inspirasi rumah

Cari Inspirasi Rumah Untuk Percantik Hunian? Cek 4 Kanal YouTube ini!

Athariq Faisal

10 May 2023

5 Min Read

Mencari inspirasi rumah untuk mempercantik hunian dan membuatnya lebih nyaman adalah salah satu hal yang penting. Bagaimana tidak, rumah adalah tempat kita kembali dan beristirahat setelah seharian beraktivitas di luar. 

Selain itu, rumah juga dapat menjadi salah satu aset berharga yang harganya dapat mengalami kenaikan seiring waktu. Hal ini menjadikan perbaikan rumah atau home improvement menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup urban. 

Untuk mencari sumber inspirasi rumah, berikut empat kanal YouTube yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk mempercantik hunianmu! 

Kanal YouTube inspirasi rumah untuk percantik hunian

Pexels/Mark MacCamon

Di zaman internet seperti sekarang ini, banyak sarana untuk kita menambah pengetahuan, termasuk pengetahuan mengenai cara mempercantik hunian, termasuk melalui menonton video-video di YouTube. 

Bagi pasangan atau keluarga yang baru saja menempati rumah pertama, artikel serta video inspirasi mempercantik rumah dapat memperkaya wawasan. Apa saja kanal-kanal YouTube yang bisa kita tonton sebagai sumber inspirasi?      

Livinglovingnet

Dilansir dari situsnya, Living Loving adalah sebuah platform yang dibuat bagi mereka yang mencari inspirasi kreatif untuk hunian mereka. Didirikan pada tahun 2013, Living Loving memiliki studio yang berlokasi di bilangan Jakarta Selatan. 

Kanal YouTube mereka, livinglovingnet, termasuk kanal YouTube inspirasi rumah yang banyak dikunjungi, dengan jumlah subscribers mencapai sekitar 229 ribu orang, dan lebih dari 19 juta kali penayangan untuk video-video mereka. 

Melalui video-video singkat di kanal tersebut yang berdurasi tidak lebih dari 10 menit, Living Loving mengajak para penontonnya untuk menelusuri ide-ide renovasi rumah dengan bujet tertentu, menggali inspirasi gaya hunian yang unik, hingga home tour ke dalam rumah-rumah apik nan menarik milik para figur publik.       

Arsitektour Indonesia

Jika kamu mencari kanal YouTube yang memang dikelola oleh para arsitek berpengalaman, kamu bisa mengunjungi kanal Arsitektour Indonesia

Kanal ini khusus dibuat untuk mereka yang ingin menilik lebih jauh mengenai bidang arsitektur dengan memberikan tinjauan jujur mengenai eksterior, interior, pengerjaan, budget, pemilihan material dan yang lainnya yang berhubungan dengan rumah.

Dikelola oleh para arsitek yang berpengalaman mendesain selama puluhan tahun, tidak mengherankan jika kanal YouTube ini memiliki lebih dari 660 ribu subscribers sejak diluncurkan pada Juni 2020. Selain itu, jumlah tayangan kanal ini mencapai lebih dari 76 juta penayangan.    

Architectural Digest

Architectural Digest atau AD bukan nama yang asing bagi mereka yang telah menggeluti dunia arsitektur maupun desain. Architectural Digest sendiri merupakan penerbit internasional yang sejak awal kemunculannya di tahun 1920 di California, Amerika Serikat. 

Hingga kini, Architectural Digest telah berkembang menjadi terbitan mengenai desain, gaya hidup, dan arsitektur ternama. Video-video di Kanal YouTube-nya telah ditonton lebih dari satu milyar penonton, dengan total subscribers mencapai lebih dari enam juta. 

Video-video di kanal YouTube Architectural Digest sangat beragam, mulai dari home tour selebritis Hollywood, sejarah bangunan dan arsitektur, hingga challenge yang diberikan kepada figur-figur di bidang desain dan arsitektur untuk mempercantik ruangan dan bangunan.      

Never Too Small

Jika kamu lebih meminati hunian atau rumah minimalis, Never Too Small bisa menjadi sumber inspirasi rumah nyaman namun dengan ukuran yang kecil. 

Never Too Small adalah kanal YouTube yang bertujuan untuk menampilkan inspirasi hunian yang hanya memerlukan luas lahan yang kecil sebagai bagian dari kampanye keberlanjutan dan untuk mengatasi masalah kekurangan lahan di kota-kota besar. 

Di dalam kanal YouTube yang memiliki 2,36 juta subscribers ini, kita bisa mengambil inspirasi dari hunian-hunian kecil dan minimalis dari seluruh dunia.    

Apa manfaat mempercantik rumah secara rutin?

Pexels/Huseyn Kamaladdin

Kebutuhan akan home improvement tidak hanya berkaitan dengan keindahan atau estetika semata, namun juga beberapa kegunaan praktis lain dari melakukan home improvement. Berikut beberapa kegunaan dari home improvement!

Meningkatkan harga jual atau sewa rumah

Rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat kita tinggal. Mengingat fungsinya sebagai sarana pemenuhan kebutuhan tempat tinggal, rumah dapat difungsikan sebagai aset investasi mengingat permintaannya yang tinggi, jumlahnya yang terbatas, dan harganya yang terus naik. 

Dengan rutin memperbaiki dan mempercantik rumah yang kita miliki, kita dapat menaikkan harga jual rumah kita, atau meningkatkan potensi harga sewa rumah kita. Dengan demikian, renovasi rumah bisa dibilang merupakan sebuah investasi untuk membuat aset yang kita miliki lebih produktif. 

Jika kamu belum memiliki rumah sendiri, dan ingin memiliki rumah melalui pembiayaan berbasis syariah yang tidak melibatkan riba, kamu bisa mengajukan pembiayaan pemilikan rumah (PPR) melalui Hijra Home. Klik tautan berikut untuk mempelajari lebih lanjut mengenai PPR Hijra!. 

Membuat hidup lebih nyaman

Secara rutin mempercantik dan memperbaiki rumah dapat membuat hidup kita lebih nyaman. Sebagai contoh, merenovasi rumah dengan memperbaiki kebocoran sebelum datangnya musim hujan dapat membuat rumah kita lebih nyaman. 

Hal ini karena rumah kita akan terbebas dari kebocoran yang akan menyebabkan bagian-bagian di rumah kita menjadi lembab dan berjamur serta mudah rusak.  

Sesuaikan hunian dengan kebutuhanmu

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, melakukan home improvement juga memberikan keleluasaan bagi kita untuk menyesuaikan rumah kita dengan kebutuhan kita. 

Sebagai contoh, apabila kita bekerja di instansi yang memungkinkan bekerja di rumah, maka kita bisa melakukan make over terhadap rumah kita dengan menambahkan spot yang nyaman untuk kita bekerja. 

Apabila kita memiliki hobi membaca, kita bisa melakukan make over dengan menambahkan ruang baca dan perpustakaan pribadi untuk memenuhi hobi kita.  

Aktivitas dan hobi yang menyenangkan

Pexels/La Miko

Yang terakhir, melakukan home improvement adalah sebuah hobi yang menyenangkan dan produktif, serta kegiatan yang dapat memberikan rasa pencapaian atau sense of accomplishment.

Tidak perlu melakukan hal yang terlalu sulit dan mahal, hal-hal sederhana seperti mengatur tata letak furnitur, mengecat ulang kamar, maupun menambahkan ornamen-ornamen sederhana untuk mempercantik rumah kita dapat menjadi aktivitas yang membuat kita merasa puas dan gembira.

Kesimpulan

Demikian kanal-kanal YouTube yang dapat menjadi sumber inspirasi mengenai home improvement. Dengan menonton video-video di kanal-kanal yang disebutkan di atas, mudah-mudahan pengetahuan mengenai cara mempercantik dan memperbaiki rumah yang kita miliki akan menjadi manfaat. 

Untuk melakukan renovasi atau mempercantik hunian kita, tentunya kita membutuhkan dana untuk membeli material maupun membayar pekerja. Oleh karena itu, kita juga perlu memiliki cukup tabungan untuk melakukan home improvement atau renovasi rumah.     

Kamu bisa manfaatkan fitur Hijra Box dari Hijra Bank untuk menabung agar dapat merenovasi dan mempercantik rumah. 

Tunggu apa lagi, yuk unduh aplikasi Hijra Bank dengan klik tombol di bawah!      

playstore hijra
appstore hijra

Artikel Terkait