jazakallahu-khair

Jazakallahu Khairan: Ucapan Terima Kasih Bertabur Doa dan Kebaikan

Athariq Faisal

12 Jan 2023

4 Min Read

Mengucapkan jazakallah, jazakillah, atau jazakumullahu khairan menjadi satu bentuk ekspresi ucapan terimakasih yang belakangan semakin familiar dan tak asing di telinga kita.

Hal ini menjadi cerminan agama Islam yang mengajarkan kita untuk berinteraksi dan bermuamalah dengan baik antar sesama manusia. Hal ini juga mencerminkan ajaran Islam yang tidak hanya mengatur tentang hubungan dengan Allah (hablum minallah) namun juga mengatur cara kita dalam berhubungan dengan sesama manusia (hablum minannas). 

Dalam hubungan antar sesama, Islam menekankan perlunya akhlak yang baik, salah satunya dengan senantiasa mengucapkan terimakasih atau rasa syukur kepada sesama manusia yang telah berbuat baik kepada kita. 

Apakah perbedaan antara ketiga ucapan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini agar dapat menggunakan ucapan terimakasih tersebut dengan tepat!

Arti Jazakallahu Khairan

Ucapan Jazakallahu Khairan terdiri dari empat kata yaitu jazaa yang bermakna membalas, serta imbuhan ka yang digunakan untuk kata ganti orang kedua atau kamu, serta Allah yang dalam kalimat ini berada di posisi subjek kalimat. Setelahnya diikuti kata khairan yang bermakna kebaikan.  

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ucapan Jazakallahu Khairan adalah sebuah kalimat doa yang bermakna semoga Allah membalas kamu dengan kebaikan

Selain itu, kita juga dapat mengucapkan Jazakallahu Khairan Katsiran yang bermakna semoga Allah membalasmu dengan kabaikan yang banyak.    

Bagaimana cara penggunaan yang tepat?

Bahasa Arab memiliki empat belas kata ganti yang dibagi berdasarkan jenis kelamin dan jumlah. Pada artikel ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana menggunakan doa semoga Allah membalasmu dengan kebaikan berdasarkan beberapa kata ganti yang berbeda. 

Jazakallahu Khairan

Ucapan Jazakallahu Khairan digunakan untuk mengucapkan rasa terimakasih kepada satu orang laki-laki. Tulisannya dalam huruf Arab adalah sebagai berikut: 

 جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Semoga Allah membalas kamu dengan kebaikan.

Jazakillahu Khairan

Ucapan Jazakillahu Khairan digunakan untuk mengucapkan rasa terimakasih kepada satu orang perempuan. Tulisannya dalam huruf Arab adalah sebagai berikut: 

جَزَاكِ اللهُ خَيْرًا

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Jazakumullahu Khairan

Ucapan Jazakumullahu khairan digunakan untuk mengucapkan rasa terimakasih kepada orang yang berjumlah lebih dari dua yang terdiri dari laki-laki semuanya maupun campuran laki-laki dan perempuan. Selain itu, ucapan Jazakumullahu khairan juga dapat digunakan kepada lawan bicara yang dihormati seperti ustaz, pemimpin negara, maupun pemimpin organisasi.  Tulisannya dalam huruf Arab adalah sebagai berikut: 

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan

Bagaimana jawaban yang tepat atas doa-doa tersebut? 

Layaknya ucapan salam dalam agama Islam yang juga merupakan doa, ucapan Jazakallahu khairan juga memiliki balasan yang dapat kita ucapkan. 

Salah satu cara untuk membalas ucapan doa tersebut adalah dengan mengucapkan Aamiin layaknya kita mendengar doa. Bisa juga ditambah menjadi Aamiin Yaa Rabbal Alamiin 

Tetapi, akan lebih baik seandainya kita membalas ucapan doa orang yang berterimakasih kepada kita dengan balasan doa pula. 

Salah satu bentuk ucapan yang umum sebagai balasan untuk doa di atas adalah ucapan wa iyyaka, wa iyyaki, atau wa iyyakum yang bermakna dan “demikian pula bagimu/bagi kalian”. 

Selain itu, kita juga dapat mempraktekkan apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad dalam hadis riwayat Imam An-Nasa’i dan Ibnu Hibban. Dalam hadis tersebut, ketika Rasul mendapatkan ucapan jazakallahu khairan dari Usaid bin Hudhair Radiyallahu Anhu yang merupakan salah satu pemuka kaum Ansar, beliau membalasnya dengan mengucapkan: 

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.

Dari hadis di atas, dapat kita simpulkan bahwa balasan dari doa jazakallahu khairan yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah fajazakallahu khairan. 

Sebagaimana dicontohkan di atas, kata ganti dalam doa tersebut juga dapat disesuaikan kata gantinya tergantung siapa yang kita ajak bicara. 

Jika yang kita ajak bicara seorang laki-laki, maka jawabannya adalah fajazakallahu khairan

Jika yang kita ajak bicara seorang perempuan, maka jawabannya adalah fajazakillahu khairan.

Jika yang kita ajak bicara sekelompok orang yang berjumlah lebih dari dua, maka jawabannya adalah fajazakumullahu khairan. 

Selain itu, penggunaan imbuhan fa juga dapat diganti dengan imbuhan wa menjadi wajazakallahu khairan, wajazakillahu khairan, atau wajazakumullahu khairan karena imbuhan fa maupun wa sama-sama bermakna dan.   

Keutamaan mengucapkan Jazakallahu Khairan

Mengucapkan Jazakallahu Khairan kepada orang yang berbuat baik kepada kita memiliki beberapa keutamaan. 

Ucapan Jazakallahu khairan adalah ucapan pujian yang terbaik sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.   

Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya jazaakallah khairan, maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya. 

Selain sebagai bentuk pujian yang luhur, mengamalkan doa jazakallahu khairan merupakan bentuk pengamalan Sunnah Nabi. Maka mengamalkannya Insya Allah akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah. 

Lebih dari itu, mengucapkan terimakasih kepada orang lain adalah juga bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah dalam sebuah hadis: 

Tidak bersyukur kepada Allah seorang yang tidak bersyukur kepada manusia.  (HR. Abu Daud)

Selain itu, mengucapkan jazakallahu khairan adalah bentuk mendoakan saudara kita sesama Muslim. Mendoakan sesama Muslim adalah salah satu amalan utama yang mencerminkan kejujuran iman serta rasa cinta atas dasar ketaatan kepada Allah. 

Jadi, yuk jangan ragu untuk mengucapkan doa jazakallahu khairan kepada orang yang berbuat baik kepada kita!

Ingin berpartisipasi dalam gerakan kebaikan untuk berhijrah menuju kehidupan yang lebih baik dan berdampak? Yuk download aplikasi Hijra Bank

Nikmati berbagai fitur-fitur yang mendukung dan memfasilitasi ibadah dan kehidupan, seperti Hijra Box yang bisa bantu kita atur keuangan wujudkan cita-cita finansial, Al-Quran Digital yang mudahkan kita membaca Al-Quran dalam genggaman, serta kajian dan fitur tanya jawab yang dibawakan oleh para ustaz dengan keilmuan yang terpercaya.

Download Hijra Bank dan mulai langkah pertamamu menuju kebaikan!

Artikel Terkait