top up pulsa dan paket data

Cara Top Up Pulsa dan Paket Data Gratis Biaya Admin di Hijra

Athariq Faisal

18 Aug 2023

4 Min Read

Pulsa dan paket data telah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan modern ini. Kehadiran smartphone dan konektivitas internet telah mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, dan bersosialisasi. Namun, terkadang biaya administrasi yang dikenakan saat melakukan top up pulsa atau membeli paket data dapat menjadi beban tambahan bagi banyak orang. 

Beruntung, ada beberapa cara untuk melakukan top up pulsa dan paket data tanpa biaya admin yang perlu kamu ketahui. Untuk itu, mari membahas lebih dalam mengenai pengertian pulsa itu sendiri. 

Pengertian Pulsa

Istilah pulsa mengacu pada satuan biaya telepon. Istilah pulsa hadir ketika telepon seluler mulai eksis di kalangan masyarakat. Agar telepon genggam bisa digunakan untuk alat komunikasi, perlu dilakukan top up pulsa terlebih dahulu. Istilah pulsa ini juga masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Isi ulang atau top up pulsa berlaku bagi pengguna telepon selular dari provider prabayar. Top up pulsa prabayar perlu dilakukan agar pengguna telepon genggam maupun smartphone bisa menikmati layanan operator seluler dalam periode tertentu berdasarkan pemakaian. 

Top up pulsa yang dilakukan nantinya akan dikonversi sebagai saldo yang bisa digunakan untuk komunikasi melalui panggilan telepon, SMS dan juga pembelian paket data internet. Melakukan top up pulsa seperti mengisi dana ke rekening tabungan namun dalam bentuk pulsa biaya telepon selular.. 

Jenis-jenis pulsa

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini begitu pesatnya, tak terkecuali dengan layanan dan promosi untuk pengguna telepon selular. KIni pulsa sendiri kini memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan berdasarkan kebutuhan. Berikut adalah jenis pulsa yang ada di Indonesia

  1. Pulsa telepon

Sesuai dengan namanya, melakukan top up pulsa telepon akan mendapatkan manfaat untuk bisa melakukan panggilan telepon. Biasanya top up pulsa telepon ini mengkonversikan dana yang kamu keluarkan untuk jadi saldo telepon. 

Misal, kamu melakukan top up pulsa dengan nominal 50 ribu rupiah, maka saldo telepon yang dimiliki pun memiliki nilai yang sama. Meskipun disebut sebagai pulsa telepon, kamu yang melakukan top up pulsa satu ini bisa juga memanfaatkan saldo tersebut untuk berkomunikasi melalui SMS atau menukar pulsa dimiliki menjadi paket data internet yang dibutuhkan oleh smartphone.

  1. Pulsa SMS


Top up pulsa yang dilakukan hanya akan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan SMS saja. Jika top up pulsa telepon secara langsung dikonversikan sebagai saldo, untuk pulsa SMS ini kamu akan mendapatkan batas per SMS. Untuk lebih jelas, jika kamu melakukan top up pulsa 20 ribu rupiah, maka kamu akan bisa untuk berkomunikasi dengan cara mengirim SMS sebanyak 200 kali. Perhitungan konversi top up pulsa ke batas penggunaan SMS ini diatur oleh kebijakan operator seluler masing-masing. 

  1. Pulsa Paket data

Top up paket data ini adalah top up pulsa untuk membeli data internet yang telah ditetapkan oleh pihak operator seluler. Saat ini sudah banyak pilihan yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan harian, mingguan, maupun bulanan.

Cara Top Up Pulsa dan Paket Data di Hijra 

Proses top up pulsa saat ini pun sudah bisa kamu lakukan dengan mudah. Berbeda dengan beberapa tahun lalu, isi pulsa atau top up paket data kamu harus pergi ke counter pulsa. Nah, sekarang ada cara yang lebih mudah dan praktis bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. 

Salah satunya dengan menggunakan Hijra Bank. Namun, sebelum bisa melakukan top up pulsa, pastikan smartphone kamu terhubung dengan koneksi internet yang baik agar prosesnya berjalan dengan cepat. Berikut langkah yang perlu kamu lakukan untuk melakukan top up pulsa melalui Hijra Bank.

Masuk atau Login ke aplikasi Hijra Bank 

Masuk atau login ke aplikasi Hijra Bank dengan cara memasukkan user ID serta password yang kamu miliki. Atau, jika smartphone kamu sudah memiliki fitur biometric, login/masuk ke Hijra Bank bisa menggunakan fitur tersebut, seperti fingerprint, deteksi wajah. 

Pilih Menu Top Up Pulsa dan Paket Data

Setelah masuk ke beranda aplikasi Hijra Bank, kamu pilih menu Top Up Pulsa dan dan Paket Data yang ada di tombol menu “Layanan”. Di dalamnya terdapat menu uang elektronik, PLN, Pulsa dan Paket Data, Internet dan TV. Kamu pilih Pulsa dan Paket Data.

Masukkan Nomor Handphone dan Tentukan Nominal

Masukkan nomor handphone yang ingin di-top up pulsanya atau paket datanya. Setelah memasukkan nomor handphone, secara otomatis akan terdeteksi operator mana yang kamu gunakan. Kemudian tentukan nominal atau paket data yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhanmu. Lalu tekan tombol “Lanjut” untuk ke proses selanjutnya. 

Pilih Sumber Dana

Nah, di sini kamu bisa menentukan dari mana dana yang akan dibayarkan untuk pembelian pulsa dan paket data. Sumber dana bisa dipilih dari box yang kamu miliki di aplikasi Hijra Bankmu masing-masing. Kemudian tekan tombol “bayar”, dan transaksimu akan segera diproses, Pulsa dan paket data segera terkirim ke nomor yang dimasukkan di awal.  

Kabar baiknya di Hijra, setiap kamu top up pulsa dan paket data ada kebaikan yang kamu dapatkan. Apa itu? Top up pulsa dan paket data di Hijra gratis biaya admin. Jadi, setiap transaksi top up pulsa dan paket data di Hijra akan semakin hemat. 

Bagi yang belum memiliki akun rekening dan aplikasi Hijra Bank, segera download aplikasinya di Playstore dan Appstore, atau klik tombol di bawah ini

Selain bisa untuk top up pulsa dan paket data, aplikasi Hijra Bank juga bisa melakukan pembayaran tagihan lainnya seperti isi ulang token listrik, tagihan listrik, internet, TV dan juga top up e-wallet. 

Artikel Terkait

Tags