Biaya perawatan dan pemeliharaan rutin rumah

Catat! Begini Cara Menghitung Biaya Perawatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah

Athariq Faisal

14 Jun 2023

5 Min Read

Biaya perawatan dan pemeliharaan rutin rumah merupakan biaya yang pasti kamu keluarkan ketika memiliki hunian. Serupa dengan barang, hunian juga butuh dirawat dan dipelihara. Tujuannya, supaya bangunan tetap kokoh, dapat digunakan dalam jangka lama, serta isinya pun tetap terawat dengan baik. 

Melakukan perawatan dan pemeliharaan rumah juga tidak hanya akan menjaga keindahan dan estetika hunian, melainkan juga membuat penghuninya akan merasa lebih betah dan nyaman. Perawatan yang tepat juga akan meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan di sekitar hunian yang tentunya akan berdampak positif terhadap kesehatan penghuni di dalamnya. 

Pengertian Biaya Perawatan dan Pemeliharaan Rumah 

Biaya perawatan dan pemeliharaan rutin rumah

Sumber : Envato

Sesuai namanya, biaya perawatan dan pemeliharaan rumah merupakan anggaran yang dikeluarkan untuk merawat dan memelihara hunian. Umumnya, biaya ini akan digunakan untuk perbaikan fasilitas, peningkatan keamanan, biaya utilitas, hingga pemeliharaan supaya bangunan tidak mengalami kerusakan. 

Hal tersebut sesuai dengan definisi pemeliharaan bangunan itu sendiri, yakni kegiatan yang dilakukan untuk menjaga keandalan bangunan beserta prasarana dan sarananya supaya layak fungsi. Perawatan bangunan didefinisikan sebagai kegiatan memperbaiki atau mengganti seluruh maupun sebagian bangunan hunian, komponen, bahan bangunan, serta prasarana dan sarananya.

Tujuan Perawatan dan Pemeliharaan Rutin 

Biaya perawatan dan pemeliharaan rutin rumah

Sumber : Envato

Dilansir Landmarkhw, tujuan utama perawatan dan pemeliharaan rutin pada rumah adalah untuk memastikan bahwa hunian tersebut berfungsi dengan normal. Ketika ada kerusakan pada bagian tertentu, kamu bisa segera mengantisipasi dengan melakukan perbaikan. Makin cepat diperbaiki, biaya yang dikeluarkan tentunya lebih sedikit.

Selain itu, pemeliharaan bangunan juga akan membuat umur hunian lebih panjang. Ditinjau dari aspek keamanan, bangunan yang dirawat dan dipelihara cenderung lebih kuat. Penampilannya pun terjaga sehingga tampak bersih, rapi, dan lebih indah dipandang. 

Jenis Perawatan dan Pemeliharaan Rumah Rutin 

Biaya perawatan dan pemeliharaan rutin rumah

Sumber : Envato

Apabila kamu tinggal di kawasan perumahan, biaya terkait pengelolaan dan perawatan hunian biasanya diserahkan kepada pihak pengelola. Lain halnya apabila kamu tinggal di kawasan pemukiman umum. Biaya perawatan dapat kamu atur dan kelola secara mandiri.

Untuk memudahkanmu dalam melakukannya, berikut ini jenis perawatan dan pemeliharaan rumah rutin yang umum dilakukan sebagaimana dilansir BankRate.

  • Membersihkan Filter AC – sangat penting untuk menjaga filter dan saluran AC bersih. Selain untuk memastikan kualitas udara yang dihasilkan baik, pembersihan secara rutin juga akan membuat umur AC panjang. 
  • Pengecekan Kabel Listrik – meskipun tampak sepele, mengecek kabel listrik di seluruh bagian rumah bisa meminimalisasi hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah korsleting yang disebabkan kerusakan kabel atau alat elektronik. 
  • Cek Atap – pengecekan atap dilakukan untuk memastikan tidak ada genteng yang copot atau bergeser. Apabila ada, kamu bisa melakukan perbaikan secara mandiri maupun menggunakan jasa layanan. 
  • Merapikan Taman – taman tak hanya dapat dinikmati atau sekadar dijadikan pemanis pada hunian, melainkan juga harus dirawat dan dipelihara agar tanaman yang ada tetap sehat dan berbunga indah.
  • Cat Ulang Tembok – disadari atau tidak, pengecatan ulang tembok akan membuat hunian tampak layaknya baru. Biasanya, pengecatan ini dilakukan setiap 3 hingga 5 tahun sekali sesuai kualitas cat yang digunakan sebelumnya. Namun, bagian tembok yang sering terkena air ketika musim hujan tentunya membutuhkan perawatan ekstra.
  • Penggantian Material – tak dapat dimungkiri bahwa kerusakan material pada hunian adalah hal yang wajar. Selain menyediakan biaya perawatan penggantian material, ada baiknya kamu juga mencatat jenis material beserta lokasi pembelian. Hal ini dilakukan untuk memastikan unit yang kamu beli serupa dengan sebelumnya. Misalnya: pembelian keramik.
  • Deep Cleaning – rumah yang bersih akan membuat penghuninya betah menghabiskan waktu. Sangat penting melakukan deep cleaning untuk memastikan seluruh perabotan dan tiap sudut rumah kamu bebas dari kotoran dan debu. Berbeda dengan perawatan pada umumnya, proses deep cleaning membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Perawatan ini juga sebaiknya dilakukan setiap sebulan sekali atau minimal enam bulan sekali.

Estimasi Biaya Perawatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah 

Biaya perawatan dan pemeliharaan rutin rumah

Sumber : Envato

Dapatkan sumber pembiayaan pemilikan perumahan dari Hijra melalui produk Hijra Home. Hijra Home membantu kamu mendapatkan rumah hunian impian dengan angsuran pembiayaan yang flat. Sebab, pembiayaan pemilikan rumah di Hijra menggunakan akad syariah murabahah.

Untuk selengkapnya bisa klik tombol berikut!

Sebenarnya, estimasi biaya untuk merawat dan memelihara rumah secara rutin lebih murah dibandingkan apartemen. Supaya lebih jelas, berikut estimasi biaya yang mungkin akan kamu keluarkan setiap bulannya untuk menjaga keindahan hunian.

  • Biaya Renovasi dan Dekorasi 

Ketika ingin mengubah dekorasi rumah, kamu harus menyediakan biaya untuk renovasi dan dekorasi. Pada hunian yang terletak di perumahan, terdapat aturan berlaku yang harus kamu patuhi. Biasanya, kamu juga harus membayar sejumlah dana untuk perizinan renovasi dan dekorasi bagian luar rumah. Adapun besaran biayanya bervariasi, sesuai kebutuhan.

  • Biaya Sinking Fund

Biaya sinking fund biasanya digunakan untuk memelihara dan memperbaiki fasilitas di sekitar hunian, seperti saluran air, sampah, dan jaringan listrik. Sebenarnya, besaran biaya sinking fund tergantung pengelola. Namun, rata-rata dimulai dari Rp20 ribu per bulan.

  • Biaya Keamanan

Biaya lain yang biasanya harus disiapkan adalah keamanan. Keamanan ini termasuk dalam pemeliharaan rutin lingkungan rumah. Besaran biaya keamanan tergantung pengelola perumahan ataupun RT RW setempat. Biasanya mulai dari Rp20 ribu per bulan.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan? Merujuk dari beberapa biaya yang mungkin kamu keluarkan, besaran biaya perawatan dan pemeliharaan berbeda setiap orang. Rumah dengan luas lebih besar tentu mengeluarkan biaya yang lebih banyak dibandingkan rumah berukuran kecil maupun sedang. 

Selain itu, makin banyak perabotan yang digunakan, makin besar juga biaya yang perlu kamu siapkan. Oleh karena itu, pastikan untuk merawat eksterior maupun interior rumah dengan baik agar kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk perbaikan.

Demikianlah informasi mengenai biaya perawatan dan pemeliharaan rutin rumah yang perlu kamu ketahui. Informasi tersebut dapat menambah pengetahuan kamu sebelum membeli rumah, sedangkan bagi pemilik rumah informasi tersebut bisa dijadikan acuan mempersiapkan biaya yang dibutuhkan.

Artikel Terkait

Tags