rumah dekat kantor

Rumah Dekat Kantor: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Athariq Faisal

26 Apr 2023

5 Min Read

Tinggal di rumah dekat kantor bisa menjadi solusi untuk menghindari stres lantaran harus bermacet-macetan di jalan dan supaya rutinitas harian bisa berjalan dengan lebih mudah dan santai.

Namun, meskipun tinggal dekat dengan tempat kerja dapat memberikan banyak keuntungan, ada juga kerugiannya yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, mari kita pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan tinggal di hunian dekat tempat kerja.

Kelebihan Tinggal di Rumah Dekat Kantor

Sumber : Envato

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat tinggal dekat dengan tempat kerjamu.

1. Hemat Waktu dan Uang Transpor

Letak rumah yang jauh dari kantor akan berimbas pada waktu perjalanan yang makin panjang. Alhasil, waktu yang dihabiskan pun jadi makin banyak yang terbuang. Sebaliknya, waktu perjalanan bisa lebih diminimalkan jika kamu tinggal dekat dengan tempatmu bekerja.

Tak hanya itu, jarak yang jauh antara rumah dengan kantor juga memengaruhi biaya perjalanan. Selain uang bensin, kendaraan pribadi juga membutuhkan dana untuk perawatan yang lebih intensif. Pun jika kamu memilih transportasi umum, tarif yang harus dibayar makin mahal seiring dengan jarak yang ditempuh.

Karena itulah, tinggal dekat kantor bisa jadi solusi yang lebih hemat. Dengan cara ini, kamu bisa datang ke tempat kerja hanya dengan berjalan kaki atau bersepeda. Kalaupun harus menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, biayanya tentu tidak semahal ketika rumahmu jauh dari kantor.

2. Meningkatkan Produktivitas

Dilansir dari The Waters Ooralea, tinggal dekat dengan tempat kerja bisa membuatmu tiba di kantor lebih awal dan mulai mengerjakan tugas lebih cepat. Apabila memiliki waktu luang di hari libur atau akhir pekan, kamu juga bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk bekerja beberapa jam di kantor.

Tinggal dekat kantor juga membawa manfaat lain, kamu tidak perlu khawatir dengan masalah lalu lintas dan cuaca buruk yang dapat menghalangimu untuk datang tepat waktu. Karena tidak menghadapi kemacetan, kamu bakal terhindar dari stres sehingga bisa lebih fokus untuk memulai hari di tempat kerja.

Dengan kata lain, rumah dekat kantor dapat meningkatkan produktivitasmu dalam bekerja. Hal ini tentu membawa dampak positif bagi kehidupan kariermu.

3. Lebih Banyak Waktu untuk Keluarga

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tinggal dekat kantor dapat menghemat waktu yang berharga. Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti menikmati sarapan bersama keluarga sebelum berangkat dan bermain dengan buah hati setelah pulang kerja.

Sebagaimana dikutip dari Victoria Realtors, tinggal di rumah dekat tempat kerja juga akan memberimu lebih banyak “me time” yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai. Misalnya, kamu bisa menggunakan waktu luang untuk mengejar hobi, berolahraga, atau berjalan-jalan.

4. Kemudahan Akses Tinggal di Perkotaan

Dilansir dari CekAja, tinggal dekat kantor di pusat kota juga menawarkan kemudahan akses ke berbagai fasilitas umum, seperti taman, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. Dengan begitu, kamu tidak perlu bersusah payah untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut karena berada dalam jangkauan yang dekat.

5. Fleksibilitas Kerja

Tinggal dekat dengan tempat kerja juga menawarkan banyak fleksibilitas yang bisa kamu nikmati. Apabila kelupaan membawa barang penting, kamu dapat segera mengambilnya ke rumah, lalu kembali lagi ke kantor. Selain itu, kamu bisa pulang pada jam makan siang untuk menyantap menu buatan sendiri di rumah.

Kekurangan Tinggal di Rumah Dekat Kantor

Sumber : Envato

Selain punya sederet kelebihan, tinggal di rumah dekat tempat kerja juga memiliki sejumlah kekurangan. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

1. Tingginya Harga Properti

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga rumah, salah satunya lokasi. Biasanya, rumah yang berada di tempat strategis memiliki harga yang lebih tinggi, terutama di kota besar seperti Jakarta. Maka, jangan kaget dengan nominal yang harus dipersiapkan jika kamu ingin tinggal di kawasan ini.

2. Sering Dihubungi Kantor untuk Urusan Mendadak

Di satu sisi, tinggal dekat kantor menawarkan berbagai fleksibilitas yang memudahkan. Namun di sisi lain, kamu mungkin akan sering dihubungi oleh atasan jika ada urusan mendesak yang membutuhkan bantuanmu. Hal ini dapat mengganggu kehidupan pribadimu dan menimbulkan stres.

Seperti dilansir dari Rat Race Running, kamu bisa saja menolak tugas tambahan tersebut. Namun, kamu mungkin merasa kurang nyaman jika karyawan lain yang rumahnya jauh tetap datang ke kantor, sementara kamu yang tinggal dekat malah menolak tugas tersebut.

3. Lingkungan yang Bising dan Banyak Polusi

Kawasan perkotaan cenderung ramai dan penuh dengan hiruk pikuk yang bisa mengganggu ketenanganmu. Kamu akan sering mendengar suara kendaraan yang berlalu lalang, kebisingan dari pabrik, dan suara mesin serta alat berat yang digunakan dalam proses pembangunan gedung.

Selain itu, ada juga masalah polusi yang akan kamu hadapi saat tinggal di perkotaan. Meskipun kamu bisa menghindari polusi karena tidak perlu berlama-lama di jalan untuk datang ke kantor, lingkungan sekitar tempat tinggalmu bisa jadi sudah tercemar oleh polusi yang dapat mengganggu kesehatan.

4. Sering Terlambat Karena Terlalu Santai

Menurut artikel dari Nagekar, tinggal di rumah dekat kantor justru bisa membuat kamu lebih sering terlambat. Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa situasi ini seharusnya kamu manfaatkan untuk lebih disiplin, bukan malah terlalu santai.

Setelah menimbang-nimbang plus minus di atas, apakah kamu makin tertarik untuk tinggal di rumah dekat tempat kerja atau malah jadi mengurungkan niat? Apa pun keputusan yang kamu ambil, semoga itulah yang terbaik demi kebaikanmu.

Nah, apabila kamu tertarik punya rumah dekat kantor dan mengajukan pembiayaan pemilikan rumah sesuai prinsip syariah, tanpa riba dan tanpa ribet, kamu bisa mengajukan pembiayaan melalui PPR Hijra.

Pelajari lebih lanjut tentang PPR Hijra dengan klik tautan berikut ini!

Kalau kamu ingin menabung untuk mengumpulkan biaya untuk membeli rumah, kamu bisa membuka rekening di Hijra Bank. Dengan fitur Hijra Box, kamu bisa mengatur dana tabungan untuk berbagai target finansial yang berbeda, termasuk membeli rumah.

Yuk, pakai yang baik dengan klik tombol di bawah ini untuk mengunduh aplikasi Hijra Bank!

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait

Tags