undangan pernikahan online

Cara Membuat Undangan Pernikahan Online yang Menarik

Athariq Faisal

9 Jan 2023

5 Min Read

Undangan pernikahan kini tidak hanya hadir dalam bentuk cetak. Undangan pernikahan online adalah solusi menghemat biaya sekaligus memudahkan dalam mengundang teman dan kerabat jauh. Kamu juga bisa membuat sendiri undanganmu menggunakan aplikasi digital sebelum mengirimkannya secara langsung.

Undangan online memberimu kebebasan dalam memilih desain dan tema, Akan tetapi, pastikan undanganmu tetap memenuhi kaidah desain agar menarik sekaligus mudah dibaca. Inilah beberapa tips membuat undangan pernikahan yang menarik.

Tips Membuat Undangan Pernikahan Online yang Menarik

1. Buat Denah Informasi Penting di Undangan 

Sebelum merancang undangan, buat sketsa kasarnya di kertas. Gambar denah sederhana untuk menempatkan informasi penting di undangan, seperti nama mempelai, tanggal dan waktu acara, lokasi, serta alamat. Pastikan semua informasi penting ini tampak menonjol dan seimbang di desainmu.

Idealnya, nama mempelai, hari dan tanggal, waktu, serta lokasi pernikahan harus terlihat dengan mudah walau hanya sepintas. Pastikan juga kamu menambahkan lokasi tempat pernikahan. Informasi penting lainnya adalah kolom RSVP serta kode berpakaian. Jika semuanya sudah tertata rapi, barulah kamu menambahkan rincian lain.

2. Gunakan Font Menarik Tetapi Mudah Dibaca 

Memilih huruf (font) yang tepat bisa mengubah drastis tampilan undangan. Pilih huruf yang menarik tetapi tetap mudah dibaca. Kamu bisa meminta pendapat orang lain dan tanyakan jika tulisan di kartu undanganmu mudah dibaca.

Saat memilih huruf, pastikan memilih maksimal dua atau tiga, tidak lebih. Terlalu banyak font akan membuat undanganmu terlihat sesak dan membingungkan. Triknya adalah memilih huruf dekorasi (display font) untuk nama mempelai, dan font standar untuk informasi penting agar lebih mudah dibaca.

Misalnya, kamu bisa memilih huruf kaligrafi cantik untuk nama mempelai dan font serif atau sans serif untuk teks lain. Penerima undangan akan kesulitan membaca undangan jika kamu menggunakan huruf kaligrafi untuk semua bagian teks.

3. Tambahkan Elemen Desain yang Sifatnya Personal 

Apakah “desain cantik” tidak cukup untuk seleramu? Gunakan elemen desain dari hal-hal yang sifatnya personal atau berarti bagimu. Misalnya, kamu bisa menambahkan ilustrasi terkait kegemaran pribadi atau kegiatan favorit bersama pasangan, seperti hewan peliharaan lucu, bunga favorit, atau aktivitas hobi.

Ada beberapa cara menyisipkan elemen personal. Misalnya, kamu bisa menyisipkan foto wajah pasangan yang diberi efek khusus agar unik. Kamu juga bisa menyelipkan ilustrasi yang menggambarkan hobi atau sifat masing-masing. Jika ilustrasi standar di katalog aplikasi desain kurang memuaskan, kamu bisa memesan ilustrasi dari ilustrator lepas.

Ide lainnya adalah memanfaatkan foto pre-wedding. Kamu bisa menjadikannya latar belakang undangan, lalu gunakan kotak warna transparan untuk menampung teks undangan. Kotak warna transparan ini berguna agar teks undangan jelas terbaca ketika mereka diletakkan di atas foto.

Dengan elemen personal, desainmu akan menjadi lebih unik dan menarik. Kamu dan pasangan pun bisa berbagi memori indah tersebut dengan para tamu.

4. Pastikan Warna Serasi dan Tidak Mengaburkan Teks 

Hindari asal memilih warna saat membuat undangan pernikahan online. Pastikan paduan warnanya serasi sehingga tidak mengaburkan teks. Warna latar belakang dan teks sebaiknya memiliki kontras yang tinggi sehingga penerima undangan bisa membacanya dengan baik.

Jangan ragu untuk bermain dengan kombinasi warna yang berlawanan agar undanganmu mudah dibaca. Misalnya, jika latar belakangnya biru gelap atau cokelat tua, kamu bisa menggunakan teks warna putih. Latar belakang putih atau warna pastel muda cocok dengan warna teks gelap (tidak harus hitam).

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi online gratis untuk mengetes berbagai kombinasi warna teks dan latar belakang. Contohnya adalah Color Safe dan CSS Gradient. Kedua aplikasi tersebut memberimu kesempatan memadukan warna latar belakang dan huruf sepuasnya hingga kamu menemukan kombinasi yang tepat.

5. Manfaatkan Simbol Ampersand yang Menarik 

Ampersand adalah simbol yang kita gunakan sebagai ganti “dan” (&). Kamu bisa mempercantik undangan pernikahan online dengan menyelipkan simbol ampersand. Pilih logo yang bentuknya unik dan cantik, lalu selipkan di antara kedua nama pengantin. Kamu bahkan bisa menyelipkan ampersand ukuran besar agar desain terlihat makin menyolok.

Dengan menggunakan simbol cantik alih-alih kata “dan”, kamu bisa menambah estetika undangan sekaligus membuat tamu merasa istimewa. Simbol ampersand biasanya tersedia di setiap font, jadi jika kamu menggunakan font hias, kamu otomatis mendapat ampersand cantik.

6. Buat Beberapa Desain untuk Minta Pendapat 

Jangan terpaku pada satu jenis desain! Ketika membuat undangan, pastikan kamu memiliki beberapa draft desain, misalnya tiga hingga empat buah. Tunjukkan beberapa contoh desain tersebut ke orang-orang yang pendapatnya bisa kamu percaya.

Minta opini mereka tentang elemen dalam undangan tersebut. Contohnya: apakah huruf-hurufnya mudah dibaca? Desainnya memusingkan atau tidak? Apakah warnanya bagus, biasa saja, atau terlalu norak? Kumpulkan opini mereka dan jadikan pertimbangan saat memilih desain final.

7. Gunakan Template Profesional 

Masih bingung bagaimana cara mulai membuat undangan pernikahan online yang menarik? Kamu bisa menggunakan template undangan yang bisa kamu modifikasi dengan mudah. Berbagai situs dan aplikasi desain seperti Canva, Adobe, VistaCreate, dan GreetingsIsland menyediakan beragam template undangan, baik yang gratis maupun berbayar.

Dalam template, elemen desain kartu undangan sudah ada. Kamu tinggal memodifikasinya sedikit dengan mengubah nama mempelai, hari dan waktu acara, alamat, dan sebagainya. Template juga menawarkan beragam desain sehingga kecil kemungkinan orang lain menggunakan ide yang sama. Mendesain dan membuat undangan pernikahan bisa menjadi kesenangan tersendiri bagimu dan pasangan saat menyiapkan hari istimewa. 

Membuat undangan pernikahan merupakan bagian dari mempersiapkan pesta pernikahan. Pernikahan adalah memulai hidupmu yang baru bersama seseorang yang terkasih dan menjadikanmu menjadi pribadi yang berkualitas. Pastikan suatu niat baikmu diawali dengan sesuatu yang baik juga, seperti platform kebaikan yang ditawarkan dari Hijra Bank

Yuk, tunjukkan kasih sayang dan kebaikan kepada orang-orang yang kamu sayangi dengan memanfaatkan berbagai kebaikan yang ditawarkan oleh platform perbankan Hijra Bank. Salah satu kebaikan yang kamu akan nikmati adalah mendapatkan gratis transfer ke semua bank sebanyak 31 kali selama Januari 2023. 

Manfaatkan juga fitur Hijra Box di aplikasi Hijra Bank untuk mengatur pos tabunganmu! Persiapkan dana pernikahanmu atau target keuanganmu yang lain denganfitur Hijra Box. 

Lengkapi pengalaman istimewamu dengan mengunduh segera aplikasi platform penuh kabaikan dari Hijra Bank. Tingkatkan kualitas hidupmu lebih baik lagi bersama Hijra Bank!

Unduh aplikasi Hijra Bank yang sekarang sudah tersedia di 

PT BPRS Hijra Alami (Hijra Bank) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta telah menjadi Bank peserta Penjaminan di Lembaga Penjamin Simpanan

Artikel Terkait

Tags