agen properti

Tips Memilih Agen Properti Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Hijra

3 Apr 2023

4 Min Read

Dari sekian banyak pilihan investasi, properti masih menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat. Pasalnya, investasi properti menjanjikan tingkat keuntungan yang sangat tinggi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, layanan jasa agen properti terpercaya banyak dicari dan dibutuhkan keberadaannya. 

Sekilas, kamu mungkin beranggapan kalau mencari agen properti yang bisa dipercaya sangat mudah. Namun, fakta di lapangan memperlihatkan kalau aksi penipuan dalam bidang properti sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki pengetahuan yang tepat sebagai bekal untuk menjaga diri agar tidak menjadi korban penipuan. 

Cara Memilih Agen Properti Terbaik

Sumber : Envato

Ada tujuh tips penting yang bisa kamu perhatikan ketika ingin mencari layanan jasa agen properti terbaik dan bisa dipercaya, yakni: 

1. Referensi dari Orang Terdekat dan Terpercaya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta saran orang-orang terdekat. Terlebih lagi, kalau mereka pernah mempunyai pengalaman dalam melakukan transaksi properti. Dari situ, kamu akan memperoleh saran serta rekomendasi menurut pandangan mereka secara objektif. 

2. Legalitas Agen Properti

Jual beli properti melibatkan proses pemindahan hak kepemilikan yang cukup kompleks. Oleh karenanya, kamu perlu mengedepankan pilihan pada jasa agen properti yang mempunyai legalitas lengkap, termasuk di antaranya adalah Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti atau SIU-P4.

Keberadaan legalitas bukan hanya membuktikan kalau agen tersebut adalah entitas bisnis yang bisa kamu percayai. Namun, legalitas tersebut juga memberi bukti kalau setiap agen memiliki kapabilitas yang mumpuni dalam bidang properti.  

3. Track Record Agen Properti

Berikutnya, jangan lupa melupakan track record agen properti. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa agen yang kamu pilih memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan terdahulu. 

Cara mengetahui track record sebuah agen properti tidaklah sulit di era digital seperti sekarang. Kamu bisa melihatnya lewat website atau akun media sosial resmi milik agen properti. Cara lain, kamu bisa pula memanfaatkan berbagai forum diskusi atau ulasan di Google Maps. 

4. Biaya Jasa Agen Properti

Tips memilih agen properti terpercaya selanjutnya adalah dengan memperhatikan biaya jasa. Kamu perlu memastikan kalau pihak agen memberikan informasi secara transparan terkait biaya jasa yang mereka kenakan. 

Berapa besaran biaya jasa properti di Indonesia? Nilainya bisa sangat bervariasi. Kalau menggunakan calo atau agen properti tradisional, biayanya dapat mencapai 5% hingga 10%. Namun, agen properti resmi umumnya memberlakukan komisi penjualan sebesar 2% sampai 3,5%.

5. Tingkat Pengalaman

Berikutnya, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat pengalaman dari agen properti yang kamu pilih. Tenaga agen yang berpengalaman tinggi mempunyai koneksi yang luas. Dengan begitu, mereka akan mempunyai banyak pilihan rumah yang bisa kamu pilih. Dari situ, kamu pun bisa memperoleh rumah yang tepat sesuai kebutuhan. 

6. Jangkauan Agen Properti

Terkait pemilihan agen properti terpercaya, jangan lupa pula untuk memperhatikan jangkauan wilayahnya. Setiap agen bakal mempunyai daerah khusus yang menjadi spesialisasinya. Oleh karenanya, mereka akan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang lingkungan serta harga dari properti di wilayah tersebut. 

7. Kejujuran Agen Properti

Terakhir dan tak kalah penting, kamu harus memperhatikan tingkat kejujuran agen ketika memberi segala informasi. Agen yang jujur akan memberikan informasi terkait kondisi rumah secara jelas dan transparan. Mereka akan berusaha menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari rumah yang ditawarkan. 

Referensi Top Agen Properti Terbaik di Indonesia

Kalau kamu kebingungan dalam menentukan pilihan agen properti terpercaya, ada beberapa referensi yang bisa dipertimbangkan, yaitu: 

1. Century 21

Kalau ingin mencari agen properti yang bagus, kamu bisa mempertimbangkan jasa dari Century 21. Perusahaan ini mempunyai pengalaman sangat panjang dalam dunia properti, sudah berdiri sejak tahun 1997. 

Tak hanya memiliki sejarah panjang. Century 21 mempunyai program pelatihan yang komprehensif dalam menjaga kualitas pelayanan para agen. Dengan begitu, kamu akan memperoleh pelayanan yang terbaik dari setiap agen Century 21. 

2. RE/MAX Indonesia

Berikutnya adalah jasa agen properti dari RE/MAX Indonesia. RE/MAX merupakan perusahaan agen properti global yang mulai menyediakan layanannya di Indonesia pada 2014. Sebagai perusahaan ternama dunia, mereka pun berupaya memberikan pelatihan pemasaran berstandar internasional kepada setiap agen. 

Tak hanya memberi pelayanan berkelas dunia, RE/MAX Indonesia memberi kemudahan dalam menemukan properti terbaik. Kamu pun bisa menjumpai properti yang diinginkan di berbagai kota besar di Indonesia, termasuk di antaranya adalah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, serta Palembang. 

3. ERA Indonesia

Berikutnya, kamu bisa menentukan pilihan pada agen properti dari Era Indonesia. Membuka layanannya sejak tahun 1992, ERA Indonesia mempunyai kantor di berbagai kota di Indonesia, termasuk di antaranya adalah: 

  • Jakarta
  • Manado
  • Palembang
  • Medan
  • Makassar
  • Pontianak
  • Surabaya
  • Malang
  • Yogyakarta
  • Balikpapan
  • Tegal
  • Denpasar

Lingkup kerja yang sangat luas membuat kamu bisa menentukan pilihan properti incaran secara lebih bebas. Ditambah lagi, Era Indonesia menawarkan properti dalam berbagai bentuk, mulai dari tanah, rumah, apartemen, ruko, hingga kantor. 

4. Ray White Indonesia

Kalau ingin mencari top brand property agent di Indonesia, nama Ray White tak boleh kamu lupakan. Ray White telah menjalankan operasionalnya di tanah air sejak tahun 1997 dan mempunyai sebanyak 175 kantor cabang yang tersebar di 25 kota di Indonesia. Jadi, kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin menggunakan layanan mereka. 

5. Colliers International Indonesia

Terakhir, kamu bisa menggunakan layanan jasa agen properti dari Colliers International Indonesia. Perusahaan agen properti ini sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1988. Tak hanya di Indonesia, Colliers telah menjalankan layanannya di total 68 negara dunia. Jadi, kamu akan memperoleh pelayanan terbaik saat menggunakan jasa mereka. 

Nah, itulah tips serta pilihan yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih jasa agen properti terbaik & terpercaya. Sebelumnya, kamu perlu memastikan telah mempunyai dana yang mencukupi untuk membeli properti incaran. 

Wujudkan mendapatkan properti impianmu bersama Hijra Bank melalui produk pembiayaan pemilikan rumah. Hijra Bank menyediakan platform pembiayaan pemilikan rumah untuk pembelian rumah di Jabodetabek dan kota-kota besar di Pulau Jawa.

Pembiayaan pemilikan rumah di Hijra Bank prosesnya cepat, mudah dan murah serta menggunakan akad murabahah. Untuk info lebih lanjut dan simulasi pengajuan plafond pembiayaan pemilikan rumah bisa klik link ini.

Artikel Terkait

Tags