tips menabung untuk ibu rumah tangga

7 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga yang Mudah dan Praktis

Athariq Faisal

28 Mar 2023

5 Min Read

Tips menabung untuk ibu rumah tangga merupakan hal yang penting kita pelajari. Betapa tidak, para ibu rumah tangga harus berperan dalam mengatur keuangan keluarga dan keuangan pribadinya.

Tugas ini seringkali menjadi tugas yang sangat menantang, mengingat banyaknya kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi, termasuk kebutuhan-kebutuhan yang membutuhkan dana besar seperti membeli mobil atau reparasi rumah. 

Dengan kedisiplinan, para ibu rumah tangga bisa menabung dari rumah. Apa saja tips dan cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga? Yuk simak di blog ini! 

Tips menabung untuk ibu rumah tangga

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips menabung untuk ibu rumah tangga yang dapat dilakukan secara mudah dari rumah!

1. Tulis daftar pengeluaran

Langkah pertama dari tips menabung untuk ibu rumah tangga adalah mencatat daftar pengeluaran dalam periode tertentu, misal tiap bulan. 

Tuliskan daftar pengeluaran bulanan yang kita habiskan tiap bulannya seperti belanjaan, tagihan, dan biaya lainnya. Buat estimasi jumlah uang yang dihabiskan untuk masing-masing pos pengeluaran.

Jangan lupa, sisihkan juga uang untuk ditabung dari yang tersisa setelah pos-pos pengeluaran yang kita catat.  

2. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Kalau kita sudah mencatat setiap pengeluaran yang kita habiskan tiap bulan, kita bisa dengan mudah melihat kira-kira pengeluaran apa saja yang bisa kita perkecil, atau bahkan pangkas secara total. 

Kebutuhan yang sifatnya sekunder atau tersier dapat ditinjau kembali walaupun ada kalanya kebutuhan non-esensial ini penting untuk menjaga agar kita tidak stres. 

Karena itu, kita bisa mengatur pengeluaran dengan memilih yang lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah, misalnya mengganti paket video berlangganan yang kita tonton menjadi paket yang lebih murah, atau mengganti destinasi wisata kuliner dari restoran mewah menjadi restoran makanan tradisional yang murah dan sehat. 

3. Rencanakan makanan yang akan dimasak

Pexels/Ella Olsson

Salah satu tips menabung ibu rumah tangga yang cukup penting adalah membuat perencanaan makanan apa yang akan di masak. 

Dengan begitu, kita sudah memiliki daftar belanjaan yang akan kita beli untuk makanan sehari-hari setiap bulannya.

Selain itu, memiliki meal plan tersendiri membantu kita untuk memastikan kehalalan maupun kesehatan makanan yang menjadi asupan kita. 

Tentunya hal ini juga dapat menghindarkan kita dari biaya kesehatan yang timbul dari asupan makanan yang kurang baik.  

4. Hindari kalap saat berbelanja

Ketika berkunjung ke pusat perbelanjaan atau membuka aplikasi lokapasar (marketplace), hindari kebiasaan berbelanja yang impulsif atau kebiasaan kalap saat berbelanja. 

Ketika berkeinginan untuk membeli barang tertentu, kita bisa mengambil waktu beberapa hari sebelum benar-benar mengambil keputusan apakah kita benar-benar membutuhkan barang tersebut. 

Apabila kita memutuskan untuk membeli barang, kita juga bisa menerapkan konsep mindful shopping, yaitu berbelanja dengan penuh kesadaran atas barang-barang yang kita beli.

Hal ini penting untuk menghindarkan menghabiskan terlalu banyak uang, berbelanja karena merasa bersalah, atau berbelanja secara impulsif.       

5. Cari barang diskon dan promo, mengapa tidak?

Pexels/Polina Tankilevitch

Cara menabung untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah memanfaatkan barang diskon atau promo. Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak ibu rumah tangga. 

Kita bisa memanfaatkan diskon di momen-momen tertentu, misalnya harbolnas atau cuci gudang, maupun promo-promo seperti buy one get one free.

Apabila digabungkan dengan prinsip mindful shopping di atas, kita Insya Allah dapat menghemat cukup banyak uang untuk ditabung. 

6. Hemat listrik, hemat air

Tagihan listrik dan air merupakan salah satu tagihan tetap yang harus dibayarkan oleh banyak rumah tangga di Indonesia. 

Dengan menghemat listrik dan air, kita tidak hanya bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga namun juga berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. 

Kita bisa menggunakan bola lampu hemat energi, mematikan lampu di siang hari, membuka jendela untuk mengurangi penggunaan kipas angin dan AC, serta menggunakan bak atau torrent untuk mengontrol penggunaan air kita sehari-hari. 

7. Hindari utang jika tak urgen

Pexels/Karolina Grabowska

Salah satu tips menabung untuk ibu rumah tangga yang cukup krusial adalah menghindari utang kecuali memang dalam keadaan sangat terdesak. 

Mengambil utang dalam kondisi yang tidak urgen dapat membebani keuangan rumah tangga. 

Selain itu, apabila kita banyak berutang sampai-sampai kewalahan dan tidak dapat membayarnya dapat menimbulkan konsekuensi berat di akhirat nanti. 

Salah satu hadits Nabi ﷺ menerangkan bahwa ruh orang yang belum melunasi hutangnya akan terkatung-katung di alam barzakh:

Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

نفس المؤمن مُعَلّقة بدَيْنِه حتى يُقْضى عنه

“Ruh seorang mukmin (yang sudah meninggal) terkatung-katung karena hutangnya sampai hutangnya dilunasi” (HR. At-Tirmidzi 1079)

Dikutip dari Muslim.or.id, Al -Mula Ali Al-Qari menjelaskan, “Sebagian ulama mengatakan, ‘Ruhnya tertahan untuk menempati tempat yang mulia.’ 

Al-Iraqi mengatakan, ‘Maksudnya, ia (di alam barzakh) dalam kondisi terkatung-katung. 

Tidak dianggap sebagai orang yang selamat dan tidak dianggap sebagai orang yang binasa sampai dilihat apakah masih ada hutang yang belum lunas atau belum?’” (Mirqatul Mafatih, 5: 1948).

Oleh karena itu, sebaiknya hindari berutang untuk hal-hal yang tidak urgen, serta usahakan segera melunasinya jika sudah terlanjur berutang. 

Kesimpulan

Mengatur keuangan dan menabung merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh ibu rumah tangga. Semoga, tips menabung untuk ibu rumah tangga ini bermanfaat ya!

Untuk membantu mengatur keuangan rumah tangga, kamu bisa gunakan Hijra Box dari Hijra Bank. 

Dengan Hijra Box, kamu bisa persiapkan box-box keuangan khusus untuk bantu kamu capai tujuan finansialmu seperti menabung biaya sekolah anak, renovasi rumah, atau mempersiapkan dana darurat. 

Semua ini bisa kamu persiapkan tanpa repot-repot membuat beberapa rekening bank. Cukup dengan satu rekening, kamu bisa atur keuanganmu semudah menggunakan aplikasi di gawaimu. 

Tunggu apa lagi, yuk unduh aplikasi Hijra sekarang. Klik tombol di bawah ini ya!

Artikel Terkait

Tags