bayar tagihan listrik

Yuk! Bayar Tagihan Listrik Tepat Waktu, Ini 6 Tipsnya Biar Antitelat

Athariq Faisal

23 May 2023

4 Min Read

Bagaimana rasanya jika suara meteran listrik di rumah berbunyi karena token listrik sudah habis? Atau tiba-tiba saja listrik di rumah kamu tiba-tiba diputus layanannya oleh PLN karena lupa membayar tagihan setiap bulannya?

Apa lagi padamnya listrik gara-gara telat bayar tagihan bulanan atau isi token listrik di tengah-tengah kamu sedang bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Jika hal ini tidak ingin terjadi, sebaiknya kamu rutin cek tagihan listrik dan mengatur pengeluaranmu untuk tagihan bulanan. 

Berikut ini beberapa tips untukmu agar tidak telat bayar tagihan listrik bulanan atau isi ulang token listrik di rumahmu. 

Pentingnya Cek Tagihan Listrik Setiap Bulan

Di era serba digital dan penuh kepraktisan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, membawa keuntungan tersendiri bagi kita. Untuk urusan rumah tangga yang menjadi biaya tetap bulanan, seperti bayar tagihan listrik atau isi ulang token listrik bisa dilakukan secara online dari mana pun dan kapan pun. 

Ada beberapa solusi pembayaran, mulai dari bayar lewat mobile/internet banking sampai aplikasi atau platform uang elektronik atau e-wallet. Semua bisa diakses dalam genggaman tangan dengan smartphone dan jaringan internet.

Sebelum cek tagihan listrik dan bayar atau top up token, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dan persiapkan terlebih dahulu.

Tips Tepat Waktu Bayar Tagihan Listrik

1. Siapkan aplikasi bayar listrik 

Karena online semua pembayaran tagihan saat ini bisa dilakukan dengan satu aplikasi pembayaran yang sudah terinstall  di smartphonemu. Kamu bisa cek tagihan listrik atau top up token listrik dengan mudah. 

2. Catat dan Simpan Nomor Pelanggan 

Untuk memperlancar pembayaran tagihan listrik atau top up token listrik PLN, catat dan simpan nomor pelanggan kamu. Catat dan simpan di notes yang ada di smartphonemu, jadi dengan mudahnya meng-copy paste pelanggan di aplikasi pembayaran. 

3. Pilih cara dan proses pembayaran

Kini pelanggan PLN punya dua cara untuk membayar tagihan listrik bulanan, yakni cara konvensional dan cara online. Kalau cara konvensional, kamu perlu memberitahu nomor dan nama pelanggan PLN ke gerai pembayaran, tapi dengan aplikasi online kamu memasukkan semua informasi yang dibutuhkan sendiri tanpa perlu ke gerai. Cara dan prosesnya mudah, ringkas, dan praktis.

4. Bayarkan di Awal Bulan

Untuk tagihan listrik pascabayar kamu bisa menyiasati agar tepat waktu dengan membayarkannya di awal bulan. Setelah mendapat uang gajian atau penghasilan di bulan sebelumnya, ketika memasuki bulan baru anggarkan secara tersendiri untuk pembayaran segala macam tagihan. 

Setelah dianggarkan, tagihan pun sudah keluar maka bayarkan di awal bulan. Jangan menunggu hingga batas waktu pembayaran. Biasanya batas waktu pembayaran tagihan listrik pascabayar hingga tanggal 20 setiap bulannya. 

5. Rutin Mengecek dan Mencatat Tagihan Bulanan

Jumlah tagihan listrik terutama untuk layanan pascabayar setiap bulannya tentu akan berbeda-beda tergantung pada pemakaian di bulan sebelumnya. Maka dari itu perlu dicatat dan dicek tagihan listrik bulananmu. 

Hal ini untuk menyesuaikan budget dan pembayaran tagihan listrik. Selain itu hal ini bisa menjadi evaluasi setiap bulannya alat elektronik mana saja yang perlu dihemat pemakaiannya. 

6. Pisahkan Anggaran Bayar Tagihan dengan Keperluan Lain

Setelah menerima gajian, pisahkan beberapa pos anggaranmu ke beberapa box atau kantung. Untuk pembayaran tagihan atau top up pisahkan di kantung terpisah. Misalnya, kamu memiliki 5 kantung anggaran pengeluaran, salah satunya terdapat kantung pengeluaran untuk bayar tagihan dan top up.

Untuk hal ini kamu bisa memanfaatkan fitur Hijra Box dari Hijra Bank. Jadi, kamu tidak perlu membuat rekening baru di bank lain untuk pembayaran tagihan atau top up. Cukup satu rekening di Hijra Bank, kamu bisa membuat 20 box yang bisa digunakan untuk pos pengeluaran dan pendapatanmu. 

Manfaat Rutin Mencatat dan Cek Tagihan Listrik

Ada kalanya jumlah tagihan listrik naik turun sesuai penggunaan. Inilah yang menjadi alasan mengapa kamu wajib mencatat dan cek tagihan listrik secara rutin dan teliti. Beberapa manfaat yang kamu bisa dapatkan antara lain:

1. Membantumu dalam Membuat Budgeting Plan Bulanan

Jika sebelumnya kamu terbiasa cek tagihan sekaligus membayarnya, kini biasakan cek secara mandiri di aplikasi. Dengan begitu, ada waktu untuk atur pengingat di ponsel agar pembayaran tepat waktu.

2. Mengetahui rata-rata budget Tagihan Listrik

Tagihan listrik masuk kedalam rencana keuangan bulanan. Namun, seperti yang sempat dikatakan sebelumnya, tagihan listrik bisa saja berbeda antara bulan 1 dan bulan 3. Agar tidak ragu dalam menentukan budgeting, hitung saja rata-rata selama 3 sampai 6 bulan ke belakang. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan berapa pengeluaran setiap bulannya.

3. Solusi Berhemat jika Tagihan Membengkak

Jika di salah satu bulan tagihan listrikmu membengkak, yang kamu lakukan adalah segera evaluasi apa saja barang elektronik yang membuat tagihan listrikmu membengkak, atau token listrik cepat habis. 

Kamu bisa memperkirakan barang elektronik mana saja yang menyebabkan biaya tagihan listrik atau token listrikmu cepat habis. Gunakan sewajarnya, matikan alat elektronik yang berpotensi menyedot listrik terlalu besar.

Misalnya mencabut kabel elektronik dari stop kontak ketika tidak digunakan, memanfaatkan cahaya alami atau matikan lampu di waktu tertentu, menghemat penggunaan air, membatasi penggunaan dispenser air dan mesin cuci, membatasi penggunaan AC. 

4. Mencegah Budget Prioritas Terpakai 

Agar tagihan listrik kamu bisa dibayar tepat waktu, masukkan bayar tagihan listrik atau top up token listrik ke dalam to-do list yang mesti dilakukan seketika gajian. Dengan begitu, tidak ada lagi telat bayar listrik karena teralihkan keperluan lain.

Nah itu tips dan manfaat membayar tagihan listrik bulanan tepat waktu. Semoga bermanfaat dalam menyusun budget plan bulananmu. Tak lupa juga selalu menggunakan yang baik untuk pembayaran tagihan listrik dan juga token listrik. 
Pakai Hijra Bank untuk pembayaran tagihan listrik dan token listrik, atau pun tagihan lainnya seperti tagihan internet dan juga top up e-wallet. Saat ini Hijra Bank sudah tersedia di

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait

Tags