memilih jasa kontraktraktor

Tips Jitu Memilih Jasa Kontraktor Rumah Terpercaya & Berkualitas

Athariq Faisal

6 Jul 2023

5 Min Read

Kamu tentu ingin mewujudkan mimpi punya rumah yang bagus dan dan bisa awet dalam waktu lama. Memilih jasa kontraktor rumah terpercaya menjadi kunci penting dalam mewujudkan impian tersebut. Namun, apakah kamu tahu cara memilih jasa kontraktor yang benar-benar bisa kamu percayai?

Untuk bantu kamu dalam mewujudkan keinginan mempunyai rumah sendiri yang bagus dan berkualitas, simak tips berikut, yuk. Di sini, kamu bisa mendapatkan tips memilih jasa kontraktor untuk bangun rumah yang berkualitas dan bisa kamu percayai. 

Kenapa perlu memilih jasa kontraktor rumah terpercaya?

memilih jasa kontraktor rumah
Sumber: Envato

Sebelum menentukan pilihan jasa kontraktor rumah, kamu mungkin berpikir, kenapa harus memilih kontraktor terpercaya? Ada 5 alasan utama kenapa kamu perlu mempertimbangkan penggunaan jasa kontraktor yang bisa dipercaya, yaitu: 

1. Progress Kerja yang Transparan

Proses pembangunan rumah melibatkan uang dalam jumlah besar. Oleh karena itu, tak heran kalau banyak kontraktor yang tergoda untuk melakukan tindakan nakal dan berlaku curang. Namun, hal itu bisa kamu minimalkan kalau menggunakan kontraktor yang terpercaya. 

Kontraktor terpercaya mempunyai tanggung jawab besar dalam setiap pekerjaannya. Oleh karena itu, mereka akan menerapkan sistem kerja yang transparan. Kamu pun akan mendapatkan laporan progres pembangunan rumah secara berkala beserta rincian biayanya secara detail. 

2. Hasil Kerja Memuaskan dan Bergaransi

Selanjutnya, memilih jasa kontraktor terpercaya mampu memberikan hasil kerja yang membuat kamu puas. Hal itu tak lepas dari kinerja kontraktor dalam menyelesaikan proyek pembangunan rumah dengan kualitas tinggi. 

Kontraktor terpercaya tak sekadar menjanjikan kualitas hasil bangunan yang bagus. Namun, mereka juga akan memberi garansi atas hasil pekerjaannya. Lewat garansi tersebut, kamu sebagai pemilik rumah mendapatkan kepastian renovasi dari pihak kontraktor.

3. Terima Jadi

Dengan mempraktikkan tips memilih jasa kontraktor untuk bangun rumah secara tepat, kamu tidak perlu pusing memikirkan proyek pembangunan rumah. Semuanya sudah menjadi tanggung jawab pihak kontraktor. Selanjutnya, kamu tinggal menerima laporan progres kerja dan menempati rumah tersebut kalau pembangunan telah selesai. 

4. Sistem Pengerjaan yang Tertata dengan Baik

Selanjutnya, penggunaan jasa kontraktor yang punya reputasi baik dan terpercaya membuat proses pengerjaan rumah berlangsung lancar. Mereka mempunyai rencana kerja yang tertata dengan rapi. Dengan begitu, Anda tidak akan berhadapan dengan masalah terkait molornya proses pembangunan rumah. 

Ingat, proyek pembangunan yang terlambat dan bahkan dalam jangka cukup lama sangatlah merugikan. Selain tak bisa segera menempati rumah, kamu juga harus berhadapan dengan risiko adanya pembengkakan biaya. 

5. Kontrak Jelas

Alasan terakhir adalah karena kontraktor terpercaya berupaya mempunyai standar kerja yang jelas. Dalam setiap proyek pembangunan, mereka menyodorkan kontrak dengan isi yang sangat jelas kepada klien. Keberadaan kontrak kerja kontraktor tersebut memberikan rasa aman kepada pemilik rumah. 

Tips Memilih Jasa Kontraktor untuk Bangun Rumah yang Terpercaya

memilih jasa kontraktor rumah
Sumber: Envato

Lalu, bagaimana cara menentukan pilihan jasa kontraktor rumah terpercaya dan berkualitas? Ada 3 faktor penting yang perlu kamu perhatikan dalam proses pemilihan jasa kontraktor tersebut, yakni: 

1. Perhatikan Reputasi Kontraktor

Aspek pertama yang perlu kamu cermati adalah terkait reputasi dari kontraktor. Cara pertama yang dapat kamu lakukan dalam tips memilih jasa kontraktor untuk bangun rumah adalah dengan memperhatikan reputasinya. Kamu bisa mengetahui reputasi kontraktor dengan melakukan riset kecil-kecilan. 

Sebagai contoh, kamu dapat meminta saran dari orang yang pernah menggunakan jasa kontraktor yang ingin kamu gunakan. Gali informasi terkait kinerja kontraktor tersebut. Dari situ, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai kualitas kerja dari kontraktor itu. 

Metode lain, kamu dapat pula memanfaatkan akses internet untuk melakukan riset sederhana. Kamu bisa memanfaatkan media sosial atau menggunakan mesin pencari. Kamu akan dapat menemukan informasi terkait kinerja dari sebuah jasa kontraktor. 

2. Pilih Kontraktor yang Berbadan Hukum

Hal yang perlu kamu tahu, kontraktor beda dengan pemborong. Dalam setiap proyek pembangunannya, kontraktor mengedepankan adanya kontrak tertulis. Sementara itu, pemborong hanya berdasarkan kontrak secara lisan yang sulit kamu percayai. 

Selain itu, kontraktor dapat kamu jumpai dalam bentuk perorangan atau sudah berbadan hukum. Demi keamanan, kedepankan pilihan pada kontraktor yang mempunyai badan hukum jelas. 

Penggunaan jasa kontraktor berbadan hukum memberi kemudahan dalam melakukan pemeriksaan reputasi. Kamu juga dapat dengan mudah mengetahui kualitas hasil kerja perusahaan kontraktor tersebut di masa lalu. 

3. Perhatikan Portofolio Jasa Kontraktor

Tips memilih jasa kontraktor untuk bangun rumah yang terakhir adalah dengan memperhatikan portofolionya. Portofolio sangat penting untuk bisa memahami kualitas serta spesialisasi kerja dari sebuah kontraktor.

Kamu harus tahu, kalau setiap perusahaan kontraktor punya spesialisasinya masing-masing. Kamu bisa menemukan beberapa jenis penyedia jasa kontraktor, termasuk di antaranya adalah:

  • Kontraktor sektor bidang aristektural. Jasa kontraktor umumnya mengerjakan proyek pembangunan rumah yang banyak digunakan oleh masyarakat. 
  • Kontraktor sektor bidang pekerjaan sipil. Kontraktor dalam bidang ini melakukan pengerjaan proyek dalam skala cukup besar. Contohnya adalah pembangunan jembatan, struktur bangunan gedung, terowongan, dan lain sebagainya. 
  • Kontraktor sektor bidang elektrikal. Mereka adalah kelompok kontraktor yang melakukan pekerjaan terkait kelistrikan. 
  • Kontraktor sektor bidang mekanikal. Jasa kontraktor ini punya spesialisasi dalam beberapa bidang, termasuk di antaranya perpipaan, instalasi industri, instalasi AC, dan semacamnya.

Nah, sekarang kamu sudah punya gambaran yang jelas mengenai bagaimana memilih jasa kontraktor bangunan terpercaya, kan? Dengan pemilihan jasa kontraktor yang tepat, kamu bisa mendapatkan kualitas hasil bangunan yang bagus dan awet sampai puluhan tahun. 

Selanjutnya, kamu perlu mewujudkan impian membangun rumah tersebut dengan mulai mengumpulkan tabungan sedikit demi sedikit. Hijra Bank bisa membantu kamu dalam mencapai tujuan finansial dalam pendirian bangunan rumah. 

Hijra Bank memiliki fitur Hijra Box yang memungkinkan kamu untuk mengatur keuangan serta menetapkan target finansial dengan mudah. Selanjutnya, kamu dapat menyisihkan sebagian penghasilan ke dalam Hijra Box sehingga target dana untuk pembangunan rumah bisa tercapai.

Yuk, mulai gunakan Hijra Bank dan wujudkan impian kamu memiliki rumah sendiri. 

Jika kamu sudah memiliki dana, dan ingin memiliki rumah dengan akad yang sesuai syariah dan bebas riba, kamu bisa mengajukan pembiayaan pemilikan rumah (PPR) dari Hijra Home

Nikmati fasilitas pembiayaan dengan pengajuan secara online, mudah, serta sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. 

Yuk, Pakai Yang Baik dan dapatkan rumah impianmu melalui Hijra Home dengan klik tautan di bawah ini!

PPR Hijra Home

Artikel Terkait

Tags