Faktor-Faktor yang Menarik Tikus dan Kecoak ke Dapur

Faktor-Faktor yang Menarik Tikus dan Kecoak ke Dapur dan 5 Tips Mengatasinya

Athariq Faisal

12 Jul 2023

5 Min Read

Rumah yang nyaman adalah rumah yang bersih, terbebas dari sampah dan tentu saja gangguan hama. Dua jenis hama yang kerap mengganggu kenyamanan dalam hunian adalah tikus dan kecoak. Kedua hewan ini paling sering masuk lewat dapur atau bagian belakang rumah.

Selain membuat suasana berisik, keberadaan kecoak dan tikus bisa menjadi sumber penyakit. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips menghindari faktor-faktor yang menarik tikus dan kecoak ke dapur luar/belakang. Simak penjelasannya berikut ini!

Mengapa Tikus dan Kecoak Sering Masuk ke Dapur?

Source: Envato

Mengapa bisa banyak kecoak dan tikus di dapur? Apa saja tips menghindari faktor-faktor yang menarik tikus dan kecoak ke dapur luar/belakang? Baik tikus maupun kecoak, biasanya memang lebih suka masuk dari belakang dan berdiam di dapur rumah. Ini karena mereka sedang mencari makanan. Tak heran jika sisa-sisa makanan dan stok makanan yang kamu simpan di dalam lemari atau rak yang terbuka kerap jadi incaran.

Ada beberapa alasan kenapa kecoak dan tikus betah berdiam di dapur rumahmu yakni:

  • Tersedia sumber makanan yang cukup. Seperti halnya manusia dan hewan-hewan lain, kecoak dan tikus akan mencari tempat tinggal yang nyaman dengan persediaan makanan yang cukup. Tikus bahkan bisa menggerogoti pintu, lemari, kotak, dan saluran air untuk bisa mengakses makanan di dalam rumah
  • Suhu yang cocok. Suhu rumah yang nyaman juga kerap membuat kecoak dan tikus betah berlama-lama di rumah. Kecoak, khususnya, membutuhkan sumber air dan kelembapan yang cukup. Itulah sebabnya mereka cenderung lebih sering berdiam di tempat yang lembap seperti kamar mandi dan tempat pencucian piring.

Bahaya Tikus dan Kecoak di Dalam Rumah

Source: Envato

Faktor-faktor yang menarik tikus dan kecoak ke dapur luar/belakang sudah kamu ketahui.

Sekarang, yuk, kita bahas bahayanya dan mengapa masalah ini perlu segera diselesaikan.

Tikus kerap menimbulkan suara-suara berisik yang mengganggu di malam hari. Selain itu, tikus dan kecoak ternyata juga bisa menimbulkan beragam kerugian lain bagi penghuni rumah.

Bahaya tikus di dalam rumah antara lain adalah:

  • Merusak bangunan. Tikus suka menggigit kayu pada bahan bangunan. Ini tentu akan menyebabkan kerusakan, membuat rumah menjadi rapuh dan tidak estetik lagi.
  • Menyebabkan korsleting dan meningkatkan risiko kebakaran. Selain merusak kayu, tikus juga sering menggigit kabel sambungan listrik. Ini bisa meningkatkan risiko korsleting dan kebakaran di rumahmu.
  • Menimbulkan sejumlah penyakit. Tikus membawa sejumlah mikroorganisme yang berbahaya. Makanan atau tempat makan yang terkontaminasi cairan dari tubuh tikus bisa menimbulkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa dibawa oleh tikus antara lain adalah leptospirosis, demam gigitan tikus dan diare.

Sementara itu, dampak kecoak yang merugikan di dalam rumah antara lain adalah:

  • Merusak barang-barang di dalam rumah. Pakaian kotor yang terkena keringat atau sisa makanan adalah incaran kecoak. Kecoak akan menggigit kain di bagian yang terkena noda dan menyebabkan kerusakan.
  • Menimbulkan sejumlah penyakit. Kecoak juga bisa membawa sejumlah bakteri penyebab penyakit seperti streptococcus, staphylococcus, dan salmonella. Kecoak bisa menularkan bakteri ketika melintasi permukaan meja dan permukaan peralatan makan yang ada di dapur.

Tips Menghindari Faktor-faktor yang Menarik Tikus dan Kecoak ke Dapur Luar/Belakang

Source: Envato

Untuk mencegah kerugian akibat adanya tikus dan kecoak di dalam rumah, kamu membutuhkan tips menghindari faktor-faktor yang menarik tikus dan kecoak ke dapur luar/belakang. Dengan mengetahui apa saja yang disukai oleh tikus dan kecoak, kamu bisa mencegah hama-hama tersebut masuk ke dalam rumah. Simak beberapa tipsnya berikut ini!

1. Cek celah yang bisa jadi tempat masuk

Celah adalah salah satu faktor-faktor yang menarik tikus dan kecoak ke dapur luar/belakang. Tikus maupun kecoak biasanya bisa masuk ke dapur dari celah pintu atau lewat saluran air. Untuk mencegah hal ini terjadi, cek pintu atau jendela yang bercelah atau retak. Pastikan juga saluran airmu dipasangi kawat pengaman di bagian luar agar tikus tidak bisa masuk dari selokan.

2. Segera bersihkan sisa makanan di atas meja dan permukaan lain

Ketika kamu selesai masak atau makan, segera bersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan countertop atau meja agar tidak mengundang kecoak dan tikus masuk ke dalam rumah. Bersihkan juga kompor dan alat masak sesegera mungkin setelah kamu selesai menggunakannya.

Di malam hari, sebaiknya hindari meninggalkan piring dan bekas alat masak kotor di atas westafel. Kotoran yang tertumpuk di sana juga akan membuat kelembapan tertahan yang disukai oleh kecoak dan tikus.

3. Perhatikan kebersihan dapur

Sebelum kamu membuang kaleng, plastik, atau botol ke tempat sampah, jangan lupa untuk membilasnya terlebih dahulu. Sapu dan pel lantai rumah terutama dapur secara berkala dan buang sampah di dalam tong setiap hari.

4. Pastikan tidak ada area lembap

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kecoak sangat menyukai area yang lembap. Untuk itu kamu perlu memasyikan tidak ada celah atau retakan di sekitar pipa dan tidak ada saluran air yang bocor. Jika ada, segera lakukan perbaikan. Bersihkan saluran air secara rutin untuk mencegah penyumbatan.

Pastikan semua ruangan di dalam rumah berventilasi sehingga sirkulasi udara tetap baik. Untuk mengurangi kelembapan, kamu bisa memasang exhaust atau menggunakan humidifier untuk mengontrol kelembapan di dalam ruangan.

5. Hilangkan tempat yang bisa jadi lokasi persembunyian tikus dan kecoak

Barang-barang yang berantakan di dalam gudang atau garasi perlu disusun secara berkala. Tempat-tempat seperti ini adalah sudut favorit tokus dan kecoak. Jika ada barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti majalan atau koran bekas, sebaiknya segera dibuang. Jangan lupa tutup semua retakan dan celah di dinding yang sering jadi tempat persembunyian atau sarang tikus dan kecoak.

Itulah beberapa tips menghindari faktor-faktor yang menarik tikus dan kecoak ke dapur luar/belakang.

Untuk kamu yang berencana ingin pindah ke rumah baru, sekarang kamu bisa mengajukan KPR syariah lewat Hijra Bank, lho! Download aplikasinya dulu dengan klik tombol di bawah ini.

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait