kata mutiara keluarga bahagia

40 Kata Mutiara Keluarga yang Inspiratif dan Penuh Makna

Athariq Faisal

11 Jul 2023

6 Min Read

Para filsuf, cendikiawan, serta tokoh-tokoh terkenal memiliki kata mutiara keluarga yang dapat kita ambil hikmahnya serta dijadikan sumber inspirasi yang penuh makna. Ini tidak lepas dari peran keluarga yang sangat penting bagi perkembangan individu atau komunitas. 

Di dalam blog ini, kami telah mengumpulkan beberapa kata mutiara tentang keluarga dari para figur dari berbagai bidang. Semoga kutipan-kutipan mencerahkan dan membawa kebaikan buat kamu, ya!  

Sebelum kamu mulai membaca kata mutiara persaudaraan keluarga dari para tokoh dunia, tim Hijra mau kasih tahu kamu kalau Hijra tidak hanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa bantu kamu capai target finansialmu, tapi juga fitur-fitur untuk perkaya khazanah pengetahuanmu seperti Tanya Ahlinya dan Kajian Hijra Lifestyle.

Lewat kedua fitur ini, kamu bisa tambah pengetahuanmu tentang keluarga melalui tanya jawab dan sesi kajian daring yang bisa kamu tonton kapan saja. 

Yuk, unduh aplikasi Hijra dengan klik tombol di bawah ini!

Kata mutiara tentang keluarga dari hadits Nabi ﷺ

kata mutiara keluarga
Ilustrasi. Nabi Muhammad merupakan contoh terbaik bagaimana kita memperlakukan keluarga (Pexels/Ayşenur Sağlam).

Sebelum kita membaca kata mutiara tentang keluarga dari tokoh-tokoh dunia, yuk simak dulu beberapa hadits-hadits Nabi Muhammad ﷺ tentang keluarga!

  1. “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik bagi keluarganya. Dan aku orang yang paling baik bagi keluargaku.” (At-Tirmidzi)
  1. “Wahai Rasulullah, siapa yang paling aku perlakukan dengan baik?” beliau menjawab: “Ibumu, lalu bapakmu, lalu saudara perempuanmu, lalu saudara laki-lakimu, lalu kerabatmu yang wajib untuk engkau sambung silaturahminya.” (HR. Abu Daud)
  1. “Orang yang menyambung silaturahmi bukanlah orang yang membalas jasa kebaikan, tetapi orang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang kekerabatannya diputus, lalu ia menyambungnya.” (HR. Bukhari).
  1. “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  1. “Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari)

Kata mutiara tentang keluarga dari para tokoh dunia

Dikutip dari Goodreads, AZ Quotes, dan beberapa sumber lain, berikut ini adalah kutipan kata-kata mutiara keluarga bahagia yang diambil dari tokoh-tokoh dunia!

kata mutiara keluarga bahagia
Ilustrasi. Keluarga menjadi sumber kehangatan dan inspirasi bagi banyak orang (Pexels/RDNE Stock Project).

Kata mutiara tentang keluarga dari para penulis

  1. “Keluarga yang bahagia adalah surga yang hadir lebih awal.” -George Bernard Shaw, penulis dan sastrawan Irlandia.
  1. “Ikatan yang menghubungkan keluarga sejatimu bukanlah ikatan darah, tetapi ikatan saling menghormati dan bergembira dalam kehidupan satu sama lain.” -Richard Bach, penulis asal Amerika Serikat.
  1. “Menjadi sebuah keluarga berarti kamu menjadi bagian dari sesuatu yang sangat luar biasa. Itu berarti kamu akan mencintai dan dicintai selama sisa hidupmu. – Lisa Weed, penulis buku psikologi anak asal Amerika Serikat.
  1. “Keluarga adalah jaket pelampung di tengah lautan badai kehidupan.” – J.K. Rowling, penulis serial novel Harry Potter.
  1. “Dengan segala cara yang bisa kita bayangkan, keluarga terhubung dengan masa lalu kita, menjembatani masa depan kita.” – Alex Haley, penulis autobiografi Malcolm X.
  1. “Kamu dilahirkan ke dalam keluargamu dan keluargamu dilahirkan di dalam dirimu. Tidak ada pengembalian. Tidak ada pertukaran.” – Elizabeth Berg, novelis asal Amerika Serikat. 
  1. “Keluarga adalah hal terbaik yang pernah kamu miliki dalam hidupmu.” – Nishan Panwar, penulis buku  If… Money Grew on Trees, Girls Would Date Monkeys.
  1. “Ketika semuanya menjadi kacau, orang-orang yang berdiri di sampingmu tanpa gentar – mereka adalah keluargamu.” – Jim Butcher, penulis serial novel The Dresden Files.
  1. “Informalitas kehidupan keluarga adalah kondisi yang diberkati yang memungkinkan kita semua untuk menjadi yang terbaik sambil melihat yang terburuk.” -Marge Kennedy, novelis Inggris awal abad ke-20.
  1. “Saya ditopang oleh cinta keluarga.” -Maya Angelou, penulis dan tokoh pergerakan hak sipil Amerika Serikat.
  1. “Wajah keluarga adalah cermin ajaib yang memandang orang-orang yang menjadi milik kita, kita melihat masa lalu, sekarang, dan masa depan.” -Gail Lumet Buckley, jurnalis dan kolumnis asal Amerika Serikat.
  1. “Seorang pria berkeliling dunia untuk mencari apa yang dia butuhkan, dan ketika kembali ke rumah dia menemukan apa yang ia cari.” -George A Moore, sastrawan Irlandia.
  1. “Keluarga dan teman adalah harta karun, carilah dan nikmati kekayaannya.” – Wanda Hope Carter, penulis asal Amerika Serikat.
  1. “Keluarga; gurita kesayangan yang kita tidak pernah bisa lepas dari tentakelnya, atau, di lubuk hati kita yang paling dalam, tidak ingin lepas juga.” – Dodie Smith, penulis dan dramawan Inggris.
  1. “Keluarga bukanlah sesuatu yang seharusnya statis, atau kaku. Orang menikah, bercerai. Mereka lahir, mereka mati. Mereka senantiasa berkembang, berubah menjadi sesuatu yang lain. – Sarah Dessen, novelis asal Amerika Serikat.
  1. “Tanpa keluarga, manusia, sendirian di dunia, gemetar kedinginan.” -Andre Maurois, penulis Perancis.

Kata mutiara tentang keluarga dari para ilmuwan dan filsuf

  1. “Orang tua yang baik memberikan anak-anak mereka akar dan sepasang sayap. Akar agar selalu ingat ke mana mereka pulang, dan sayap untuk terbang keluar dan mempraktekkan apa yang sudah diajarkan kepada mereka.” – Jonas Salk, penemu vaksin polio.
  1. “Bersukacitalah bersama keluargamu di negeri kehidupan yang indah.” – Albert Einstein, fisikawan terkemuka.
  1. “Keluarga adalah salah satu mahakarya alam.” -George Santayana, filsuf Spanyol. 
  1. “Keluarga adalah suaka di dunia yang tidak berperasaan.” – Christopher Lasch, profesor sejarah di University of Rochester. 

Kata mutiara tentang keluarga dari aktor dan seniman

  1. “Keluarga bukan cuma hal yang penting; Keluarga adalah segalanya.”. – Michael J. Fox, aktor waralaba Back to the Future. 
  1.  “Hal-hal lain mungkin mengubah kita, tetapi kita mulai dan berakhir dengan keluarga.” -Anthony Brandt, komponis asal Amerika Serikat.
  1. “Keluarga berarti tidak ada yang tertinggal atau dilupakan.” – David Ogden Stiers, aktor asal Amerika Serikat.
  1. “Kebahagiaan adalah ketika kita memiliki keluarga yang besar, penuh kasih, perhatian, dan erat di kota lain.” – George Burns, aktor dan komedian asal Amerika Serikat.

Kata mutiara tentang keluarga dari tokoh politik dan aktivis

  1. “Tidak ada keraguan bahwa di sekitar keluarga dan rumahlah semua kebajikan terbesar, kebajikan manusia yang paling mendominasi, diciptakan, diperkuat, dan dipelihara.” -Winston Churchill, mantan Perdana Menteri Inggris.
  1. “Bagi kami, keluarga berarti saling merangkul dan hadir untuk satu sama lain.” -Barbara Bush, aktivis asal Amerika Serikat.
  1. “Kamu tidak memilih keluargamu. Mereka adalah pemberian Tuhan untukmu, sebagaimana engkau adalah pemberian Tuhan untuk mereka.” -Desmond Tutu, tokoh HAM dan gerakan anti-apartheid asal Afrika Selatan.

Kata mutiara tentang keluarga dari sumber lainnya

  1. “Hal terpenting di dunia adalah keluarga dan cinta.” – John Wooden, pemain dan pelatih bola basket bergelar Wizard of Westwood.
  1. “Satu-satunya landasan yang saya tahu tetap stabil, satu-satunya institusi yang saya tahu berhasil, adalah keluarga.” – Lee Iacocca, tokoh eksekutif permobilan asal Amerika Serikat.
  1. “Memiliki rumah berarti memiliki tempat kembali. Memiliki keluarga berarti memiliki orang-orang yang dicintai. Dan memiliki keduanya adalah berkah. – Anonim
  1. “Cinta sebuah keluarga adalah berkah terbesar kehidupan.” – Anonim
  1. “Keluarga tidak selalu terkait ikatan darah. Keluarga adalah orang-orang dalam hidupmu yang benar-benar menginginkanmu, menerimamu apa adanya, orang-orang yang akan melakukan apa saja untuk melihatmu tersenyum dan yang mencintaimu apapun yang terjadi.” – Anonim
  1. “Pada saat menghadapi ujian, keluarga adalah yang terbaik.” – Pepatah Burma
  1. “Keluarga layaknya cabang pohon: kita tumbuh ke arah yang berbeda, namun akar kita tetap satu.” – Anonim
  1. “Keluarga: tempat kehidupan dimulai dan cinta tidak pernah berakhir.” – Anonim
  1. “Keluarga memberimu akar untuk berdiri tegak dan kuat.” – Anonim

Jadi pahlawan keluarga dengan pengaturan keuangan melalui Hijra

Semoga kata mutiara tentang keluarga di atas bisa memberikanmu inspirasi dan semangat untuk berbuat yang terbaik untuk keluarga, ya!

Jika kamu ingin mewujudkan cita-cita finansial keluargamu, kamu bisa mulai menabung di Hijra Bank. 

Capai tujuan-tujuan keuangan keluarga melalui Hijra Box dengan menyimpan uangmu di pundi-pundi khusus yang bisa kamu buat hingga 20 buah untuk masing-masing target yang ingin kamu capai. 

Yuk, jadi pahlawan keluarga dengan manfaatkan tabungan di Hijra Bank!

Artikel Terkait

Tags