hadis tentang bersabar

Kumpulan Hadis tentang Bersabar, Motivasi untuk Jadi Muslim yang Lebih Baik Lagi

Athariq Faisal

14 Feb 2023

5 Min Read

Sebagai seorang muslim yang terus berusaha untuk menjadi lebih baik, belajar menjadi orang yang semakin sabar adalah hal yang sangat penting namun tak mudah dilakukan.

Mengutip My Islam, sabar berasal dari kata dalam bahasa Arab, yaitu “sabr” (صَبْرٌ‎) yang berarti daya tahan atau keuletan, ketekunan, dan kemampuan untuk menahan diri.

Bukan hanya merupakan hal yang baik saja, sabar menghadapi berbagai ujian dari Allah SWT dalam hidup juga salah satu cara untuk mengumpulkan pahala.

Secara teori, kita sering mendengar kisah-kisah para Nabi, khususnya Rasulullah ﷺ yang menunjukkan kesabaran yang begitu hebatnya lewat kisah-kisah serta hadis tentang bersabar.

Ketika berbicara tentang sabarnya Rasul, mungkin kamu berpikir bahwa tentu saja, manusia yang paling mulia pasti sabar karena merupakan orang yang spesial.

Akan tetapi, bukan berarti kita tak bisa mencoba untuk mencapai level sabar yang cukup baik pula, bukan?

Jika akhir-akhir ini kamu merasa kurang sabaran, insyaallah kumpulan hadis di bawah ini bisa jadi inspirasi bagimu.

Hadis tentang Bersabar

1. Sabar atas ketetapan Allah

Apa itu yang dimaksud dengan ketetapan Allah? Menurut tulisan Eko Ramdi Fauzi yang dimuat di Sumber Belajar Kemendikbud RI, ketetapan atau qadha merupakan takdir yang sudah ditentukan Allah SWT dari zaman azali atau zaman sebelum diciptakannya alam semesta.

Setiap manusia yang turun ke dunia ini telah dituliskan takdirnya dalam lauhul mahfuz.

Tak semua hasil dari usaha kita sesuai dengan ekspektasi dan tak juga kita selalu mengalami hal-hal yang baik saja, karena Allah telah memiliki ketetapan yang baik buruknya lebih Dia pahami dibanding para hamba-Nya.

Hadis tentang bersabar atas ketetapan Allah berbunyi sebagai berikut:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى

Artinya:

Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala,” (HR Ahmad dan At-Thabrani).

Tak ada cara lain selain terus berikhtiar, sabar, dan menyerahkan diri kepada Allah SWT sebagai yang maha mengetahui atas segala kesulitan yang kita arungi.

2. Sabar membawa keberkahan

Berkah dan rezeki datangnya tidak selalu hanya dalam bentuk materi atau uang saja.

Ada banyak bentuk lain, seperti penjagaan Allah, kemudahan, kebahagiaan, dan masih banyak lagi.

Nah, hal ini bisa saja didatangkan padamu karena bersabar.

Hal ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ ، وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنْ الصَّبْرِ

Artinya: 

“Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran.” (HR Bukhari No 1469)

Dalam hadis tersebut, disebutkan bahwa mampu bersabar sendiri merupakan suatu anugerah.

Oleh karena itu, teruslah berusaha dan berdoa untuk bisa dirahmati kesabaran, ya.

3. Orang yang sabar diridai Allah

Siapa yang tidak ingin diridai oleh Sang Pencipta? Tentu seluruh umat muslim menginginkannya.

Untuk mendapat rida dari Allah, ternyata tak hanya ahli ibadah saja tetapi orang yang sabar pun akan selalu diridai oleh Allah SWT. 

Seperti sabda Rasulullah:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى

Artinya: 

Rasulullah bersabda, “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari rida Allah ta’ala.” (HR Ahmad dan At Thabrani)

4. Mendapat pahala yang berlipat ganda

Hadis tentang bersabar selanjutnya bisa jadi motivasi besar.

Dalam hadis ini, Rasulullah bersabda bahwa saat seorang manusia diuji dengan suatu musibah, maka Allah akan memberikan ganjaran yang begitu banyak, yaitu hingga sembilan ratus derajat.

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الْمُصِيْبَةِ بِتِسْعِمِائَةِ دَرَجَةٍ

Artinya: 

Nabi SAW bersabda, “Sabar ketika musibah (diganjar) dengan sembilan ratus derajat.” (HR An Nawawi)

Mungkin kamu merasa kesulitan, putus asa, bahkan kecewa dengan apa yang terjadi sehingga sulit untuk tidak merasa kesal.

Namun, jangan sampai lupa bahwa Allah justru sedang menaikkan derajatmu dengan ujian yang diberikan.

5. Sabarnya seorang lelaki

Dalam Islam, laki-laki memiliki tanggung jawab yang besar, khususnya menyangkut tanggung jawab terhadap keluarga.

Meski memang diciptakan untuk mampu mengemban hal tersebut, bukan hal yang aneh jika kamu kadang merasa kewalahan dan menjadi gusar karena hal-hal sulit yang harus dihadapi.

Nah, hadis tentang bersabar yang satu ini mengingatkan kita untuk tetap berusaha bersabar, karena itulah hal yang disukai Allah SWT, khususnya dalam diri seorang laki-laki.

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا

Artinya: “Jika sabar itu seorang laki-laki, niscaya ia adalah orang yang pemurah dan Allah menyukai orang-orang yang sabar.” (HR At Thabrani)

6. Yang kuat adalah yang sabar

Apakah menurutmu orang yang kuat didefinisikan dari kapasitas fisiknya?

Menurut sabda Rasulullah ﷺ, orang yang kuat itu bukan orang yang kuat secara fisik ataupun yang jago bela diri, lho.

Justru, orang yang sabar secara emosional dan lemah lembut dianggap punya kekuatan paling besar.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال: “لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرُعة، وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya: 

“Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW yang telah bersabda: Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Nah, itulah dia beberapa hadis tentang bersabar yang mudah-mudahan bisa menjadi pengingat dan penyemangat bagimu di kala sedang sulit untuk bersabar dalam kehidupan sehari-hari.

Jika terus kesulitan untuk bersabar, mungkin permasalahan yang kamu hadapi perlu melibatkan peran profesional, misalnya dari psikolog, psikiater, maupun ahli agama yang bisa memberikan perspektif baru dan membantumu dalam menyelesaikan masalah yang membuatmu gusar.

Di aplikasi Hijra Bank, kamu bisa langsung bertanya pada asatidz sebagai ahli dalam bidang agama yang insyaallah dapat memberi pencerahan dari sisi spiritual secara gratis.

Selain mengenai bersabar, kamu juga tentu boleh bertanya tentang hal apa saja seputar agama di sana.

Yuk, download aplikasi Hijra Bank dan coba fitur Tanya Ahlinya sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini!

Artikel Terkait

Tags