ppob adalah

PPOB Adalah: Definisi dan Manfaat PPOB

Athariq Faisal

23 Jun 2023

5 Min Read

Seiring berkembangnya teknologi digital, kini pengguna perbankan atau layanan keuangan bisa menggunakan jaringan internet untuk melakukan transaksi jual beli maupun pembayaran. 

Layanan PPOB adalah salah satu dari sekian banyak layanan pembayaran yang mengandalkan jaringan internet untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Melalui layanan PPOB, kita tidak perlu lagi repot-repot pergi keluar rumah dan mengantre di loket untuk membayar tagihan-tagihan. 

Kini, bahkan kamu bisa melakukannya hanya dengan satu gawai dalam genggaman karena banyak aplikasi telepon pintar yang menyediakan layanan PPOB, termasuk aplikasi Hijra Bank.

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan PPOB dan apa saja manfaat menggunakan aplikasi PPOB? 

Yuk cari tahu lebih lanjut di artikel blog ini!

Definisi dan arti PPOB

PPOB adalah
Ilustrasi. Layanan PPOB memudahkan kita membayar tagihan di satu tempat (Nataliya Vaitkevich/Pexels).

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank, yang merupakan perusahaan yang menyediakan jasa pembayaran secara online. Sebagai penyedia jasa, PPOB berfungsi sebagai wakil dari beberapa perusahaan untuk menjualkan atau menjadi perantara dalam transaksi dengan konsumen selaku pihak ketiga. 

Layanan pembayaran melalui PPOB dapat berupa kerjasama antara penyelenggara sistem pembayaran daring dengan bank, maupun institusi perbankan sendiri yang bekerjasama dengan penyedia layanan dan ditunjuk untuk menjadi tempat pembayaran untuk pelanggannya.

Sederhananya, PPOB ibarat sebuah loket tempat kita membayar berbagai macam tagihan. Melalui PPOB, kita bisa membayar tagihan listrik, air, asuransi, pajak, asuransi, tiket, dll dalam satu tempat tanpa harus ke kantor masing-masing penyedia layanan.  

Pembayaran PPOB dapat dilakukan di loket fisik seperti kasir minimarket yang menyediakan jasa PPOB, atau melalui aplikasi di telepon pintar. Pengguna biasanya hanya diminta untuk menyebutkan nomor identifikasi pelanggan atau nomor tagihan. 

Alat pembayaran PPOB  dapat berupa uang tunai, saldo rekening bank, maupun uang elektronik dari e-wallet.  

Tips memilih penyedia layanan PPOB

PPOB adalah
Ilustrasi. Pilih penyedia layanan PPOB melalui aplikasi agar pembayaran bisa dilakukan kapan saja di mana saja (Anete Lusina/Pexels)

Karena kemudahan yang ditawarkan oleh penyedia layanan PPOB, mungkin kamu tertarik untuk menggunakan layanan PPOB. 

Berikut tips-tips yang dapat dipertimbangkan ketika memilih penyedia layanan PPOB!

  1. Pilih penyedia layanan PPOB berupa aplikasi daring. Hal ini penting untuk menghindari loket PPOB yang tutup atau antrean yang panjang yang bisa memakan banyak waktu dan mengganggu aktivitasmu.
  2. Gunakan layanan PPOB dari penyedia layanan perbankan. Ini dapat memudahkan kamu agar kamu tidak perlu lagi mengisi saldo atau e-wallet untuk membayar tagihan karena kamu bisa langsung menggunakan saldo yang terdapat di rekening bank yang kamu miliki. 

Untuk itu, kamu bisa menggunakan layanan PPOB dari Hijra. Kini, hanya dengan satu aplikasi Hijra Bank, kamu bisa membayar tagihan listrik, membeli pulsa dan paket data, serta mengisi e-wallet 

Yuk, download aplikasi Hijra Bank dengan klik tombol di bawah ini!

Manfaat menggunakan aplikasi PPOB

PPOB adalah
Ilustrasi. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan aplikasi PPOB (August de Richelieu/Pexels).

Jika kamu belum menjadi pengguna aplikasi PPOB, dan penasaran apa saja manfaatnya, simak penjelasan di bawah ini, ya!

Mudah dan nyaman

Membayar tagihan menggunakan layanan PPOB menawarkan kemudahan serta kenyamanan hanya dengan menggunakan satu saluran pembayaran. Kamu tidak perlu lagi capek-capek datang ke loket untuk membayar tagihan.

Melalui layanan PPOB, kamu bisa melakukan pembayaran hanya dengan satu gawai dalam genggaman. Kamu bisa melakukannya di mana saja, kapan saja. 

Contohnya, seandainya tagihan listrik kamu sudah jatuh jatuh tempo namun kamu tidak punya waktu untuk datang ke kantor PLN karena kesibukan kerja dan kemacetan, kamu bisa melakukan pembayaran hanya dengan beberapa kali ketuk di layar telepon pintar tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang sedang kamu lakukan. 

Tersedia kapan saja

Dengan membayar tagihan menggunakan PPOB, kita tak perlu lagi khawatir kehabisan waktu karena kantor tutup atau waktu pelayanan loket yang terbatas. Kamu bisa membayar tagihan kapanpun karena layanan aplikasi PPOB yang tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu, bahkan di hari libur.  

Layanan yang beragam

Melalui layanan PPOB yang tersedia di telepon pintar, kamu bisa membayar berbagai macam tagihan tanpa harus menginstall berbagai aplikasi digital di telepon genggammu. Cukup pasang aplikasi penyedia layanan PPOB, kamu bisa membayar tagihan atau mengisi ulang pulsa ataupun e-wallet

Dengan begitu, kamu bisa menghemat ruang penyimpanan di gawaimu dan tidak perlu membuat banyak akun yang mengharuskan kamu menyimpan banyak kata sandi untuk tiap akun-akun ini. 

Proses cepat

Melalui pembayaran PPOB, kamu bisa langsung membayar tagihan tanpa perlu repot-repot menunggu konfirmasi atau verifikasi dari pihak biller atau pihak yang memberikan tagihan. Semuanya sudah dilakukan secara real time.

Aman

Pembayaran menggunakan PPOB juga menawarkan keamanan bertransaksi karena kamu tidak perlu memberikan banyak informasi pribadi kepada siapapun. Informasi yang tercatat oleh pihak bank akan dijaga dengan enkripsi yang kuat untuk memperkecil resiko kebocoran maupun penyalahgunaan.    

Hemat

Dengan membayar tagihan via PPOB dengan segala kemudahan transaksinya, kamu akan lebih mudah untuk membayar tagihan tepat waktu. Tak perlu lagi khawatir terkena denda keterlambatan atau pemutusan layanan akibat terlambat bayar.

Selain memperkecil resiko denda, kamu juga bisa menghemat biaya transportasi untuk pergi ke kantor dari setiap penyedia jasa layanan.

Pakai PPOB Hijra untuk bayar tagihan listrik dan isi pulsa dan e-wallet

PPOB adalah layanan yang memberikan kemudahan, kecepatan, keamanan, penghematan, dan ketersediaan bagi pelanggan yang ingin membayar berbagai tagihan secara online menggunakan satu rekening kapanpun dan dimanapun. 

Salah satu pertimbangan yang bisa kamu ambil ketika memilih layanan PPOB yang akan kamu pakai adalah menggunakan aplikasi perbankan yang  

Kini, kamu juga bisa memanfaatkan layanan PPOB dari Hijra Bank. Hanya dengan memasang aplikasi Hijra Bank di gawai kamu, tidak hanya layanan perbankan berbasis akad syariah, kajian dan tanya jawab bersama para ustaz dan para ahli di bidangnya, kamu sekarang juga bisa membayar tagihan listrik, mengisi pulsa, menambah saldo e-wallet, dan layanan lainnya.

Kamu nggak perlu khawatir lagi kehabisan token listrik, pulsa, atau kekurangan saldo e-wallet di saat-saat genting. 

Cukup masuk ke aplikasi Hijra Bank, pilih menu “Layanan”, dan pilih tagihan yang ingin kamu bayar

Yuk, Pakai Yang Baik dengan gunakan PPOB Hijra Bank untuk bayar tagihanmu. 

Download Hijra sekarang!   

Artikel Terkait