Tanaman Indoor yang Cocok untuk Rumah Tanpa Halaman

10 Tanaman Indoor yang Cocok untuk Rumah Tanpa Halaman

Athariq Faisal

6 Jul 2023

4 Min Read

Penghijauan rumah dengan tanaman adalah salah satu cara untuk memperbaiki suasana hati dan membuat lingkungan asri. Menurut Lindsay Pangborn, ahli perkebunan di Bloomscape, tanaman bahkan bisa meningkatkan kreativitas dan mengurangi stres. Tanaman juga memberikan efek gezellig”, sebuah kata dalam bahasa Belanda yang berarti rasa nyaman dan relaks.

Biasanya, orang-orang akan menyediakan halaman di rumah supaya tanaman yang mereka pelihara bisa terkena sinar matahari langsung. Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki halaman?Berikut tanaman indoor yang cocok untuk rumah tanpa halaman, bikin hunian semakin asri.

Kamu masih harus menabung untuk membeli tanaman indoor yang cocok untuk rumah tanpa halaman? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan tabungan Hijra Bank. 

Buat anggaran keuangan khusus untuk membeli tanaman hias untuk rumahmu dengan fitur Hijra Box.  Kamu bisa buat hingga dua puluh pundi-pundi finansial yang bisa kamu sesuaikan dengan tujuan finansial yang hendak kamu capai. 

Download aplikasi Hijra Bank dengan klik tombol di bawah ini!

10 Tanaman Indoor yang Cocok untuk Rumah Tanpa Halaman

Tanaman Indoor yang Cocok untuk Rumah Tanpa Halaman

Sumber : Envato

1. Rosemari

Rosemari merupakan salah satu rempah asal Mediterania yang sering dipakai dalam masakan Italia, seperti risoto, pasta, dan piza. Tanaman ini biasanya tumbuh di luar ruangan, tetapi bisa juga ditaruh di dalam ruangan jika dirawat dengan penuh perhatian. Rosemari indoor dapat tumbuh dengan cantik jika diletakkan di jendela yang terpapar sinar matahari langsung dan disiram secukupnya.

2. Lidah Buaya

Baik di luar maupun dalam ruangan, lidah buaya sudah biasa dipelihara oleh orang-orang. Penanaman lidah buaya bahkan sudah terjadi sejak ribuan tahun lalu karena manfaatnya yang besar bagi pengobatan tradisional. Lidah buaya cocok untuk pemilik yang sibuk atau sering lupa menyiram tanaman.

Pilihlah spot di rumah yang terkena sinar matahari langsung untuk menaruh lidah buaya. Seperti tumbuhan sukulen pada umumnya, lidah buaya lebih suka lingkungan yang kering. Jadi, cukup siram lidah buaya sekali per dua minggu.

3. Sirih Gading

Sirih gading (Epipremnum aureum) dikenal dengan daunnya yang berbentuk hati nan elok. Tanaman ini mampu beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan dan tidak harus disiram terlalu sering. Sirih gading juga termasuk tanaman indoor yang cocok untuk rumah tanpa halaman karena lebih menyukai paparan cahaya matahari tak langsung.

4. Lidah Mertua

Lidah mertua (Sansevieria) termasuk tanaman indoor terpopuler saat ini. Tak hanya untuk mempercantik ruangan, tumbuhan ini dapat memfilter udara dari berbagai hal, seperti karbon dioksida, debu, polutan, dan formalin. Lidah mertua sangat mudah dirawat karena bisa bertahan di suhu ruangan dan tak perlu sering-sering disiram.

5.  Peace Lily

Peace Lily (Spathiphyllum wallisii) ialah tanaman dalam ruangan yang bentuk bunganya yang menyerupai bunga dari daerah eksotis. Tumbuhan ini dikenal sebagai salah satu tanaman penyegar udara terbaik. Peace Lily lebih baik ditempatkan di spot yang tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, cukup siram tanaman ini ketika tanahnya sudah mengering.

6. Sri Rezeki

Tanaman yang bernama lain Aglaonema ini terdiri dari dedaunan berwarna hijau gelap yang berpadu dengan warna perak. Sri rezeki sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang tidak terkena cahaya matahari langsung dan jarang disiram. Karena mudah beradaptasi, tanaman ini cocok menjadi tanaman indoor yang cocok untuk rumah tanpa halaman. Namun, supaya tetap hidup, siram tumbuhan ini secukupnya agar tanahnya lembap dan taruhlah sesekali di dekat sinar matahari.

7. Kaktus

Berikutnya, ada kaktus yang difavoritkan banyak orang karena mudah dicari, terjangkau, dan tampak menggemaskan. Tumbuhan ini bahkan bisa menghasilkan bunga-bunga kecil dengan warna bervariasi jika dirawat dengan baik.

Terdapat dua jenis kaktus yang bisa diletakkan dalam ruangan, yakni kaktus hutan dan kaktus gurun. Kaktus hutan lebih menyukai tempat yang minim cahaya matahari dan perlu disiram secukupnya secara rutin. Sementara itu, kaktus gurun cenderung nyaman di tempat yang kering dan terkena sinar matahari langsung.

8. Anturium

Tumbuhan yang satu ini punya bunga berbentuk hati yang sangat tahan lama, menjadikannya sangat populer sebagai tanaman hias indoor. Anturium mudah dirawat dan bisa menciptakan nuansa segar dalam rumah dengan warnanya yang cerah.

Tanaman ini lebih menyukai paparan sinar matahari tak langsung. tetapi bisa tetap bertahan hidup jika diletakkan di tempat teduh. Meski begitu, bunga-bunga anturium cenderung tumbuh lambat jika tidak memperoleh sinar matahari yang cukup. 

9. Lavender

Tumbuhan yang terkenal dengan wangi semerbaknya ini juga termasuk tanaman indoor yang cocok untuk rumah tanpa halaman. Lavender bisa tetap mengeluarkan harum aromatik meski sudah mengering. Tumbuhan yang dapat meredakan stres ini juga bisa dikonsumsi, lo! Lavender sering dijadikan sebagai rempah dalam salad, sup, makanan rebus.

Tumbuhan ini sangat menyukai paparan sinar matahari langsung. Lavender juga bisa hidup di lingkungan yang sangat kering, tetapi harus sering disiram terlebih dahulu sampai terbiasa dengan lingkungan baru.

10.  Kalanchoe

Terakhir, ada  kalanchoe yang bisa ditanam dan dirawat di dalam ruangan. Tumbuhan ini termasuk sukulen yang populer karena bisa memproduksi bunga dalam berbagai warna, mulai dari putih, merah, kuning, hingga merah muda. Kalanchoe bisa tumbuh jika terkena sinar matahari yang cukup dan disiram ketika tanahnya sudah kering. Bunga ini juga cocok dihadiahkan kepada kerabat atau teman dekat.

Itulah daftar tanaman indoor yang cocok untuk rumah tanpa halaman. Semuanya cantik, kan? Apa pun jenis tanaman yang dipilih, pastikan bahwa pilihanmu sesuai dengan kondisi rumah, ya!

Ingin punya rumah impianmu sendiri, tetapi khawatir terjerumus ke dalam transaksi riba selama proses pembeliannya? Jangan cemas! Hijra kini hadir dengan solusi Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) yang bisa membantumu beli rumah dengan proses yang mudah dan sesuai syariah. Yuk, cari tahu lebih lanjut dengan klik tautan ini

Jika ingin membeli pernak-pernik hiasan untuk rumahmu, kamu bisa terlebih dahulu menabung lewat aplikasi Hijra Bank. Nikmati layanan perbankan syariah berbasis digital, dan capai tujuan finansial yang kamu inginkan bersama Hijra Bank. 

Klik tombol di bawah untuk mengunduh aplikasi Hijra Bank!

Artikel Terkait