hidup lurus di jalan Allah SWT. Ada tiga hal yang perlu dilakukan agar kehidupan untuk duniawi dan akhirat bisa seimbang;

1. Kehidupan di Akhirat Menjadi Tujuan

Allah SWT berfirman dalam QS Al Qasas ayat 77 yang artinya sebagai berikut: 

“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baik (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

Dari ayat ini kita bisa belajar bahwa yang kita kejar adalah kebahagiaan hidup di akhirat. 

Di sini terlihat dengan jelas bahwa yang harus kita kejar adalah kebahagiaan hidup akhirat. Mengapa? Karena di sanalah kehidupan abadi. Tidak ada mati lagi setelah itu. 

Di ayat lain pun Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan sesungguhnya akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya” (QS. Al-Ankabut: 64).

2. Berusaha Hidup Menjadi Lebih Baik Lagi 

Masih dari kutipan QS Al Qasas ayat 77, Allah SWT memerintahkan agar kita selalu berbuat baik kepada siapa pun, sebagaimana Allah SWT pun berbuat baik kepada hamba-Nya. 

Allah telah menciptakan dunia dan seisinya untuk manusia, sebagai sarana menuju akhirat. Allah juga telah menjadikan dunia sebagai tempat ujian bagi manusia, untuk mengetahui siapa paling baik amalnya, siapa yang paling baik hati dan niatnya.

Namun, manusia seringkali karena keserakahannya berambisi untuk memiliki kekayaan dan harta benda, kekuasaan, pangkat kehormatan dengan tidak memperhatikan atau mengabaikan hak-hak Allah, rasul-Nya. 

Maka dari itu Allah mengingatkan bahwa selamanya manusia akan terhina dan merugi, jika tidak memperbaiki hubungannya dengan Allah (hablum minallah) dan dengan sesamanya-manusia (hablum minannas).

3. Menjaga Lingkungan

Dalam QS Al Qasas ayat 77 pun Allah SWT memerintahkan kita agar selalu menjaga lingkungan sekitar dan tidak merusaknya. Seperti yang telah dikatakan di atas, dunia adalah tempat atau ladang kita untuk meraih kebahagiaan di akhirat. Maka dari berbuat baiklah terhadap sesama makhluk Allah SWT dan memberi kebermanfaatan bagi sesama. 

Untuk membantumu agar bisa seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat, perlunya sebuah aplikasi yang bisa kamu akses cukup dari genggamanmu. Dapatkan berbagai kebutuhanmu untuk keuangan dan keilmuan tentang Islam di aplikasi mobile Hijra Bank.

Tak hanya itu jika kamu ingin memberi kebermanfaatan bagi sesama, setelah terdaftar sebagai nasabah aplikasi mobile banking Hijra Bank, kamu akan langsung dibekali dana untuk program donasi sosial terpilih. 

Ayo tingkatkan hidupmu lebih baik lagi bersama Hijra Bank! Segera download aplikasinya di

Artikel Terkait

Tags