tips-interview-kerja

6 Tips Interview Kerja Fresh Graduate: Menjawab Pertanyaan Jebakan

Athariq Faisal

23 Jan 2023

5 Min Read

Menjawab pertanyaan jebakan saat interview kerja bisa menjadi salah satu momen paling menegangkan bagi fresh graduate. Pertanyaan tipe ini biasanya diajukan dengan tujuan menguji kemampuan dan kecerdasan seseorang, sekaligus untuk mengetahui bagaimana cara seseorang menyikapi situasi tidak terduga.

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips interview kerja yang bisa membantumu menjawab pertanyaan jebakan. Dengan mempersiapkan diri dan mengetahui beberapa tips yang tepat, kamu bisa dengan mudah menjawab dan membuktikan bahwa kamu adalah calon karyawan yang tepat.

Tips Interview Kerja Untuk Lulusan Baru

Wawancara kerja adalah tahap penting dalam proses rekrutmen pekerjaan. Cara kamu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara sangat menentukan apakah kamu akan lolos atau tidak pada tahap tersebut. 

Berikut beberapa tips interview kerja bagi fresh graduate yang bisa membantumu menghadapi wawancara kerja dengan lebih percaya diri dan santai.

  1. Persiapkan diri dengan baik.

Cari informasi tentang perusahaan yang akan mengadakan wawancara kerja, baca dan pahami dengan baik job description yang ditawarkan, dan pastikan kamu memahami apa yang dicari oleh perusahaan tersebut dari seorang kandidat.

  1. Jadilah diri sendiri.

Jangan mencoba menjadi seseorang yang bukan dirimu sendiri saat wawancara kerja. Pewawancara akan lebih tertarik dengan sosok yang jujur dan autentik daripada yang berpura-pura menjadi seseorang yang lain.

  1. Sampaikan kelebihan-kelebihanmu dengan bijak.

Jangan terlalu sombong atau terlalu rendah diri saat menyampaikan kelebihan-kelebihanmu. Sampaikan saja dengan sederhana dan jelas, sambil menunjukkan bagaimana kelebihan tersebut dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

  1. Tunjukkan minat dan antusiasme terhadap pekerjaan yang ditawarkan.

Tips interview kerja yang satu ini amat penting karena pewawancara ingin melihat bahwa kamu benar-benar tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan dan siap untuk belajar dan berkembang bersama perusahaan.

  1. Berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan.

Latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum seperti “ceritakan diri kamu”, “mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?”, dan “apakah kamu memiliki kelemahan?”, dapat membantumu menjadi lebih percaya diri saat wawancara nantinya.

  1. Tetap santai dan tenang.

Jangan terlalu gugup saat wawancara. Cobalah untuk tetap santai dan tenang, pastikan untuk mendengarkan dengan saksama pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.

Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan

Cemas tentang pertanyaan jebakan yang mungkin akan diberikan saat interview? Jangan khawatir, pertanyaan jebakan hanya salah satu cara tim HRD untuk mengetahui lebih banyak tentang kamu. Siapkan diri, tunjukkan kemampuan terbaik, dan hadapi ini dengan lebih percaya diri. Dirangkum dari Id.Prosple dan sumber lainnya, simak tips interview kerja dalam menjawab pertanyaan jebakan berikut.

Apa Kelebihan dan Kekuranganmu?

Untuk menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekuranganmu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

  1. Pertimbangkan secara jujur, yang sebenarnya ada pada diri kamu, bukan yang diinginkan atau yang dirasa seharusnya ada.
  2. Beri contoh spesifik; jangan hanya menyebutkan daftar kelebihan dan kekurangan, tetapi beri contoh konkret tentang bagaimana kelebihan atau kekurangan tersebut telah membantu atau menghambatmu di masa lalu.
  3. Ceritakan bagaimana kamu sedang berupaya meningkatkan kelebihan dan mengatasi kekuranganmu. Ini menunjukkan bahwa kamu terbuka terhadap kritik dan siap untuk terus belajar dan tumbuh.

Ingat, lebih baik beri lebih banyak contoh tentang kelebihan. Namun, bila harus menyebutkan kekuranganmu, pastikan untuk menyampaikannya dengan cara yang positif.

Misalnya, kamu kurang baik dalam berkomunikasi di depan umum, maka katakan bahwa kamu sedang belajar dan berlatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasi di depan umum.

Mengapa Ingin Bekerja Di Sini?

Berikut adalah beberapa cara untuk menjawab pertanyaan ini:

  1. Ungkap alasan yang sebenarnya, termasuk mencari tahu tentang perusahaan tersebut dan apa yang membuatmu tertarik untuk bekerja di sana.
  2. Jelaskan bagaimana visi dan misi perusahaan tersebut sejalan dengan minat dan nilaimu, dan bagaimana kamu ingin terlibat dalam mencapai tujuan tersebut.
  3. Jelaskan bagaimana kemampuan dan pengalamanmu sesuai dengan posisi yang dilamar. Juga bagaimana kamu dapat berkontribusi positif bagi perusahaan.

Ceritakan bagaimana kamu telah melakukan riset tentang perusahaan tersebut. Ini menunjukkan keseriusanmu dan telah mempertimbangkan kemampuan dan keinginanmu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Apa Arti Sukses Bagimu?

Simak tips interview kerja dalam menjawab pertanyaan tentang arti sukses bagimu berikut ini.

  1. Pikirkan baik-baik, apa arti sukses sebenarnya untuk kamu? Bisa berupa karier yang sukses, kesejahteraan finansial, atau kebahagiaan pribadi.
  2. Jelaskan dan beri contoh spesifik tentang bagaimana kamu telah mencapai tujuan di masa lalu dan apa yang kamu pelajari dari proses tersebut.
  3. Ceritakan singkat tentang bagaimana kamu sedang mengejar tujuanmu saat ini dan apa yang kamu lakukan untuk mencapainya.
  4. Katakan bahwa kamu berencana untuk terus mengejar tujuanmu dan mencapai keberhasilan di masa depan.

Jangan lupa untuk menekankan bagaimana kamu menentukan sukses secara holistis, termasuk kebahagiaan pribadi, hubungan dengan orang lain, dan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar.

5 Tahun ke Depan, Apa Rencana Hidupmu?

Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini tergantung pada situasi dan konteks pertanyaannya. Namun, beberapa tips ini dapat membantumu:

  1. Jadikan jawabanmu spesifik, tetapi tidak terlalu terikat. Misalnya, sebutkan beberapa tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, seperti menyelesaikan studi atau memulai bisnis, tetapi sebutkan pula bahwa kamu terbuka untuk peluang baru yang mungkin muncul di masa depan.
  2. Jelaskan bagaimana kamu akan mencapai tujuan-tujuan tersebut. Ini akan membantumu tampil lebih terorganisasi dan terfokus.
  3. Jangan merasa tertekan untuk memberikan jawaban yang sempurna. Jujur dan terbuka saja tentang rencana-rencana yang masih dalam tahap perencanaan.

Pastikan untuk tetap sopan dan profesional dalam menjawab pertanyaan ini. Jangan memberi jawaban yang terlalu pribadi atau justru tidak relevan.

Ada Pertanyaan untuk Kami?

Bila kamu memiliki pertanyaan, jawablah dengan jujur dan spesifik, tetapi tetap dalam konteks. Misalnya, tentang proses rekrutmen atau tentang visi dan misi perusahaan. Namun, jika tidak memiliki pertanyaan, jawab dengan menyatakan bahwa kamu telah mengetahui informasi yang dibutuhkan atau bahwa kamu sudah terbantu dengan jawaban-jawaban yang telah diberikan sebelumnya.

Demikian beberapa tips interview kerja untuk fresh graduate. Dengan menunjukkan bahwa kamu memiliki rencana yang terstruktur dan terfokus, peluang untuk lolos dalam proses interview kerja akan makin tinggi. Jadi, jangan takut untuk menjawab pertanyaan jebakan dengan percaya diri.Bagi fresh graduate yang ingin sejahtera secara finansial, kamu bisa mulai mengatur keuangan sesuai kebutuhan menggunakan fitur Hijra Box dari Hijra Bank. Selain tabungan dengan akad wadiah yad al-dhamanah, aplikasi perbankan Hijra Bank juga memiliki fitur-fitur Islami untuk membantu ibadah kamu sehari-hari seperti pengingat waktu salat, Al-Quran digital, serta penunjuk arah kiblat. Selain itu, manfaatkan juga fitur kajian Hijra dan Tanya Ahlinya untuk perkaya khazanah keilmuan kamu tentang Islam dan tema-tema lain. Yuk nikmati transaksi aman, mudah, dan yang pasti sesuai syariah. Unduh dan daftar Hijra Bank sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Tags