pentingnya mengetahui jalur gas tanam di perumahan

Pentingnya Mengetahui Jalur Gas Tanam dalam Perumahan

Athariq Faisal

20 Jun 2023

5 Min Read

Penggunaan bahan bakar gas rumah tangga yang semakin meluas membuat banyak orang mencari perumahan yang menawarkannya. Pentingnya mengetahui jalur gas tanam dalam perumahan bukan hanya soal kepraktisan, tetapi juga kualitas hidup. 

Sebelum berburu hunian, jangan lupa mencari informasi tentang jalur gas tanam dan ketersediaannya untuk kegiatan rumah tangga.

Alasan Mengecek Jalur Gas Tanam Perumahan

Sumber : Envato

Pembangunan jalur gas tanam adalah bagian dari misi Perusahaan Gas Negara untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di Indonesia. Tujuannya adalah mengurangi ketergantungan terhadap batu bara dan minyak bumi serta meningkatkan konsumsi energi bersih.

Dengan mengecek jalur gas tanam, kamu bisa mendapat informasi tentang desain dan perkakas dapur yang bisa dipasang. Jika ada informasi pemasangan di properti yang sedang dikembangkan, kamu bisa merencanakan tabungan untuk hunian lebih awal.

Mengecek keberadaan jalur gas juga penting untuk merencanakan masa depan. Misalnya, jika kamu berencana memulai bisnis kuliner di rumah, keberadaan pipa gas alam dari PGN bisa membantu pengelolaan usaha dengan lebih hemat dan efisien.

Cara Cek Status Pemasangan Gas di Perumahan

Sumber : Envato

Jalur gas biasanya menjadi daya tarik pengembang, terutama dalam menarik minat pembeli properti yang ingin hemat energi serta mengincar hunian berkonsep green living. Jadi, jangan ragu menghubungi pengembang sebelum mempertimbangkan rencana menyicil atau membeli rumah.

kamu juga bisa menghubungi Perusahaan Gas Negara langsung terkait pemasangan jalur gas di daerah tertentu. Sejak 1 Juli 2022, layanan informasi PGN telah terintegrasi dengan call center Pertamina. Hubungi nomor 135 dan ikuti instruksi yang diberikan agar bisa terhubung dengan layanan informasi PGN.

Kenapa Kompor Gas Tanam di Perumahan Lebih Baik? 

Sumber : Envato

Apa pentingnya mengetahui jalur gas tanam dalam perumahan? Apakah lebih baik daripada tabung gas biasa atau kompor listrik?

Walau belum semua area di Indonesia menggunakan gas alami dengan jalur tanam, gas punya beberapa keuntungan yang harus kamu pertimbangkan sebelum mencari hunian. Contohnya adalah:

1. Menghindari Masalah “Kehabisan Gas”

Pernahkah kamu kerepotan ketika kehabisan gas di tabung padahal belum selesai memasak? Masalah tersebut akan hilang jika menggunakan gas alami. Karena disalurkan lewat pipa tanam yang memiliki katup, gas akan terus mengalir. Ucapkan selamat tinggal pada masalah umum seperti kehabisan gas.

2. Hemat Biaya Operasional

Penggunaan gas alami bisa menghemat pengeluaran rumah tangga. Tergantung intensitas penggunaan, tingkat penghematannya bisa sekitar 20 hingga 25 persen. kamu pun tidak perlu repot membeli tabung gas baru yang berat karena tinggal membuka-tutup pipa.

Penghematan tingkat rumah tangga ternyata bisa berdampak ke pasokan bahan bakar rumah tangga nasional. Dengan jaringan gas alami, pemerintah bisa menghemat pasokan LPG hingga sekitar 216 ton per bulan.

3. Risiko Kebocoran Lebih Kecil

Gas alami dari jaringan gas relatif lebih aman dibandingkan tabung gas LPG. Selain tekanannya lebih kecil, gas disalurkan lewat jaringan pipa bawah tanah yang terintegrasi. Hal ini membuat risiko kebocoran dan kebakaran lebih kecil karena tidak ada bagian yang terpisah, seperti di kompor dengan tabung gas.

4. Memasak Lebih Praktis

Memasak di dapur yang menggunakan gas alami lebih baik karena apinya konsisten dan kencang. Hasilnya, masakan lebih cepat matang dan terasa lebih enak karena panasnya sempurna. Dampak positif ini juga terasa ketika merebus air, baik untuk diminum, membersihkan alat makan bayi, maupun keperluan lain.

5. Cocok untuk Pelaku Usaha Rumahan

Pelaku usaha kuliner rumahan bisa diuntungkan dengan jaringan gas. Lupakan membeli banyak tabung gas; pipa gas alam yang disambungkan ke rumah-rumah memberi aliran bahan bakar yang lebih konsisten. Cocok untuk melancarkan kegiatan sehari-hari dalam mengelola usaha makanan.

6. Bayar tanpa Memutuskan Layanan

Ketika tabung gas kosong saat sedang memasak, kamu harus membeli yang baru sebelum bisa melanjutkan kegiatan. Pipa gas PGN bisa terus kamu gunakan walau waktu penagihan sudah tiba. Karena berbentuk pipa dengan keran, layanan tidak akan terputus karena gas habis atau semacamnya.

Pertimbangan sebelum Pilih Gas Tanam untuk Dapur Perumahan

Sumber : Envato

Sebelum memilih perumahan yang ada jalur gasnya, pertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Berapa Banyak Pilihan Komplek Hunian?

Pembangunan jalur gas bumi memang sedang digalakkan, tetapi belum merata. Jika kamu ingin mencari hunian di komplek tertentu, pilihan kamu saat ini jelas lebih terbatas. 

2. Berapa Tagihan yang Harus Dibayar?

Pembayaran tagihan penggunaan gas bumi berbeda-beda di berbagai wilayah. Walau biasanya relatif lebih murah dari LPG, pastikan kamu mengetahui berapa tarif bulanan yang dikenakan agar bisa menyesuaikan dengan anggaran.

3. Apa Desain dan Perlengkapan Dapur yang Tepat?

Peletakan dan pemasangan pipa gas sifatnya permanen, jadi desain dapur serta perlengkapannya harus menyesuaikan. Pastikan kegiatan kamu di dapur tidak terganggu karena peletakan perlengkapan dapur seperti kompor kurang cocok dengan kebutuhan. 

4. Bagaimana Metode Pembayarannya?

PGN menawarkan beberapa metode pembayaran untuk penggunaan gas bumi. Pastikan kamu memilih metode yang paling cocok dengan kebutuhan dan pilihan personal. 

Solusi Mengusahakan Rumah Impian dengan Jalur Gas

Apakah mencari hunian ideal dengan jalur gas adalah mimpi masa depanmu? Bantu wujudkan impian tersebut dengan Hijra Bank.

Hijra memberikan solusi untuk mencapai berbagai tujuan finansial, termasuk membeli hunian ideal. Cocok untuk kamu yang ingin mengelola uang secara mudah dan sesuai prinsip syariah.

Gunakan fitur seperti Hijra Box untuk pengelolaan uang yang lebih efisien. Dengan Hijra Box, kamu bisa mengelompokkan pos-pos penyimpanan uang berdasarkan tujuan. Mimpi punya hunian ideal? Ingin menyekolahkan anak atau membeli kendaraan? Fitur ini akan membantu kamu mencapai tujuan selangkah lebih dekat.

Selain itu, kini kamu juga bisa mengajukan pembiayaan pemilikan rumah atau PPR Hijra Home. Dengan PPR Hijra Home, kamu bisa memiliki rumah dengan proses yang mudah dengan akad yang sesuai syariah.

Pentingnya mengetahui jalur gas tanam dalam perumahan termasuk merencanakan desain dapur, aktivitas sehari-hari, dan rencana masa depan seperti bisnis kuliner. Gunakan Hijra sebagai solusi pendukung manajemen keuangan untuk meraih mimpi.

Yuk, Pakai Yang Baik dan unduh aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

Artikel Terkait