Pemerintah Nobatkan Hijra Bank Jadi Bank Pendukung Industri Halal Terbaik Tahun 2023

Hijra

23 Oct 2023

3 Min Read

Jakarta, 23 Oktober 2023 – Hijra Bank dianugerahi gelar Bank Terbaik Pendukung Industri Halal oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam acara Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2023 ke-3, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian di Hotel Fairmont Jakarta. Penghargaan ini diserahkan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian.

IHYA 2023 merupakan penghargaan tertinggi bagi pelaku industri halal yang berkontribusi pada kemajuan perindustrian nasional. Para pemenang dipilih melalui proses evaluasi yang ketat oleh panel juri independen dan ahli di bidangnya. Pengakuan ini bertujuan mendorong pelaku industri halal untuk bersaing di pasar global dan memenuhi kebutuhan produk halal secara global. Komitmen ini sangat penting mengingat Indonesia merupakan rumah bagi umat Muslim terbesar di dunia, yang diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan.

Diluncurkan pada Desember 2022, Hijra Bank memperkenalkan layanan Mobile Banking berprinsip Syariah. Sejak beroperasi, volume transaksi meningkat tiga hingga empat kali lipat, dan jumlah pengguna naik dua kali lipat. Pada tahun 2022, bank ini mencatat pertumbuhan laba yang luar biasa sebesar 200% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan kenaikan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 220% dan pertumbuhan aset hampir mencapai 200%. Penyaluran pembiayaan meningkat 200% dibandingkan tahun 2021. Belakangan ini, Hijra Bank juga memperkenalkan produk baru seperti Hijra Home (Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah) dan terlibat dalam berbagai kerjasama strategis untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan perbankan sehari-hari nasabah.

“Penghargaan ini merupakan penghormatan bagi Hijra Bank dan seluruh ekosistemnya, menguatkan keyakinan kami bahwa industri Syariah harus tumbuh dengan agresif dan berkelanjutan. Ini juga memvalidasi bahwa segmen pasar Syariah masih dapat dioptimalkan, mengingat permintaan produk halal yang terus meningkat. Tentu kami akan terus berinovasi dan bekerja keras agar Hijra Bank dapat menjangkau lebih banyak pengguna,” kata Dima Djani, Pendiri Hijra Bank.

Selain Hijra Bank, pada IHYA 2023, ALAMI Peer-to-Peer Lending juga meraih penghargaan sebagai “Lembaga Keuangan Non-Bank Pendukung Industri Halal Terbaik” tahun ini berkat kontribusinya dalam memberikan peluang pembiayaan Syariah bagi UKM nasional. Keduanya, ALAMI Peer-to-Peer Lending dan Hijra Bank, berada dalam ekosistem Hijra, menjadikannya dua kekuatan utama dalam mendukung UKM dalam mengembangkan bisnis halal di dalam negeri.

Diyakini bahwa perekonomian Syariah dan industri halal merupakan pilar ekonomi penting yang mendorong pertumbuhan baru, baik secara global maupun domestik. Menurut laporan Dinar Standard, konsumen Muslim global diproyeksikan menghabiskan USD 2,8 triliun untuk produk halal pada tahun 2025. Selain itu, Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan sektor prioritas Halal Value Chain (HVC) mencapai 4,5–5,3% pada tahun 2023—melibatkan pertanian, makanan halal, minuman, fesyen Islami, dan pariwisata ramah Muslim—yang diharapkan dapat mendukung lebih dari 25% perekonomian nasional.

“Kami berharap semua pemenang IHYA 2023 dapat terus berkembang pesat, menempatkan Indonesia pada posisi yang lebih baik dalam persaingan industri halal global. Indonesia telah meletakkan dasar penting dengan terus mempromosikan produk halal di berbagai sektor, menciptakan komitmen bersama untuk masa depan ekonomi Syariah dan industri halal,” ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk Bank Indonesia dan OJK, Hijra Bank berkomitmen ciptakan teknologi keuangan kelas dunia, dengan harapan konsisten melayani lebih dari 59 juta UKM dan kebutuhan perbankan ratusan juta Muslim di Indonesia.

Hijra Bank

Hijra Bank merupakan hasil transformasi dari BPRS Cempaka Al-Amin yang diakuisisi oleh ALAMI Group pada Maret 2021 dibuktikan dengan Surat No. SR-84/KR.011/2021 (20 Mei 2021) untuk penggunaan nama baru “Hijra Bank”. Hijra Bank memiliki izin Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Kategori Izin 1 dari Bank Indonesia (BI) dan Persetujuan Penyelenggaraan Produk Lanjutan Baru oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pengembangan inovasi layanannya terbuka lebar.

Kehadiran Hijra Bank merupakan bukti nyata bagaimana teknologi digital dapat mentransformasi dan memberdayakan sebuah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) satu-satunya di DKI Jakarta, sehingga mampu bertahan di tengah-tengah gempuran arus era digital saat ini. Sebelum berubah menjadi Hijra Bank, BPRS yang dulunya bernama BPRS Cempaka Al Amin telah berizin sejak 2009. Sejak diakuisisi, kinerja Hijra Bank pun terus meningkat baik dari sisi aset, penghimpunan DPK, maupun penyaluran pembiayaan, seiring dengan berbagai inovasi dan pengembangan proses bisnis di dalamnya.

Informasi lebih lanjut kunjungi: https://hijra.id/

Narahubung:
Ryan Sakti
Head of Corporate Affairs, Hijra
WA: +628112657167 | E: [email protected]

Artikel Terkait