apartemen vs rumah

Beli Apartemen vs Rumah: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Athariq Faisal

12 Mar 2023

4 Min Read

Berkontemplasi antara beli apartemen vs rumah merupakan fenomena umum yang sering dialami oleh calon pembeli.

Hal ini wajar, mengingat baik rumah maupun apartemen menawarkan keunggulan masing-masing.

Namun, perlu diingat bahwa sebelum membeli properti ada baiknya untuk menentukan tujuan. Apakah pembelian properti murni untuk tempat tinggal atau justru untuk investasi jangka panjang?

Sekilas Tentang Apartemen vs Rumah

Pada dasarnya, kedua pilihan tersebut sama-sama menguntungkan.

Meski demikian, apartemen dan rumah adalah hal yang berbeda. Perbedaan rumah vs apartemen tampak dari status kepemilikan dan konstruksinya.

1. Hak Milik

Ketika membeli rumah, kamu akan mendapatkan SHM (Sertifikat Hak Milik).

Sertifikat ini memberikanmu akses dan kekuasaan penuh untuk melakukan apa pun pada tanah dan bangunan yang kamu miliki.  

Berbeda dengan rumah, kamu hanya mendapatkan SHMSRS (Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun) saat membeli apartemen. Sertifikat tersebut hanya akan memberikanmu hak kepemilikan atas unit saja, tidak termasuk fasilitas lainnya.

2. Konstruksi

Apartemen merupakan tempat tinggal berupa gedung bertingkat yang diisi banyak unit ruangan. Umumnya, setiap unit kamar memiliki desain yang sama. Hanya berbeda pada ukuran dan jumlah kamar. 

Ruangan pada bangunan apartemen ditata berderet. Setiap kamar memiliki nomor untuk membedakan unit yang dimiliki para penghuninya.

Apartemen dilengkapi berbagai fasilitas untuk memudahkan penghuninya. 

Rumah merupakan bangunan yang dirancang untuk kenyamanan penghuninya. Bangunan ini lebih kompleks dibanding apartemen karena pembangunannya membutuhkan lahan luas, pondasi, atap, dan berbagai jenis konstruksi bangunan lainnya. 

Apabila membeli hunian nonperumahan, kamu bisa merancang sendiri bentuk rumah impian. Lain halnya jika membeli perumahan, kamu hanya bisa memilih tipe rumah yang tersedia. Untuk proses renovasi pun harus sesuai dengan syarat dan ketentuan pihak pengembang.

Kelebihan Beli Apartemen vs Rumah 

Bagian terbaik membeli rumah siap bangun adalah kebebasan memilih struktur dasar serta arsitekturnya. Meskipun rumah jadi tidak memberikan kebebasan tersebut, kamu masih bisa membangunnya atau melakukan renovasi yang diperlukan untuk memperindah hunian. 

Berbeda dengan membeli rumah yang mungkin memerlukan waktu untuk pembangunannya. Sebagian besar apartemen dijual dalam keadaan siap huni.

Kamu bisa mengubah isi apartemen, seperti menambah dekorasi, melengkapi ruangan dengan perabot, atau hiasan dinding. Namun, kamu tidak diizinkan untuk mengubah apapun.

Apartemen merupakan bagian dari bangunan lebih besar, sedangkan rumah merupakan bangunan yang berdiri sendiri. Di apartemen, kamu akan berbagi fasilitas yang tersedia dengan orang lain, seperti tempat parkir, kolam renang, atau gymnasium.

Berbeda dengan apartemen, fasilitas rumah hanya bisa dinikmati kamu dan keluarga. 

Supaya lebih jelas dan memudahkan kamu memilih jenis hunian, berikut kelebihan beli apartemen vs rumah yang dirangkum dari Kelsey.

Keuntungan Membeli Apartemen

  • Sebagai pemilik apartemen, kamu tidak perlu memikirkan tentang pemeliharaan area umum karena telah diurus oleh pengembang atau manajemen. 
  • Siap huni. Bahkan, kamu bisa membeli unit yang telah dilengkapi dengan perabotan.
  • Fasilitas lengkap, mulai dari kebugaran, bisnis, hingga hiburan.
  • Umumnya, lokasi apartemen cenderung berada di keramaian kota. Karena letaknya strategis, hal ini memudahkan kamu untuk menjangkau berbagai tempat. 

Keuntungan Membeli Rumah

Sebagai pemilik rumah, kamu bebas untuk melakukan renovasi

  • Lokasi rumah cenderung berada di kawasan yang tenang. Sekalipun berada di lokasi strategis, rumah menawarkan suasana nyaman. 
  • Lantaran berdiri sendiri, kamu tidak perlu berbagi fasilitas dengan orang asing. 
  • Rumah dinilai lebih baik untuk tumbuh kembang anak. Hal ini dikarenakan sosialisasi dengan lingkungan sekitar lebih aktif dibandingkan apartemen.
  • Pembangunan ataupun pembelian rumah siap huni bisa disesuaikan dengan selera.

Biaya Perawatan Apartemen vs Rumah

Biaya perawatan apartemen vs rumah bisa dibilang relatif. Meskipun dikenakan IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) bulanan, biaya perawatan apartemen dinilai lebih terjangkau. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pasangan baru atau pekerja kantoran yang belum berkeluarga lebih memilih membeli apartemen. 

Biaya perawatan rumah tergolong tinggi, terlebih rumah besar dan bertingkat. Namun, perawatan rumah lebih fleksibel. Kamu bisa mengatur perawatan yang tepat sehingga dapat menekan biaya pengeluaran. 

Investasi Rumah vs Apartemen 

Tidak dapat dimungkiri bahwa properti merupakan salah satu instrumen yang menawarkan keuntungan besar jangka panjang.

Investasi properti memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Pengelolaan investasi properti pun tergolong mudah dan bisa kamu pelajari melalui buku, video, atau artikel terkait. 

Dari sisi investasi, apartemen memberikan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan rumah. Ketika kamu menyewakan apartemen, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga sewa unit dan harga tahunan.

Keuntungan sewa apartemen berkisar antara 7% hingga 10%, sedangkan keuntungan rumah berkisar 3% sampai 5%.

Kendati demikian, pemilik rumah bisa mendapatkan keuntungan besar dari capital gain ketika berhasil menjual hunian tersebut.

Lantaran berstatus SHM, kamu tidak perlu berhubungan dengan pengembang untuk menjual rumah layaknya apartemen.

Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan? 

Apabila kamu dihadapkan dua pilihan antara rumah vs apartemen, jawabannya tergantung tujuan yang kamu inginkan. Rumah cocok bagi kamu yang menyukai bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, dan membangun keluarga.

Bagi kamu yang menyukai kepraktisan, ruang pribadi, dan membeli properti untuk investasi, apartemen menjadi pilihan terbaik. 

Demikianlah informasi mengenai beli apartemen vs rumah yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memilih.

Kalau kamu ingin membeli hunian masa depan, mulailah untuk rutin menabung setiap bulan. Kamu bisa memanfaatkan Hijra Box dari Hijra Bank untuk membagi keuangan sesuai pos yang diperlukan, seperti misalnya untuk hiburan, membeli rumah, serta ibadah umrah atau haji.

Hijra Box juga hadir untuk mengajak kamu hidup untuk lebih tertata dan terarah dalam mengelola keuangan. Berkat Hijra Box, mengelola uang tidak lagi rumit, bebas riba, dan tentunya bisa digunakan untuk transfer tanpa biaya transaksi.

Asyik kan? Segera download aplikasi Hijra Bank sekarang juga!

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait

Tags